Sukses

Bumi Serpong Damai Beli Aset Grup Bakrie

PT Bumi Serpong Damai Tbk membeli aset milik grup Bakrie berupa ruang ritel senilai Rp 297 miliar.

PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) perusahaan properti yang masuk grup Sinarmas mengakuisisi Episentrum Walk di kawasan Kuningan senilai Rp 297 miliar dari anak usaha PT Bakrieland Development Tbk.

"Pembelian ini merupakan bagian dari strategi perseroan untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis secara an-organik terutama untuk memperkuat segmen pendapatan berkelanjutan perseroan," ujar Direktur PT Bumi Serpong Damai Tbk, Hermawan Wijaya dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (12/2/2014).

Transaksi ini dilakukan dengan PT Bakrie Swastika Utama, anak usaha PT Bakrieland Development Tbk yang mengelola kawasan central business district (CBD) Kuningan atau yang dikenal dengan nama Rasuna Episentrum.

Episentrum Walk merupakan kawasan komersial yang beroperasi sejak 2010, dan memiliki tingkat hunian 85%, dan gross rental yield 8,5% per tahun.

Adapun area luas lahan yang diakuisisi mencapai 14.85m2. Anchor tenant antara lain Farmer Market, Electronic City, Avara Lounge, dan restoran Ming.

Hermawan menambahkan, langkah akuisisi lahan ritel ini diharapkan akan memperkuat proporsi pendapatan berkelanjutan menjadi 20:80 dalam lima tahun mendatang.

"Saat ini posisi pendapatan berkelanjutan berada di kisaran 15:85 terhadap pendapatan penjualan produk," kata Hermawan.

Sebelumnya grup Sinarmas telah membeli aset milik grup Bakrie pada tahun lalu. Perseroan mengakuisisi lahan seluas 5 hektar di kawasan Episentrum, Kuningan, Jakarta. Nilai akuisisi sekitar Rp 400 miliar.

Kinerja 2013

Perseroan diperkirakan mencatatkan pertumbuhan penjualan pemasaran mencapai 26% atau sebesar Rp 5,4 triliun pada 2013. Perseroan membukukan marketing sales (pra penjualan) sebesar Rp 7,35 triliun atau naik 72% year on year. Pencapaian itu melampaui target awal 2013 sebesar Rp 7 triliun.

Sepanjang 2013, segmen penjualan tanah menjadi kontribusi terbesar angka penjualan marketing sales Perseroan. Segmen penjualan tanah menyumbangkan kontribusi sebesar Rp 3,29 triliun atau naik 45% dari total penjualan marketing sales. (Ahm)


*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini