Sukses

Zooey Deschanel, dari Aktris Jadi Pengusaha Startup

Zooey Deschanel berkembang bukan hanya sebagai seorang aktris. Ia juga pengusaha startup sukses.

Liputan6.com, Jakarta Bagi kebanyakan kita di Indonesia nama Zooey Deschanel dikenal lewat film (500) Days of Summer (rilis 2009). Sekarang, laman Fortune menyebutnya "Time inc. new girl". Apa maksudnya?

Mari kenalan dulu dengan (500) Days of Summer. Film tersebut statusnya telah jadi klasik bagi generasi millennial alias mereka yang lahir dari 1980-2000. Filmnya begitu dipuja utamanya karena dengan jitu merekam kegalauan generasi sekarang soal urusan cinta. Jika Generasi X punya Before Sunrise dan Before Sunset sebagai film romantis kebanggaan, kaum millennial punya (500) Days of Summer.

Zooey, sebagai Summer di film tersebut, disuka sekaligus dibenci lantaran bikin tokoh kita, Tom Hansen (Joseph Gordon-Levitt) galau karena patah hati.

adegan film (500) Days of Summer. (dok.Fox)

Sebagaimana film klasik lain, (500) Days of Summer terus ditonton jauh setelah filmnya rilis. Orang masih kerap membicarakannya dan meme-nya terus dibuat dan bertebaran di dunia maya (terutama potongan adegan "Expectation" versus "Reality").

Baca juga: Akhirnya Zooey Deschanel Hamil Anak Pertama

Sebetulnya, karier Zooey Deschanel tak berhenti setelah (500) Days of Summer saja. Wanita berzodiak Capricorn ini juga aktif menyanyi lagu soundtrack film-filmnya serta tampil di beberapa album kompilasi.

Lompatan karier berikutnya yang ia lakukan adalah saat ia hijrah ke layar TV. Di sini mungkin ada anggapan artis layar lebar yang pindah ke TV dianggap kemunduran karier. Tapi tak demikian di Hollywood sana. Pertelevisian AS tengah mengalami masa yang disebut "Golden Age-era emas" lantaran terus menghasilkan serial-serial berkualitas yang tak kalah pamornya dari layar lebar.

Sejak awal 2000-an hingga kini di TV AS lahir serial-serial macam Lost, The Sopranos, Breaking Bad, The Wire hingga Mad Men. Di era ini pula aktor Kiefer Sutherland--yang pada 1980-an dan 1990-an kariernya biasa-biasa saja meski membintangi Young Guns, Flatliners, A Few Good Men ataupun The Three Musketeers--justru menemukan puncak ketenaran saat membintangi serial 24 selama 2001-2010.

Zooey Deschanel di serial New Girl. (dok.Fox)

Nah, Zooey Deschanel pun tampaknya begitu. Pada 2011 ia membintangi serial komedi situasi New Girl untuk saluran TV Fox. Di serial itu, Zooey berperan sebagai cewek yang patah hati lalu merantau ke Los Angeles dengan menjadi guru sekolah. Penampilan Zooey sebagai Jess di serial itu disepakati kritikus TV dengan satu kata: "adorable" alias menawan.

Baca juga: Seleb-seleb Hollywood Ini Ternyata Berwajah Mirip, Siapa Saja?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lompatan Karier Berikutnya

Sukses dengan HelloGiggles

Pada 2011 itu pula kakak aktris bintang Bones, Emily Deschanel ini membangun situs gaya hidup wanita HelloGiggles bareng dua rekannya Sophia Rossi, seorang produser film, dan Molly McAleer, seorang penulis.

Meski pasar yang ditujunya wanita, HelloGiggles menerapkan aturan ketat tak memberitakan gosip seleb. Yang disajikannya justru konten-konten berupa artikel budaya pop, seputar percintaan, persahabatan, dunia kewanitaan dari mulai karier, gaya hidup, makanan maupun berita terkini dengan sajian intelek dan berbau feminisme.

Laman Mashabale menyebut situs HelloGiggles, "menghangatkan dunia maya dengan sajiannya yang memberdayakan dan ramah bagi perempuan."

Rasanya konten positif itu yang bikin group media raksasa AS, Time Inc. melirik HelloGiggles. Senin (19/10/2015), laman Fortune mengabarkan Time Inc. telah membeli HelloGiggles. Saat ini, situs HelloGiggles dikunjungi 17 juta unique visitor setiap bulan.

"Dengan audiens yang begitu terikat dan kualitas editorial yang dihasilkannya, HelloGiggles sangat cocok dengan masuk deretan media hiburan kami, yang di antaranya ada People dan Entertainment Weekly," kata Chairman dan CEO Time Inc. Joe Ripp dalam pernyataannya.

Situs HelloGiggles. (dok. istimewa)

Baca juga: Time Inc Akuisisi Website Besutan Zooey Deschanel

Di laman HelloGiggles sendiri, Senin, muncul pengumuman yang mengkonfirmasi mereka telah dibeli Time Inc. "Mulai hari ini (Senin, 19/10/2015), HelloGiggles menjadi bagian dari Time Inc., perusahaan yang menyajikan Anda People, Entertainment Weekly, InStyle dan banyak lagi media serta majalah yang Anda hapal dan cintai isinya."

Pihak HelloGiggles juga mengatakan, bermitra dengan Time Inc. diharapkan "akan membantu kerja yang para kontributor hebat kami hasilkan dalam platform yang lebih besar... meraih pembaca yang lebih luas dari sebelumnya dan melebarkan komunitas HG lebih asyik lagi."

Dikatakan Fortune, Zooey akan tetap bertindak sebagai CEO HelloGiggles. Nama perusahaan maupun kantornya juga tak berubah, tetap di Los Angeles, AS.

Di usia 35 tahun kini, Zooey Deschanel bukan hanya seorang aktris. Wanita yang bersuamikan Jacob Pechenik, produser serial TV-nya itu, juga pengusaha startup sukses yang jadi bagian konglomerasi media besar. Dia memang "adorable".** dari berbagai sumber (Ade/Mer)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini