Sukses

XXI Short Film Festival 2014 Sukses Digelar

Liputan6.com, Jakarta Ajang XXI Short Film Festival 2014 akhirnya sukses diselenggarakan. Setelah dibuka pada hari Kamis (13/3/2014) di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta Selatan, perhelatan tahunan itu ditutup Minggu (16/3/2014). Malam penghargaan itu juga berhasil memilih 22 finalis terbaik.
 
Acara malam penghargaan itu dihadiri oleh ratusan tamu undangan mulai dari kalangan pemerintahan, insan perfilman, serta para jurnalis dari media cetak juga elektronik. Duet Ferry Salim dan Olga Lyda, kembali dipercaya untuk memimpin acara pemberian penghargaan sekaligus pengumuman para pemenang dari ajang pencarian bakat baru di industri perfilman ini.
 
"Saya percaya kreatifitas itu tanpa batas dan bisa di tampilkan lewat film. Di tahun ini ada 22 finalis, ada yang dari Singapura, ada juga finalis termuda yang usianya masih 15 tahun asal Purbalingga. Ini bukti anak muda punya kreatifitas tanpa batas. Tidak penting kalian bawa hadiah atau tidak, selama karyanya hadir disini kalian adalah pemenang karena kalian yang terbaik dari 430 pendaftar," ujar Catherine Keng selaku Festival Director XXI Short Film Festival 2014.

Seperti diketahui, dari 430 pendaftar di XXI Short Film Festival 2014, akhirnya terpilih 22 finalis yang terbagi di 3 kategori yaitu 9 Finalis Film Pendek Fiksi Naratif, 6 Finalis Film Pendek Animasi dan 7 Finalis Film Pendek Dokumenter. Meskipun jumlah pendaftar agak menurun dari tahun lalu yang mencapai 730 orang, namun kualitas yang ditampilkan tetap mumpuni dan segar. Hal tersebut diyakini oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu yang turut hadir di acara malam penghargaan XXI Short Film Festival 2014.
 
"Biasanya tiap tahun kualitas akan meningkat. Walau jumlahnya berkurang bukan berarti kualitas berkurang. Orang kreatif Indonesia itu luar biasa dahsyatnya karena sumber inspirasi di Indonesia banyak sekali jadi banyak bahan untuk dibuat film. Yang nggak masuk nominasi juga bisa jadi bibit muda apalagi 22 finalis. Trend film pendek yang di gabung jadi panjang masih berpotensi jadi potensi Anda terbuka luas bukan Nasional tapi Internasional. Mudah-mudahan program ini terus di dukung," ucap Mari Elka Pangestu.
 
Di XXI Short Film Festival 2014 film Sepatu Baru, Kitik dan Akar sama-sama berhasil memborong 2 penghargaan. Perlu diketahui film Sepatu Baru sebelumnya sempat menjadi Official Selection, Generation, Berlin International Film Festival 2014 sedangkan sutradara Akar, Amelia Hapsari merupakan jawara di ajang tahun lalu lewat karya yang berjudul Jadi Jagoan ala Ahok. Yang menarik adalah, sutradara film pendek Mana Janjimu yang sukses menjadi Pilihan Versi IMPAS, Eko Junianto masih berusia 15 tahun dan tercatat sebagai pelajar di SMP Negeri 4, Purbalingga.
 
Para pememang di ajang XXI Short Film Festival 2014 mendapat beragam hadiah mulai dari uang tunai puluhan juta rupiah, Tv Toshiba, Kamera Canon, dan voucher dari SAE Institute
 
Berikut adalah daftar pemenang XXI Short Film Festival 2014:
 
Film Pendek Fiksi Naratif Terbaik:
• Sepatu Baru (Aditya Ahmad-Makassar)
 
Film Pendek Animasi Terbaik:
• Kitik (Ardhira Anugrah Putra-Jakarta)
 
Film Pendek Dokumenter Terbaik:
• Akar (Amelia Hapsari-Jakarta)
 
Film Pendek Fiksi Naratif Pilihan Media:
• Sepatu Baru (Aditya Ahmad-Makassar)
 
Film Pendek Animasi Pilihan Media:
• Kitik (Ardhira Anugrah Putra-Jakarta)
 
Film Pendek Dokumenter Pilihan Media:
• Selamat Tinggal Sekolahku (Ucu Agustin-Jakarta)
 
Film Pendek Pilihan Versi IMPAS:
• Mana Janjimu (Eko Junianto-Purbalingga)
• Aditya dan Putri Matahari (Gangsar Waskito-Yogyakarta)
• Lembar Jawaban Kita (Sofyana Ali Bindiar-Bandung)
 
Film Pendek Favorit 'Pilihan Penonton':
• Horizon (Samuel Ruby-Singapura)
 
Selain para pemenang diatas, pihak panitia juga memberikan penghargaan untuk spesial mention yang terdiri dari:
 
Spesial Mention Film Pendek Dokumenter dari Juri Media:
• Akar (Amelia Hapsari-Jakarta)
 
Spesial Mention Kategori Animasi:
• Asiaraya (Anka Atmawijaya Adinegara-Jakarta)
 
Tidak lupa juga pihak panitia mengumumkan para pemenang Pitching Forum, dimana dari 9 finalis akan terpilih 3 karya yang nantinya akan mendapat pendanaan film pendek dan diikutsertakan di XXI Short Film FEstival tahun berikutnya. Mereka yang beruntung adalah Catur (Bandung), Listen (Jakarta) dan Album foto (Yogyakarta).
 
Di tahun keduanya ini, jumlah total penonton XXI Short Film Festival yang berlangsung selama 4 hari mulai dari 13 hingga 16 Maret tercatat sebanyak 6000an orang. Hal ini membuktikan, antusiasme masyarakat terhadap film pendek sangatlah besar dan tidak tertutup kemungkinan bisa lebih memicu semangat para pecinta film untuk ikut serta di XXI Short Film Festival tahun depan.