Sukses

Mahadewi Tanam Pohon Trembesi di Jalur Pantura

Programnya sendiri sudah memasuki Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta Trio vokalis Mahadewi ikut peran serta dalam program penanaman pohon Trembesi di sepanjang jalur Pantai Utara (Pantura) Pulau Jawa yang digagas oleh Djarum Foundation melalui Djarum Trees For Life (DTFL). Programnya sendiri sudah memasuki Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Dalam acara seremonial penanaman pada 21 Mei 2014 di Alun-alun Rembang, juga dihadiri antara lain  H. Abdul Hafidz SH., selaku Plt. Bupati Rembang dan Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Leteh Rembang, KH. Syarofuddin Ismail Qoimaz.

Dalam kesempatan ini, secara simbolis dibagikan kepada 14 Camat di Kabupaten Rembang, masing-masing 700 bibit trembesi lengkap dengan alat tanamnya.

Program yang sukses dilaksanakan sejak tahun 2010 ini akan terus dilanjutkan hingga tahun 2015 nanti. Pohon Trembesi yang nantinya tumbuh di sepanjang 1.350 km jalur Pantura Merak- Banyuwangi kelak akan mampu menyerap 1 juta ton gas CO2 setiap tahunnya.

Inisiatif tersebut dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian, tanggung jawab serta komitmen Djarum Foundation terhadap lingkungan guna membantu pemerintah dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang bersahabat bagi Indonesia di masa depan.

Dirintis dari kota Kudus, kini Djarum Trees For Life telah menghijaukan sebagian dari pulau Jawa dengan menanam lebih dari 2 juta bibit sejak tahun 1979. Dimulai tahun 2010 hingga saat ini, Djarum Trees For Life telah berhasil menanam 25.554 pohon Trembesi di sepanjang jalur Pantura Pulau Jawa, mulai dari Merak di Provinsi Banten hingga Rembang di Provinsi Jawa Tengah. Sampai akhir 2014 nanti, penanaman akan diteruskan di sepanjang turus Rembang-Surabaya dan berakhir di tahun 2015 dengan menghijaukan jalur Surabaya-Banyuwangi.

Tidak hanya melakukan penanaman, Djarum Foundation juga melakukan perawatan selama 3 tahun lamanya terhadap 36.357 pohon Trembesi yang nantinya tertanam di sepanjang 1.350 km jalur Pantura Pulau Jawa.

“Dengan komitmen yang tidak pernah putus inilah, maka Djarum Trees For Life terus berusaha melakukan penanaman pohon dan ikut berperan serta dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat.” ujar F.X Supanji, Vice President Director Djarum Foundation.

Jalur Pantai Utara dipilih karena merupakan jalur utama bagi pengendara antarkota di Pulau Jawa. Pada musim mudik misalnya, jalur ini dipadati oleh kendaraan bermotor. Kepadatan ini diperkirakan akan terus bertambah pada tahun-tahun berikutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini