Sukses

Yang Kita Tahu Tentang Cerita AAdC 2 Hingga Saat Ini

Liputan6.com, Jakarta Penggarapan film Ada Apa dengan Cinta? 2 (AAdC 2) sudah sampai tahapan baru pekan kemarin. Rabu (22/10/2015) kemarin para pemain dan kru mengadakan acara syukuran di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Esok harinya, Kamis, mereka mulai syuting di Yogyakarta. Selain di kota pelajar tersebut, syuting juga dijadwalkan di New York dan Jakarta. Syuting direncanakan berlangsung hingga Desember nanti. Filmnya sendiri dijadwalkan rilis April tahun depan.

AAdC? merupakan film fenomenal. Film tersebut rilis 2002 dan menjadi salah satu film yang turut membangkitkan perfilman nasional setelah mati suri sepanjang 1990-an. Kala itu, filmnya ditonton 2,7 juta penonton.

Ario Bayu dan Christian Sugiyono dipastikan hadir di dalam sekuel Ada Apa dengan Cinta?

Tidak hanya sukses komersil maupun jadi milestone perfilman nasional, bagi generasi 2000-an, AAdC? adalah film yang mewakili mereka. Generasi awal 1980-an punya Gita Cinta dari SMA, sedang di pertengahan 1980-an ada Catatan si Boy dan Lupus. Nah, awal 2000-an posisi itu dipegang AAdC?.

Sejak itu, obsesi generasi ini pada AAdC? seakan tak kunjung surut. Pemilik filmnya, Miles Films lantas juga memenuhi dahaga itu dengan menyuguhkam versi serialnya yang dibuat SinemArt. Meski dibuat hingga puluhan episode, versi sinetronnya tak pernah bisa menyamai filmnya. Ririn Dwi Aryanti dan, apalagi, Revaldo tak bisa menggantikan Dian Sastro dan Nicholas Saputra.

Foto: Ada Apa Dengan Cinta? (youtube.com)

Pada 2012, atau 10 tahun setelah rilis, AAdC? kembali diputar terbatas di bioskop. Waktu itu penonton lawas diajak bernostalgia dengan film itu lagi di bioskop.

Dahaga akan AAdC? kemudian sedikit terobati saat layanan chatting Line membuat film mini film sekuel AAdC?. Sebetulnya, film mini tersebut iklan Line, tapi lantaran iklan tersebut mempertemukan kita kembali dengan AAdC? dan bintang-bintangnya, maka kita tersirap menontonnya.

Sukses AAdC? versi "iklan" Line rupanya menyadarkan Mira Lesmana dan Riri Riza dari Miles Films bahwa banyak orang yang ingin tahu bagaimana kelanjutan kisah Cinta dan Rangga beserta sahabat-sahabat mereka. Maka, mereka pun menyiapkan sekuel film panjangnya.

Nah, dari acara syukuran kemarin berikut kami simpulkan yang sudah kita tahu dari AAdC 2.

Baca juga:

REVIEW AAdC? Versi Line

Mengintip Persiapan Syuting Perdana Ada Apa dengan Cinta? 2

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Para Bintangnya

Bintang Lama dan Bintang Baru

AAdC 2 akan kembali mempertemukan para bintang asli dari film pertama. Selain Nico dan Dian sebagai Rangga dan Cinta, sekuelnya bakal juga dibintangi Titi Kamal (Maura), Adinia Wirasti (Carmen), Sissy Priscillia (Milly) dan Dennis Adhiswara (Mamet).

Namun amat disayangkan, pada acara syukuran kemarin pula, terkonfirmasi Ladya Cheryl tak ikut bergabung. Dari kabar yang beredar, jadwal syuting AAdC? 2 bentrok dengan kesibukan menyelesaikan tesis S2-nya.

Selain bintang lama, bintang-bintang baru yang tak ada di film pertama muncul di sekuelnya.

"Ada Ario bayu, Christian Sugiono, Sarita Thaib dan pendatang baru Dimi Cindyastira. Saya mau ceritakan siapa dan apa peran mereka, tapi nanti saja. Takutnya spoiler," kata Mira Lesmana pada media tempo hari.

Namun, mengingat usia para bintang AAdC? pertama kini, peran yang dimainkan Ario Bayu maupun Christian kemungkinan besar sebagai suami-suami dari para bintang AAdC?.

Nicholas Saputra menolak sekuel AAdC sedangkan Dian Sastro ingin sekali sekuel film tersebut dibuat.

Baca juga: AAdC? 2 Dipastikan Berbeda dengan AAdC versi Line Indonesia

Beda dengan Versi Line, Lalu?

Pada 2014, layanan aplikasi chatting Line Indonesia merilis iklan berwujud film mini sekuel AAdC?. Sebetulnya, pesan yang ingin disampaikan adakah fitur "alumni" untuk mencari kawan lama yang lama tak bersua.

Fitur itu tampaknya dianggap pas dengan cerita AAdC? yang di akhir ceritanya Rangga dan Cinta berpisah. Rangga memiilih ikut ayahnya yang menjadi pengajar di luar negeri.

Dua belas tahun lewat, Rangga masih tinggal di luar negeri dan berprifesi sebagai wartawan. Tugas membawanya kembali ke Jakarta. Dari situ, lewat aplikasi tersebut, Rangga bertemu lagi Cinta yang rupanya masih merindukannya.

Mira Lesmana mengatakan sekuel film AAdC? yang disiapkannya bukan lanjutan ataupun versi panjang film bikinan Line Indonesia. "Tentunya akan berbeda. Itu (cerita versi Line) cuma cerita pendek untuk kebutuhan lain. Kalau AAdC? 2 sekarang dengan cerita yang berbeda," ujarnya.

Baca juga: Film AAdC? 2 Gaet Pemain Remaja

Ini artinya, kita harus buang ingatan cerita versi film mininya. Tapi plot dasarnya mungkin masih sama, Rangga masih tinggal di luar negeri--mengingat syuting filmnya bakal di New York--dan kisah utamanya tentang pertemuannya kembali dengan Cinta.

3 dari 3 halaman

Cerita Film AAdC 2

Lalu, bakal seperti apa kira-kira filmnya?

Kepada media, Mira mengatakan kisah romantis Cinta dan Rangga bakal dikemas lebih dewasa.

"Memang lama sekali waktu pertama dirilis. Semua ingin ada kelanjutannya segera. Saat itu Rangga meninggalkan Cinta, saya merasa saat itu kita tinggalkan saja, biar jadi kenangan indah generasi saat itu. Dan ini kita buat yang berbeda," ungkapnya

Bila kita tilik, AAdC? 2 bakal mengambil jalan berbeda dengan film pertama. Jika film pertama adalah juru bicara generasi awal 2000-an dengan kisah romantisnya nan puitis, sekuelnya tampak bakal berkembang sesuai usia pemain maupun penontonnya.

Yang bisa jadi contoh mungkin trilogi Before Sunrise, Sunset dan Midnight yang masing-masing film merentang 10 tahun dan dibintangi dua tokoh utama yang sama, Julie Delpy dan Ethan Hawke.

sumber foto: Instagram Dian Sastrowardoyo

Di film pertama, Before Sunrise (1995) kita melihat dua tokoh kita di usia 20-an dengan semangat jiwa muda masing-masing. Di film kedua, Before Sunset (2004), kita melihat mereka lebih realistis memandang hidup; dan film ketiga, Before Midnight (2013) kita melihat lagi mereka bereuni lagi dengan kematangan sebagai sosok nyaris paruh baya.

Di AAdC? 2 kita bisa membayangkan Cinta, Rangga, Carmen, Maura, Milly aataupun Mamet sudah menjadi sosok-sosok dewasa. Di antara mereka mungkin ada yang sudah menikah, mungkin juga ada yang masih belum bisa move-on dari cinta lama masa SMA.

Nah, di sini pula AAdC? 2 bakal diuji. Mira mengatakan, film pertama terus dikenang generasi penontonnya maupun generasi baru yang tak mengalami nonton film pertamanya di bioskop. Ini artinya, ada dua generasi penonton yang harus dipuaskan Riri Riza nanti sebagai sutradara.

Baca juga: Ditanya Target Kesuksesan AADC? 2, Mira Lesmana Stres

"Ceritanya yang baru datang dari kita. Kita tidak ingin bawa cerita 14 tahun lalu, tentang geng Cinta, serta cerita Cinta dan Rangga. Tapi kita coba memikirkan elemen apa yang jadi tambahan untuk sukses. Semoga bisa diterima ya," ujar Mira.

Bila penonton yang ingin disasar utamanya penonton generasi lawas, AAdC? 2 memang wajib bernuansa dewasa. Namun, bila ingin juga dapat penonton dari remaja sekarang, filmnya harus pula mengakomodir mereka, yakni yang tempo hari terharu-biru oleh Magic Hour.

Hal ini yang bikin saya penasaran menanti AAdC? 2 bulan April tahun depan.(Ade/Feb)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS