Sukses

Bank Danamon Genjot Bisnis Konsumer Melalui Partisipasi di IIMS 2024

Pada IIMS 2024, Bank Danamon dan MUFG Bank Ltd. (MUFG) kembali menjadi official bank partner, dan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (ADMF) menjadi official multifinance partner.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) kembali berpartisipasi dalam gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024.

Pada IIMS 2024, Bank Danamon dan MUFG Bank Ltd. (MUFG) kembali menjadi official bank partner, dan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (ADMF) menjadi official multifinance partner, serta official trade-in partner melalui momobil.id dan momotor.id di.

Sebelumnya, Grup ini juga telah menegaskan dukungan untuk IIMS hingga 2026, sekaligus menegaskan posisinya sebagai pemain kunci dalam mendukung pertumbuhan industri otomotif di Indonesia. Danamon menyadari, IIMS 2024 merupakan salah satu bagian dari strategi Danamon untuk menjaga momentum positif performa dan portofolio dalam bisnis Konsumer.

Hasil dari pendekatan ini bisa dilihat dari kinerja keuangan Danamon tahun lalu. Di mana pertumbuhan pembiayaan otomotif dan multiguna dari Adira Finance, anak perusahaan Danamon, tumbuh 25 persen yoy mencapai Rp 55,7 triliun. Danamon sendiri membukukan kenaikan jumlah nasabah yang mengambil pembiayaan otomotif sebesar 112 persen yoy dan nilai pinjaman sebesar 98 persen yoy pada 2023. 

"Menegaskan kembali komitmen Danamon, Adira Finance dan MUFG, untuk tumbuh sebagai financial group pilihan nasabah dan masyarakat Indonesia, kami di segmen Consumer Banking Danamon juga selalu berinovasi untuk memberikan produk-produk yang relevan dan sesuai dengan perkembangan kebutuhan nasabah kami," ujar Consumer Funding & Wealth Business Head, PT Bank Danamon Indonesia Tbk, Ivan Jaya dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (22/2/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Produk Pembiayaan Otomotif

Adapun produk pembiayaan otomotif Danamon adalah KPM Prima, yang merupakan produk kerja sama dengan Adira Finance.

KPM Prima adalah produk pembiayaan mobil penumpang baik baru atau bekas dan mobil komersil, serta motor baik new premium bike (motor dengan kriteria OTR > 100 juta atau CC > 500) atau non-premium bike (motor di luar kriteria premium bike) dan vespa yang dikelola oleh Adira Finance yang merupakan anak perusahaan Danamon.

Produk ini ditawarkan kepada nasabah Danamon dengan bunga kompetitif, persyaratan dokumen yang sederhana dan pilihan asuransi yang lengkap. Melalui peningkatan kolaborasi antara Danamon, MUFG dan Adira Finance, pembiayaan baru (new financing) di Adira Finance berhasil naik sebesar 31 persen yoy pada 2023.

Sementara, jumlah pelanggan Adira Finance yang membuka rekening tabungan bersama Danamon naik 11,2 lipat dari sekitar 69 ribu pada 2022 menjadi lebih dari 781 ribu pada 2023. Pencapaian ini berbanding sejajar dengan kebutuhan nasabah akan solusi finansial yang cepat, mudah, dan aman untuk pembiayaan kendaraan, layanan perbankan digital, hingga solusi investasi.

3 dari 4 halaman

Bank Danamon Incar Pertumbuhan Pembiayaan 10% di 2024

Sebelumnya diberitakan, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) mengincar pertumbuhan pembiayaan hingga 10 persen pada tahun ini. Direktur Keuangan Bank Danamon, Muljono Tjandra mengatakan, target tersebut mengacu pada tren pertumbuhan ekonomi dan sinyal penurunan suku bunga.

"Target loan growth kita akan mengacu pada guidance dari regulator dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Bank Indonesia (BI). Kita fokusnya ke highest single digit atau lower double digit, 9-10 persen," kata Muljono dalam Virtual Press Conference Laporan Keuangan Tahun 2023 Danamon, Senin (19/2/2024).

Mulyono berharap kondisi ekonomi khususnya dalam negeri juga terjaga baik. Sehingga perusahaan bisa melakukan ekspansi bisnis. Sementara sinyal penurunan suku bunga ke depan diharapkan bisa menekan cost of fund sehingga mempertebal laba Bank Danamon.

"Kita berharap suku bunga juga akan membaik (turun) di semester II 2024 untuk perbaiki CoF dan perbaiki profitabiliti kita ke depannya," imbuh Mulyono.

Pada 2023, Bank Danamon kembali meraih rekor tertinggi dalam penyaluran kredit. Total kredit dan trade and finance tumbuh sebesar 19 persen yoy menjadi Rp 174,9 triliun didukung oleh pertumbuhan dari keempat lini bisnis utama Danamon.

 

 

 

4 dari 4 halaman

Pertumbuhan Kredit

Pertumbuhan kredit ini lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan kredit industri perbankan yang mencapai 10 persen di sepanjang tahun 2023.

Portofolio kredit konsumen menunjukkan pertumbuhan kredit tertinggi mencapai 41 persen yoy yang ditopang oleh partnership dengan perusahaan real estat Jepang dan akuisisi portofolio kredit konsumen Standard Chartered Bank. Berfokus pada peningkatan produktivitas dan perbaikan proses, segmen Kredit UKM meningkatkan kreditnya sebesar 9 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Portofolio kredit dari segmen enterprise banking & financial institution memberikan kontribusi portofolio tertinggi mencapai Rp 78,8 triliun, tumbuh 15 persen yoy. Pembiayaan otomotif dan multiguna dari PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (ADMF), anak perusahaan Danamon tumbuh 25 persen yoy mencapai Rp 55,7 triliun. Melalui peningkatan kolaborasi dengan Danamon dan MUFG, Adira Finance berhasil meningkatkan pembiayaan barunya sebesar 31 persen yoy pada 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.