Sukses

Layangkan Gugatan, Kris Disuruh Pindah ke Agensi Big Bang

Liputan6.com, Seoul Dunia hiburan di Korea Selatan tengah dikejutkan oleh kabar gugatan yang dilayangkan Kris terhadap agensi yang mengasuhnya SM Entertainment. Pemimpin EXO-M itu ingin mengakhiri kontrak kerja sama eksklusifnya dengan SM Entertainment.

Kris dilaporkan merasa sangat tertekan dan tak bebas oleh agensinya. Kris telah beberapa kali berbicara dengan agensinya agar diperlakukan dengan adil. Maksudnya, Kris ingin mengembangkan sayapnya tak hanya di dunia tarik suara saja, tapi juga akting. Hal itu yang tak ia dapatkan.

Penggemar pun bereaksi dengan masalah ini. Mereka tak ingin Kris yang merupakan pimpinan EXO-M, sub unit EXO, harus hengkang. Pihak SM Entertainment pun diprotes penggemar.

Akibat hal itu, Kris pun diminta untuk pindah ke agensi yang mengasuh Big Bang yaitu YG Entertainment. Penggemar melihat Kris akan lebih bebas berekpsresi jika berada di bawah naungan YG Entertainment. Penggemar sampai menciptakan hash tag sendiri yaitu #SMentWorstCompanyInKorea (SM Entertainment agensi terburuk di Korea).

Di Korea sendiri, dua agensi raksasa yaitu SM Entertainment dan YG Entertainment memang saingan berat. Pihak SM dan YG pun berbeda dalam memperlakukan artis mereka.

Bukan rahasia lagi jika SM sangat ketat dalam mengawasi artisnya. Bahkan, SM memiliki reputasi dengan memberikan kontrak yang panjang kepada artisnya hingga disebut sebagai kontrak perbudakan.

Ini memang bukan kali perdana SM Entertainment terlibat konflik dengan artisnya. Sebelumnya, TVXQ yang terdiri dari Junsu, Jaejoong, Yoochun, Changmin dan Yunho harus berpisah. Tiga anggota boyband Jeajoong, Yoochun dan Junsu memisahkan diri dari kelompok yang membesarkan nama mereka tersebut pada 2010 silam. Mereka akhirnya membentuk kelompok baru bernama JYJ.

Perpecahan itu ternyata membuat pihak SM Entertainment merasa jika JYJ melanggar kontrak. Alasan JYJ keluar dari TVXQ adalah tidak adilnya pembagian honor. JYJ, dengan Jaejoong sebagai pemimpin TVXQ, dilaporkan tak pernah mendapatkan hasil jerih payah mereka.

Padahal, keuntungan SMEntertainement dari TVXQ sangat besar hingga jutaan Won. Trio JYJ itu mulai melakukan melakukan kolaborasi bersama, mulai dari bernyanyi bareng hingga menjadi model demi mendapatkan uang.

Baca juga:

Terus Dipojokkan, Kris EXO Tak Ingin Banyak Bicara

Kris EXO Layangkan Gugatan, SM Entertainment Diprotes Penggemar