Sukses

Kejutan Kemenangan dan Kekalahan di Oscar 2015

Kejutan kemenangan dan kekalahan apa saja yang terjadi selama Oscar 2015 berlangsung?

Liputan6.com, Los Angeles Kemenangan dan kekalahan merupakan suatu hal yang lumrah dalam sebuah ajang maupun kompetisi. Salah satu ajang penghargaan film yang paling hangat belakangan ini, Oscar 2015, menyajikan hal tersebut secara menarik.

Kita semua telah mengetahui bahwa gelaran bertema Academy Awards ke-87 telah menghasilkan banyak kejutan. Dari berbagai macam film di masing-masing kategori yang ada, tidak semua yang diprediksikan sukses meraih banyak piala.

Bahkan, ada juga beberapa judul yang awalnya sempat kurang dijagokan, justru berjaya di ajang perfilman paling bergengsi tahun ini. Hal itu tak lepas dari para sineas yang mampu membius para juri Oscar untuk memenangkan mereka berkat kualitas filmnya yang memang sulit diukur.

Lantas, kejutan apa saja dari ajang Oscar 2015 yang melibatkan film-film keren itu? Dari berbagai judul seperti Birdman, Boyhood, Whiplash, The Grand Budapest Hotel, American Sniper, The Imitation Game, hingga The Theory of Everything, mana yang berjaya dan yang tenggelam? Simak selengkapnya di halaman berikut yang kami lansir dari laman Variety, Minggu (22/2/2015).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kejutan Kemenangan

Kejutan Kemenangan:

1. Birdman Raih Film Terbaik

Secara tak terduga, fans Boyhood harus menahan rasa sakit hatinya karena Birdman berhasil menyingkirkan film arahan Richard Linklater itu dari meraih Piala Oscar 2015 kategori Best Pictures. Sebelumnya, kejutan juga datang dari kategori sutradara terbaik untuk Birdman.

2. Alejandro G. Inarritu Raih Sutradara Terbaik Berkat Birdman

Jika tahun lalu 12 Years a Slave meraih Best Pictures dan Gravity meraih Best Director, maka tahun ini menjadi kejayaan bagi Birdman yang memenangkan dua kategori itu. Di kategori Sutradara Terbaik, Alejandro G. Inarritu sukses menaklukkan Richard Linklater yang sebelumnya sukses di Golden Globe berkat Boyhood. Banyak pengamat berpikir bahwa Linklater bakal menjadi Sutradara Terbaik Oscar 2015 karena ia telah menghabiskan waktu selama 12 tahun demi Boyhood.

3. Big Hero 6 Menjadi Film Animasi Terbaik

Untuk yang kedua kalinya pada dekade ini Disney menaklukkan DreamWorks setelah Big Hero 6 meraih Best Animated Film mengalahkan How to Train Your Dragon 2. Sebelumnya, How to Train a Dragon pertama juga kalah dari Toy Story 3 yang digarap Pixar-Disney pada 2010 lalu.

4. Birdman Menangkan Skenario Asli Terbaik

Redaksi film Liputan6.com sebelumnya memprediksikan bahwa film-film yang bisa memenangkan kategori Best Original Screenplay adalah The Grand Budapest Hotel, Boyhood, dan Foxcatcher. Tanpa diduga, ternyata Piala Oscar 2015 kategori Skenario Asli Terbaik adalah Birdman.

5. The Grand Budapest Hotel Bawa Pulang Tata Rias/Rambut Terbaik

Banyak pihak yang memprediksikan Piala Oscar untuk Best Hair/Makeup bakal jatuh ke tangan Guardians of the Galaxy yang menata kulit hijau Zoe Saldana saat tampil sebagai Gamora, atau Foxcatcher dengan hidung palsu Steve Carell. Menjadi sebuah kejutan tak terduga ketika The Grand Budapest Hotel ditunjuk sebagai pemenangnya.

6. Interstellar Diganjar Efek Visual Terbaik

Karya terbaru Christopher Nolan ini didaulat meraih lima kategori di Oscar 2015 dan Best Visual Effects adalah satu-satunya yang mampu diraih. Padahal, banyak yang menaksir Dawn of the Planet of the Apes meraih piala Academy Awards 2015 di kategori ini berkat pemanfaatan teknologi penangkap gerakan yang terlihat sangat memukau.

7. Editing Terbaik untuk Whiplash

Sandra Adair, editor Richard Linklater telah menghabiskan waktunya untuk memilah-milah rekaman Boyhood yang dikumpulkannya selama 12 tahun. Pada akhirnya, pihak Academy malah memberikan pialanya untuk Whiplash. Gugurnya Boyhood di kategori ini bisa dibilang sebagai pertanda awal kalau film arahan Richard Linklater itu tidak akan meraih piala di kategori Film Terbaik.

8. Mixing Suara Dimenangkan Whiplash

Kategori ini diperkirakan banyak pihak bakal diraih American Sniper yang memenangkan Best Sound Editing. Akan tetapi, kategori Sound Mixing justru dianggap lebih baik Whiplash ketimbang American Sniper.

3 dari 3 halaman

Kejutan Kekalahan

Kejutan Kekalahan:

1. Boyhood

Boyhood sempat meraih enam nominasi di ajang Oscar 2015. Sayangnya, hanya ada satu penghargaan yang dimenangkannya, yaitu kategori Aktris Pendukung Terbaik untuk Patricia Arquette. Padahal, seharusnya film ini mampu meraih piala untuk Film Terbaik dan Sutradara Terbaik, atau paling tidak salah satu dari keduanya.

2. American Sniper

Setelah ditunjuk ke ajang Academy Awards ke-87, American Sniper menjadi film paling laris di wilayah domestik dari sederetan calon peraih Oscar 2015. Sayangnya, film bertema perang ini hanya mampu memenangkan Editing Suara Terbaik. Padahal, beberapa pihak berharap film ini menang di kategori Best Actor atau Best Adapted Screenplay.

3. Michael Keaton di Birdman

Birdman memang meraih Piala Oscar di kategori Film dan Sutradara Terbaik. Tapi dalam hal aktor utama, pilihan tidak jatuh ke tangan Michael Keaton. Padahal, Keaton awalnya menjadi pilihan paling disukai hingga muncullah akting Eddie Redmayne sebagai ilmuwan Stephen Hawking dalam The Theory of Everything. Setelah merah trofi di SAG dan BAFTA, Redmayne sudah diprediksi bakal menjauhkan Michael Keaton dari Piala Oscar.

4. Wes Anderson di The Grand Budapest Hotel

The Grand Budapest Hotel telah diberikan empat Piala Oscar, menjadikannya sebagai film peraih trofi terbanyak bersama Birdman. Sayangnya Wes Anderson gagal merebut kemenangan di kategori Sutradara serta Skenario Terbaik. Nasibnya pun hampir disejajarkan dengan Richard Linklater yang juga belum pernah meraih Piala Oscar hingga detik ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.