Sukses

Harga 1 Lot Saham Antam Dibanderol Rp 167 Ribu

Berikut daftar harga 1 lot saham PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) berdasarkan penutupan perdagangan Jumat, 5 April 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Harga saham PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau Antam ditutup naik 0,60 persen ke posisi 1.670 pada Jumat, 5 April pekan lalu.

Merujuk posisi tersebut, harga 1 lot saham Antam saat ini berada pada Rp 167 ribu. Melansir data RTI, frekuensi perdagangan saham ANTM pada Jumat tercatat sebanyak 6.798 kali. Volume saham yang ditransaksikan mencapai 35,35 juta lembar senilai Rp 58,92 miliar.

Dalam sepekan, harga saham ANTM  naik 4,38 persen. Sedangkan dalam satu tahun terakhir, harga saham ANTM turun 16,50 persen.

Dari sisi kinerjanya, Antam membukukan penjualan Rp 41,05 triliun. Penjualan itu susut 10,63 persen dibandingkan penjualan pada 2022 yang tercatat sebesar Rp 45,93 triliun.

Dari penjualan itu, Antam membukukan laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 3,08 triliun atau turun 19,45 persen dari Rp 3,82 triliun pada 2022.

Adapun 1 lot saham saat ini sama dengan 100 lembar saham. Sebelumnya, Bursa Efek Indonesia atau BEI pernah memberlakukan 1 lot saham yang terdiri dari 500 lembar saham.

Namun, semenjak 2014, Bursa mengeluarkan aturan baru di mana 1 lot saham kini terdiri dari 100 lembar saham. Adapun penentuan 1 lot berapa lembar saham oleh BEI memiliki sejumlah tujuan. Mengutip pemberitaan Liputan6.com sebelumnya, berikut sejumlah tujuan penetapan lot tersebut:

1. Menjaga nominal ideal transaksi saham

Tujuan pertamanya yaitu BEI menentukan 1 lot berapa lembar saham untuk menjaga nominal ideal transaksi antara emiten, underwriter, dan investor. Hal ini dilakukan untuk menjaga transaksi dengan nominal kecil yang kurang efisien bagi perusahaan emiten, underwriter, maupun bursa efek.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Permudah Perhitungan

2. Mempercepat perusahaan dalam menerima permodalan

Tujuan berikutnya penentuan standar 1 lot berapa lembar saham yaitu untuk melindungi perusahaan dari investor yang kurang serius. Tujuan perusahaan menerapkan emisi saham adalah untuk mendapatkan bantuan permodalan dalam jumlah besar. Jika tidak ada penentuan harga saham per lot, proses penjualan saham perusahaan akan memakan waktu lebih lama.

3. Mempermudah perhitungan profit investasi

Penetapan standar 1 lot berapa lembar saham oleh BEI akan membantu pelaku pasar modal menghitung profit investasi baik dari segi dividen dan yieldnya. Jadi keuntungan berinvestasi pada perusahaan bisa jauh lebih besar.

4. Menarik minat investasi masyarakat

Tujuan terakhir penetapan 1 lot berapa lembar saham adalah untuk menarik lebih banyak masyarakat untuk berinvestasi. Hal ini berkaitan dengan keuntungan yang jauh lebih besar yang didapatkan dengan sistem pembelian lot tersebut.

3 dari 4 halaman

Antam Raup Penjualan Rp 41,05 Triliun pada 2023

Sebelumnya diberitakan, Anggota Grup BUMN Holding Industri Pertambangan Mining Industry Indonesia (MIND ID), PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) mencatat kinerja keuangan optimal dengan perolehan laba tahun berjalan sebesar Rp3,08 triliun pada 2023.

Dengan fokus pada pengendalian biaya dan optimalisasi produksi, Anggota Grup MIND ID ini konsisten membukukan kinerja kokoh dalam menghadapi fluktuasi harga komoditas global. Demikian mengutip dari keterangan resmi, Sabtu (30/3/2024).

Pencapaian Antam pada 2023 juga tercermin dalam beberapa aspek kinerja keuangan lainnya seperti Earnings Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization (EBITDA) yang mencapai Rp6,55 triliun. Selain itu, Antam catat laba kotor dan laba usaha masing-masing mencapai Rp6,31 triliun dan Rp2,62 triliun.

Pada 2023, Antam memperkuat struktur keuangannya dengan meningkatkan nilai ekuitas konsolidasian hingga Rp31,17 triliun, mencatatkan pertumbuhan sebesar 31 persen dari tahun sebelumnya. Peningkatan ini didukung oleh penurunan tingkat pinjaman berbunga sebesar Rp2,5 triliun.

Antam terus menunjukkan dedikasinya terhadap prinsip pertambangan yang baik dan keunggulan operasional, dengan mencatatkan nilai penjualan bersih sebesar Rp41,05 triliun. Kontribusi utama berasal dari penjualan domestik, yang menunjukkan strategi efektif dalam memperkuat basis pelanggan lokal.

 

4 dari 4 halaman

Produk Emas

Produk emas menjadi penyumbang terbesar terhadap penjualan, sementara produk nikel dan bauksit juga memberikan kontribusi yang signifikan.

Sekretaris Perusahaan BUMN Holding Industri Pertambangan Mineral Industry Indonesia (MIND ID), Heri Yusuf mengatakan pencapaian Antam dalam mengoptimalkan kinerja perusahaan selaras dengan strategi Grup MIND ID untuk menjadi pemimpin pasar global dengan melakukan ekspansi bisnis pertambangan melalui berbagai upaya hilirisasi yang berdampak positif pada peningkatan nilai tambah komoditas tambang.

MIND ID sebagai perusahaan Strategic Holding mengapresiasi pencapaian Antam yang berhasil meraih laba tahun buku 2023 dengan nilai sangat positif. 

"Dengan pencapaian kinerja yang positif pada 2023 dan komitmen yang kuat terhadap inovasi dan pengembangan bisnis, kami terus mendorong Antam untuk terus menetapkan standar keunggulan dalam industri pertambangan Indonesia," ujar dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.