Sukses

Perjalanan Karier R. L. Stine, Sosok di Balik Novel Goosebumps

Generasi 90-an yang hobi membaca pasti sudah kenal dengan seri novel horor remaja Goosebumps karya R.L. Stine.

Liputan6.com, Jakarta Generasi 90-an yang hobi membaca pasti sudah kenal dengan seri novel horor remaja Goosebumps. Kisah-kisah karya R.L. Stine tersebut selalu sukses membuat kita larut dalam rasa takut saat membacanya. Sosok R.L Stine pun akhirnya diangkat ke layar lebar.

Adegan film Goosebumps. (dok. Sony Pictures)

Namun, Goosebumps versi film tidak mengangkat satupun kisah dalam seri novelnya. Kisah horor fiktif besutan sutradara Rob Letterman tersebut mengajak penonton untuk bertemu dengan si pengarang (diperankan oleh Jack Black) dan makhluk-makhluk seram hasil imaginasinya.

Tak bisa dibayangkan betapa terkejutnya RL Stine ketika makhluk-makhluk horor hasil karangannya tiba-tiba hidup dan meneror seisi kota.

Namun siapa sosok R.L. Stine? Kali ini kita tidak akan membahas karakter film sang novelis maupun jalan cerita dalam film, melainkan mengenal sosoknya di kehidupan nyata. (Klik laman selanjutnya)

Baca juga: Trailer Goosebumps Tawarkan Keseruan Novel Horor Era 1990-an

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perjalanan Karier R.L. Stine

Robert Lawrence Stine yang dikenal dengan nama pena sebagai R.L Stine, Jovial Bob Stine dan Eric Affabee Stine tersebut lahir di Columbus, Ohio, Amerika Serikat pada 8 Oktober 1943 dari orangtuanya yang berdarah Yahudi, Anne, seorang pembuat rumah, dan Lewis Stine, seorang karyawan gudang.

Ia sering disebut-sebut sebagai Stephen King-nya dunia literatur anak-anak. Stine telah menulis ratusan novel fiksi horor, termasuk Fear Street, Goosebumps, Rotten School, Mostly Ghostly, dan The Nightmare Room. Karya-karya nya yang lain juga termasuk trilogi Space Cadets, dua buku permainan Hark, serta belasan buku humor. Menurut catatan Wikipedia, pada 2008 karya-karya R.L Stine telah terjual sebanyak lebih dari 400 juta copy.

Fear Street (booknerderie.com)

R.L Stine mulai menuangkan ide-ide di kepalanya dalam bentuk tulisan segera setelah ia menemukan sebuah mesin ketik di lotengnya, langsung saja, ia mulai menulis berbagai cerita dan buku humor. Stine lulus dari Ohio State University (OSU) pada 1965 dengan gelar Sarjana Sastra Inggris. Sewaktu berkuliah di sana, Stine aktif menjadi editor majalah humor kampus The Sundial selama tiga tahun, dari empat tahun masa kuliahnya. Selepas lulus, ia hijrah ke New York mengejar kariernya sebagai seorang penulis.

Eureeka's Castle

R.L. Stine menulis banyak buku humor anak-anak dengan nama pena Jovial Bob Stine. Ia kemudian menciptakan majalah humor remaja Banansa. Dibawah naungan penerbit Scholastic Press majalah tersebut terbit sebanyak 72 edisi dari 1975 hingga 1984. Stine juga banyak menghasilkan karya-karya lain, baik sebagai penulis maupun editor. Barulah pada 1986 R.L Stine menulis novel horor pertamanya Blind Date, yang lalu diikuti dengan sederet karya lain seperti The Babysitter, Beach House, Hit and Run, dan The Girlfriend.

Karier R.L. Stine tak semata di dunia sastra, ia juga merupakan co-creator dan penulis kepala acara televisi Eureeka's Castle di jaringan Nickelodeon yang tayang dari 1989 hingga 1995. (Klik laman selanjutnya)

3 dari 3 halaman

Masa-masa Goosebumps Lahir

Goosebumps lahir pada 1992 silam. Seri novel tersebut seperti kita tahu mengambil penokohan karakter anak-anak yang terjebak dalam situasi menakutkan. Dari 1992 hingga 1997, sebanyak 62 buku Goosebumps rilis ke pasaran. Sejumlah seri spin-off juga turut meramaikan rak-rak toko buku. Sejak peluncuran pertamanya, Welcome to Dead House, Goosebumps telah terjual lebih dari 350 juta copy, menjadikannya salah satu novel bestseller di dunia. Tak hanya dalam bentuk buku, Goosebumps juga sempat merambah ke layar televisi dari 1995 sampai 1998. Dan kini, menjadi film.

Goosebumps (geeknation.com)

R.L. Stine si pengarang Goosebumps tersebut sempat masuk ke dalam daftar 40 Entertainer dengan bayaran termahal versi majalah Forbes 1997 silam. Ia juga berhasil memenangkan sejumlah penghargaan, termasuk Horror Writers Association's Lifetime Achievement Award di 2014 lalu. Di era 1990-an, USA Today sempat mendaulat R.L. Stine sebagai penulis paling laris selama tiga tahun berturut-turut.

R.L. Stine yang kini berusia 72 tahun memiliki seorang anak bernama Mathew, lahir 7 Juni 1980 hasil perkawinannya dengan sang istri yang juga seorang penulis dan editor pada 22 Juni 1969.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.