Sukses

Profil Benjie Yap yang Diusulkan Jadi Presiden Direktur Unilever Indonesia

Berikut profil Benjie Yap yang diusulkan sebagai Presiden Direktur Unilever Indonesia dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

Liputan6.com, Jakarta - PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Selasa, 19 Desember 2023.

Pada RUPSLB Unilever Indonesia hanya satu agenda yang akan meminta persetujuan pemegang saham untuk merombak susunan direksi setelah pengunduran diri Ira Noviarti sebagai Presiden Direktur Unilever Indonesia.

RUSPLB juga akan membahas mengenai pengunduran diri Shiv Sahgal dan Sandeep Kohli dari jabatannya masing-masing selaku Direktur Perseroan.

Sebelumnya dalam keterbukaan informasi pada 24 November 2023, perseroan umumkan pengunduran diri Shiv Sahgal dan Sandeep Kohli sebagai direktur perseroan dengan alasan pribadi. Hal itu akan berlaku efektif sejak disetujui oleh Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).Sebelumnya Alper Kulak juga mundur sebagai direktur.

Selain itu, RUSPLB juga akan mengusulkan pengangkatan Benjie Yap sebagai Presiden Direktur Perseroan.

"Sehubungan dengan pengunduran diri tersebut, pemegang saham utama Perseroan berencana untuk mengusulkan Benjie Yap sebagai Presiden Direktur Perseroan yang baru untuk disetujui oleh Rapat Umum Pemegang Saham Perseroan yang sama," kata dia dalam keterbukaan informasi, Rabu, 25 Oktober 2023.

Berikut profil Benjie Yap yang akan menjabat sebagai Presiden Direktur Unilever Indonesia dikutip dari keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (4/12/2023):

Benjie Yap sekarang menjabat sebagai Chairman dari Unilever Philippines Inc yang telah memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di Unilever. Ia telah menduduki berbagai posisi di bidang supply chain, marketing dan customer development.

Benjie Yap bergabung dengan Unilever sebagai technical management trainee pada 1994 dengan tugas awal pada bagian manufaktur, teknik, R&D, dan pengembangan kemasan. Benjie Yap beralih karier dan bergabung dengan bagian Marketing sebagai Marketing Director of Home Care pada 2001.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Profil Benjie Yap

Kemudian, ia bergabung dengan Dewan Direksi Nasional Unilever Philippines, Inc sebagai Foods Managing Director, VP for Home Care and Foods, dan VP for Customer Development.

Benjie Yap juga mengambil peran internasional sebagai Product Development Manager di Port Sunlight UK pada 1999 dan sebagai VP Home Care Unilever Thailand pada 2009.

Benjie Yap menerima IABC CEO Excel Award pada 2007 dan AGORA Outstanding Achievement Award for Marketing Management pada 2015. Sejak 2021, ia menjadi bagian dari Globe’s Business Council dan saat ini juga duduk sebagai anggota Dewan Penasihat Fakultas Teknik Universitas De La Salle. Diakui sebagai salah satu alumni terbaiknya, Benjie lulus dari Universitas De La Salle dengan gelar BS Industrial Engineering dan studi minor Mechanical Engineering.

3 dari 4 halaman

Tahap Seleksi Pengganti 3 Direktur

Adapun Perseroan saat ini dalam tahap seleksi kandidat pengganti untuk ketiga posisi direktur lainnya dan akan menginformasikan kandidat direktur yang akan ditunjuk melalui mekanisme Rapat Umum Pemegang Saham sesuai dengan ketentuan yang berlaku serta memperhatikan kebutuhan Perseroan.

Perseroan percaya kompetensi dan kemampuan dari kandidat Presiden Direktur yang baru maupun Direktur-Direktur yang ada saat ini dapat terus berkontribusi pada strategi dan operasi masa depan Perseroan.

Dalam keterbukaan informasi BEI, Perseroan menyatakan, tidak terdapat dampak yang secara material dapat mempengaruhi kegiatan usaha perseroan. Perseroan memastikan bahwa masa transisi terkait dengan proses perubahan jajaran direksi Perseroan akan dilakukan tanpa mempengaruhi kegiatan usaha Perseroan. Perseroan menegaskan, Direksi Perseroan tetap menjalankan kegiatan usaha Perseroan seperti biasa dengan terus berfokus untuk memberikan kontribusi positif bagi Indonesia.

"Fungsi, tugas, dan tanggung jawab atas ketiga Direktur lain akan dijalankan oleh direktur – direktur lainnya di Perseroan. Adapun penunjukkan Direksi pengganti akan menyesuaikan dengan kebutuhan dan strategi Perseroan dalam memastikan keberlanjutan kegiatan usaha Perseroan untuk menghadapi kondisi dan tantangan di masa depan," tulis perseroan.

4 dari 4 halaman

Presiden Direktur Ira Noviarti Mengundurkan Diri, Unilever Indonesia Bakal Gelar RUPSLB

Sebelumnya diberitakan, PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) telah mengumumkan pengunduran diri Presiden Direktur Perseroan dan rencana pengajuan usulan pengangkatan Presiden Direktur Perseroan yang baru. 

Direktur dan Sekretaris Perusahaan Unilever Indonesia Nurdiana Darus menuturkan, pihaknya telah menerima surat pengunduran diri Ira Noviarti dari jabatannya selaku Presiden Direktur Perseroan sehubungan dengan alasan pribadi yang akan berlaku efektif sejak disetujui oleh Rapat Umum Pemegang Saham Perseroan berikutnya. 

"Sehubungan dengan pengunduran diri tersebut, pemegang saham utama Perseroan berencana untuk mengusulkan Benjie Yap sebagai Presiden Direktur Perseroan yang baru untuk disetujui oleh Rapat Umum Pemegang Saham Perseroan yang sama," kata dia dalam keterbukaan informasi, Rabu (25/10/2023).

Secara terpisah, Ira mengatakan, dirinya memulai posisi Presiden Direktur ketika baru mulai menghadapi pukulan pandemi pada 2020. Ia pun merasa bersyukur bisa menjalankan perannya hingga akhir dengan baik. 

"Telah banyak yang kami lalui hingga hari ini. Bersama-sama, kami menavigasi begitu banyak perubahan dan tantangan,  membawa bisnis Perseroan ke posisi yang lebih kuat seperti yang bisa dilihat dari hasil kuartal III 2023 yang kami umumkan hari ini. Seraya menjalankan hal-hal tersebut, kami tetap terus berkontribusi pada tanah air dan masyarakat," kata Ira.

Dengan demikian, Ira pun optimistis untuk terus memberikan kontribusi lebih lanjut bagi Perseroan pada masa mendatang. 

"Saya bersyukur atas akhir yang baik dari peran ini, dan bersemangat untuk berkontribusi lebih lanjut bagi kesuksesan  Unilever dalam peran saya berikutnya. Pengalaman, kepercayaan, dan kesempatan yang merupakan sebuah  kehormatan," katanya.

Posisi Ira yang baru bersama Unilever akan diumumkan pada waktunya, dan suksesornya akan diusulkan pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Perseroan berikutnya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.