Sukses

Unilever Indonesia Resmi Angkat Benjie Yap Jadi Presiden Direktur

Perubahan kepemimpinan dan kerangka baru organisasi Unilever Compass membawa Unilever Indonesia memasuki babak baru untuk terus memaksimalkan potensi pertumbuhan berkelanjutan.

Liputan6.com, Jakarta PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada hari ini, 19 Desember 2023. Rapat tersebut menyetujui pengangkatan Benjie Yap sebagai Presiden Direktur Perseroan efektif mulai Januari 2024.

Direktur dan Sekretaris Perseroan Unilever Indonesia Nurdiana Darus mengatakan, perubahan kepemimpinan dan kerangka baru organisasi Unilever Compass membawa Unilever Indonesia memasuki babak baru untuk terus memaksimalkan potensi pertumbuhan berkelanjutan. 

“Rapat hari ini secara resmi menyetujui Benjie Yap sebagai Presiden Direktur Perseroan. Dengan beragam keahlian dari posisi-posisi sebelumnya di Unilever yang mencakup Research & Development, Strategi, Supply Chain, Marketing dan Brand Management, serta Customer Development, Benjie Yap telah mencatat capaian yang mengesankan, termasuk pada saat duduk sebagai CEO Unilever Filipina. Kami yakin beliau akan membawa keahlian dan kontribusi berharga bagi Perseroan dan industri,” kata dia dalam keterangan resminya, Selasa (19/12/2023).

Benjie menggantikan Ira Noviarti yang menjabat sebagai Presiden Direktur sejak 2020. Ira berhasil memimpin Perseroan di tengah pandemi global Covid-19 pada 2020-2021, membawa Perseroan berada pada posisi yang lebih kuat. 

“Perseroan mengucapkan terima kasih yang sebesar- besarnya atas kepemimpinan Ira Noviarti yang tangguh dan berdedikasi tinggi kepada Unilever Indonesia. Sebagai Presiden Direktur, Ira telah berhasil memperkuat fundamental bisnis Perseroan secara signifikan – memastikan bahwa Unilever Indonesia kini berada dalam posisi yang jauh lebih kuat untuk terus mewujudkan tujuan dan potensi bisnis jangka panjang,” tambah Nurdiana.

Dalam rapat tersebut, Ira Noviarti menyampaikan rasa syukurnya atas kesempatan bersama Unilever selama hampir 30 tahun, berkontribusi pada bisnis dan masyarakat melalui berbagai peran yang dijalankannya. 

“Saya bersyukur atas kesempatan bersama Unilever untuk, selama hampir 30 tahun, berkontribusi pada bisnis dan masyarakat melalui berbagai peran yang saya jalankan, terutama melalui kepercayaan jabatan sebagai Presiden Direktur selama hampir tiga setengah tahun terakhir. Saya dapat terus bertumbuh sebagai pemimpin dan individu karena saya berkesempatan bekerja bersama dengan banyak talenta yang luar biasa,” kata dia.

Dikatakan dengan menghayati komitmen Perseroan untuk terus menjadi organisasi yang purpose-led and future-fit, ia belajar bahwa lebih dari pertumbuhan yang diukur dengan angka, kesuksesan juga adalah tentang dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan melalui keberadaan UNVR.

Dalam hal ini, upaya seluruh tim dalam tiga tahun terakhir telah memberikan pijakan yang kokoh bagi kepemimpinan Unilever Indonesia selanjutnya.

Karier Ira

Selama masa jabatannya memimpin Unilever Indonesia, Ira mewakili Perseroan dalam banyak program yang dijalankan pemerintah dan asosiasi, memastikan bahwa Perseroan tetap setia pada komitmennya untuk tumbuh bersama Indonesia.

Diantaranya, memimpin upaya Vaksin Gotong Royong bersama Kementerian Kesehatan RI dan pelaku industri lainnya, memimpin Business 20 Women in Business Action Council pada masa Presidensi G20 Indonesia; dan mengetuai Modern Marketing Association Indonesia (MMA). 

Prestasi dan kontribusi Ira diakui dan mendapat berbagai penghargaan di Indonesia dan Asia, termasuk Best CEO untuk perusahaan Konsumen & E-commerce dari CNBC; Top CEO Consumer Goods dari Tempo dan IDN Financials; Most Powerful Women dari Fortune; Pemimpin Perempuan Paling Inspiratif dari Forbes; dan Eksekutif Paling Inspiratif di Asia dari Asia Corporate Excellence & Sustainability Awards (ACES).

Menyanjung penerusnya, Ira mengatakan, “Benjie Yap dan saya sama-sama tumbuh di Unilever dan saya telah menyaksikan sendiri rekam jejaknya yang semakin kuat selama bertahun-tahun. Saya percaya Unilever Indonesia berada di tangan yang tepat,” imbuhnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sepak Terjang Benjie Yap

Adapun Benjie Yap bergabung dengan Unilever pada 1994 di Filipina sebagai Technical Management Trainee dengan tugas awal di bidang Manufaktur, Teknik, R&D, dan Pengembangan Pengemasan. Beliau beralih posisi ke Pemasaran sebagai Direktur Pemasaran Home Care pada 2001.

Beliau kemudian bergabung dengan Dewan Direksi sebagai Marketing Director Home Care and Foods, Wakil Presiden Marketing Director, dan Wakil Presiden Customer Development. 

Benjie juga memiliki pengalaman di posisi internasional sebagai Manajer Pengembangan Produk di Port Sunlight Inggris pada tahun 1999 dan sebagai VP Perawatan Rumah di Unilever Thailand pada tahun 2009.

Pada bulan Maret 2017, ia menjadi CEO Unilever Filipina seraya menjabat sebagai Beauty and Wellbeing Business Unit General Manager sejak 2022.

Didorong oleh ambisi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, kepemimpinan Benjie bertumpu pada prinsip Winning with Purpose, mendorong transformasi produk-produk yang dicintai masyarakat menjadi merek-merek dengan tujuan sosial yang lebih dalam.

 

3 dari 3 halaman

Prestasi

Benjie telah dianugerahi banyak apresiasi, salah satunya adalah IABC CEO Excel Award pada tahun 2007 dan AGORA Outstanding Achievement Award for Marketing Management pada tahun 2015. Sejak tahun 2021, beliau menjadi juga telah menjadi bagian dari Globe’s Business Council.

Benjie Yap mengatakan, dengan banyaknya potensi yang dapat dikembangkan lebih jauh, Indonesia merupakan pasar yang penting bagi Unilever. 

“Saya optimis dan semangat untuk bekerja dengan tim di Unilever Indonesia yang luar biasa untuk bersama-sama mencapai kinerja lebih kuat yang didorong oleh pertumbuhan yang konsisten, menguntungkan, kompetitif, dan bertanggung jawab,” kata dia. 

Bersama dengan jajaran Dewan Direksi, ia akan terus memastikan bahwa Perseroan dioperasikan oleh talenta dan pemimpin terbaik di industri untuk membangun organisasi yang tangguh dan tangkas di masa depan, tetap berkomitmen untuk memimpin pengembangan pasar melalui inovasi yang unggul dan relevan serta memenangkan hati konsumen di tahun-tahun mendatang. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.