Sukses

BSI Genjot Pertumbuhan Bisnis di Tengah Ketidakpastian Ekonomi

Manajemen PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) ingin tetap menjadi pemimpin pasar perbankan syariah nasional.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) atau BSI masih menjadi pemimpin pasar dalam industri perbankan syariah di dalam negeri hingga kuartal III 2023. Bahkan, BSI tumbuh di atas industri perbankan nasional di tengah kondisi ekonomi yang tidak menentu dan penuh tantangan. 

Direktur Risk Management BSI Grandhis H.Harumansyah menjelaskan, laba bersih perseroan tumbuh 31% secara tahunan (year on year/yoy) mencapai angka Rp4,2 triliun per kuartal III/2023. Pertumbuhan ini ditopang oleh pertumbuhan aset dan pembiayaan yang juga meningkat sebanyak dobel digit secara tahunan.

Aset BSI tumbuh 14,23% secara (yoy) di angka Rp320 triliun, yang mana ini lebih tinggi dari aset perbankan nasional yang tumbuh 7,13% (yoy). 

Di sisi pembiayaan, BSI mengalami pertumbuhan sebesar 16% (yoy) menjadi Rp232 triliun, lebih tinggi dari pembiayaan perbankan nasional yang tumbuh 8,96% yoy. 

Dengan demikian, BSI berkomitmen untuk tetap menjadi pemimpin pasar perbankan syariah nasional dengan membukukan pertumbuhan laba yang positif untuk memberikan imbal hasil yang optimal bagi para pemegang saham dalam jangka panjang.

Salah satu komitmen tersebut akan dicapai dengan menjaga penyaluran pembiayaan yang berkualitas. Sebagai informasi, non-performing financing (NPF) BSI sudah berada di angka 2,21%, lebih rendah dibandingkan perbankan nasional dan angka ini terus membaik sejak awal merger.

"BSI terus jalankan bisnis syariah. Kalau bicara strategi pertumbuhan ada tiga hal utama, apa yang dicapai, bagaimana bisnis di monitor dan bagaimana sisi sumber daya manusia," kata dia dalam Public Expose 2023, Rabu (29/11/2023). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pembiayaan BSI

Di sisi lain, ia menuturkan, pembiayaan didominasi oleh segmen konsumer, gadai dan card sebesar Rp125,34 triliun, korporasi sebesar Rp54,39 triliun, mikro sebesar Rp21,45 triliun, SME Rp18,62 triliun dan komersial Rp11,86 triliun. Dari sisi rasio keuangan, ROA (Return of Asset) juga mengalami peningkatan menjadi 2,34%.

Efisiensi juga terus mengalami perkembangan yang baik, di mana BOPO mampu turun dari level 74,02% menjadi 71,43% year on year. 

BSI juga terus mendukung pertumbuhan UMKM dIndonesia lewat UMKM Center yang tersebar di sejumlah kota, yaitu Banda Aceh, Yogyakarta, dan Surabaya, dengan total binaan sebanyak 2.526 UMKM. 

Selain itu, BSI juga mendukung penuh pengurangan emisi karbon untuk menciptakan Indonesia bebas emisi karbon atau nol zero emission (NZE) pada 2060. BSI sudah menyalurkan pembiayaan berkelanjutan mencapai Rp53,6 triliun atau 23,10% dari total pembiayaan perseroan. 

 

 

3 dari 4 halaman

Fokus 5 Sektor Utama

Pembiayaan berkelanjutan BSI berfokus pada 5 sektor utama yaitu UMKM, produk ramah lingkungan, pertanian dan perkebunan ramah lingkungan, energi bersih dan terbarukan, dan produk hijau lainnya seperti pembangunan gedung ramah lingkungan, industri pengelolaan air, transportasi ramah lingkungan dan pengelolaan limbah.

Saat ini portofolio pembiayaan berkelanjutan di BSI terbesar untuk UMKM sebesar Rp43,4 triliun, lalu ada produk ramah lingkungan sebesar Rp4,9 triliun, pertanian dan perkebunan ramah lingkungan Rp10,9 triliun, energi bersih dan terbarukan Rp1,4 triliun dan Rp600 miliar yang terdiri dari pembangunan gedung ramah lingkungan, industri pengelolaan air, transportasi ramah lingkungan dan pengelolaan limbah lingkungan.

"Selain di dalam negeri, BSI juga sudah go global dengan memiliki cabang penuh di Dubai. Dengan adanya cabang penuh ini, BSI bisa menjalankan serangkaian layanan, di antaranya transaksi ekspor dan impor, sindikasi, desk capital market, hingga agen untuk sukuk," ujar dia.

 

4 dari 4 halaman

Kisi-Kisi Pembagian Dividen

Sebelumnya diberitakan, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) angkat bicara soal pembagian dividen bagi para pemegang saham. Ini mengingat, Perseroan masih membutuhkan modal tambahan dalam mengembangkan asetnya. 

Head of Investor Relations Rizky Budinanda menuturkan, pembagian dividen telah disesuaikan dengan ketentuan anggaran dasar Perseroan. Selain itu, terkait berapa besaran dividen yang akan dibagikan tentunya bergantung kewenangan dari Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) oleh pemegang saham. 

Adapun kebijakan pembagian yang ditetapkan Bank Syariah Indonesia adalah 25 persen dari laba bersih. Namun, hal itu tergantung kebutuhan modal perusahaan dalam rangkan menumbuhkan aset.

"Dividen policy kami 25 persen, tapi  tergantung kebutuhan modal. Kami masih memerlukan kebutuhan modal untuk pertumbuhan aset," kata dia dalam Public Expose 2023, Rabu (28/11/2023).

Sebagaimana diketahui, BSI memutuskan untuk membagikan dividen tunai sebesar 10 persen dari laba bersih perseroan pada 2022, atau sekitar Rp 426,01 miliar yang ekuivalen dengan Rp9,24 per lembar saham. 

Kemudian, penggunaan 20 persen laba bersih perseroan untuk tahun buku 2022 disisihkan sebagai cadangan wajib perseroan. Adapun 70 persen akan dialokasikan sebagai laba ditahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini