Sukses

Satu Film Honor Reza Rahadian Rp 3,4 M Lebih! Ini Hitungannya

Pola pembayaran honor plus mendapat bagian tiket lazim di Hollywood. Kini mulai terjadi di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Suatu kali, aktor Hugh Jackman si pemeran Wolverine di film-film X-Men itu mengakui: seorang aktor/aktris dibayar terlalu besar untuk pekerjaan mereka berakting di sebuah film. "Kami dibayar terlalu besar," akunya.

Bisa jadi iya. Jackman sendiri kekayaannya bertambah USD 55 juta atau setara Rp 6,5 triliun tahun lalu. Jackman berada di peringkat tiga daftar aktor berpenghasilan terbesar versi majalah Forbes tahun lalu (di bawah Robert Downey Jr dan Channing Tatum).

next page: Aktor berpenghasilan terbesar

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Siapa aktor dengan penghasilan terbesar di Indonesia?

Siapa aktor dengan penghasilan terbesar di Indonesia?

Susah menjawabnya. Sebab, jarang ada yang melakukan studi khusus macam Forbes di sini. Sang aktor juga tak pernah berani berterus terang berapa honornya.

Namun, kami punya kabar dari sebuah sumber di kalangan produser film. Dikatakan produser itu pada Liputan6.com, Rabu (4/6/2014), ada aktor yang tak sekadar meminta honor untuk sekali main film, namun juga meminta bagi hasil atas penjualan tiket bioskop.

Sang produser yang enggan disebutkan namanya itu menyebut Reza Rahadian sebagai aktor yang meminta pola pembayaran macam itu. Selain mendapat honor, Reza juga memperoleh bayaran sebesar Rp 2000 per tiket yang terjual di bioskop. Dikatakannya pula, Reza mulai melakukan pola pembayaran begini setelah filmnya Habibie & Ainun (2012) sukses besar.

Next page: Berapa kira-kira honor Reza Rahadian?

3 dari 3 halaman

Berapa kira-kira honor yang didapat Reza dari sebuah film?

Pertanyaannya kemudian, berapa kira-kira honor yang didapat Reza dari sebuah film?

Mari berhitung. Salah satu film Reza yang sukses pasca Habibie & Ainun adalah Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck (2013). Menurut data di laman filmindonesia.or.id, `Tenggelamnya...` menjadi film terlaris tahun kemarin dengan mengumpulkan 1.724.110 penonton. Menurut laman yang sama, rata-rata harga tiket bioskop tahun 2013 adalah Rp 30 ribu.

Maka, kalikan saja angka 1.724.110 penonton dengan Rp 2 ribu per tiket yang menjadi jatah Reza. Dari situ diperoleh angka fantastis Rp 3,4 miliar! Wow!!

Harap diketahui, angka itu belum termasuk honor Reza. Kepada sebuah tabloid, Reza pernah mengatakan honornya naik 15-20 persen pasca `Habibie & Ainun` sukses.

Pola pembayaran honor plus mendapat bagian tiket lazim di Hollywood. Aktor besar Hollywood biasa mempraktekkannya. Dari situ, jika filmnya sukses besar, seorang bintang Hollywood bisa langsung melejit kekayaannya.

Sebagai contoh, seperti diungkap laman Celebrity Net Worth, Tom Cruise meraih bayaran tertinggi sepanjang sejarah dengan mengumpulkan total USD 290 juta atau setara Rp 3,4 triliun dari empat film Mission: Impossible. Aktor lain, Keanu Reeves dapat total USD 262 juta atau Rp 3,1 triliun dari trilogi The Matrix. Sedang Johnny Depp meraih USD 185 juta atau Rp 2,1 triliun untuk empat film Pirates of the Caribbean.

Selepas `Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck`, Reza merampungkan film Ketika Tuhan Jatuh Cinta dan Yasmin. Film yang disebut terakhir buatan negara tetangga, Brunei Darussalam. Maret 2014, bersama Christine Hakim, Nicholas Saputra, dan Eva Celia Latjuba, ia syuting film silat Pendekar Tongkat Emas.

Apa aktor kita mulai mendapat bayaran terlau besar seperti di Hollywood sana? (Ade)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini