Sukses

Luncurkan GoPay Tabungan, Bank Jago Optimistis Genjot Pertumbuhan Nasabah

Direktur Utama Bank Jago, Arief Harris Tandjung optimistis kolaborasi bersama GoPay dapat mendorong pertumbuhan nasabah di Bank Jago.

Liputan6.com, Jakarta - GoPay, bagian dari GoTo Financial, dan PT Bank Jago Tbk (Bank Jago) resmi meluncurkan layanan GoPay Tabungan by Jago pada Rabu, 18 Oktober 2023. Fitur dapat digunakan sebagai transaksi sehari-hari yang bisa diakses melalui aplikasi GoPay atau Gojek. 

Menanggapi hal tersebut,  Direktur Utama Bank Jago, Arief Harris Tandjung optimistis kolaborasi ini dapat mendorong pertumbuhan nasabah di Bank Jago. Arief mengungkapkan saat ini memiliki sekitar 7,5 juta pengguna dari aplikasi Bank Jago

"Sekitar 35 persen dikontribusikan dari pengguna ekosistem GoTo dan saya yakin dengan GoPay Tabungan ini, secara jumlah akan bertambah. Secara persentase akan meningkat lebih tinggi lagi," ujar Arief kepada wartawan usai konferensi pers peluncuran GoPay Tabungan

Dari sisi kinerja Current Account Saving Account (CASA) bank jago hingga Agustus 2023 mencapai 71,4 persen. Hingga akhir tahun, Arief optimis CASA masih bisa bertumbuh. 

Arief menjelaskan produk terbaru kolaborasi GoPay dan Bank Jago ini menjadi yang pertama di market karena menggabungkan produk perbankan dan fintech. 

“Berangkat dari misi yang sama, kami percaya kolaborasi antara bank dan ekosistem digital menjadi kunci dalam melahirkan inovasi guna mengakselerasi inklusi keuangan melalui kepemilikan rekening bank,” pungkas Arif.

Selain itu, Arief menegaskan ke depannya Bank Jago dengan terus melakukan kolaborasi strategi dengan ekosistem GoTo yang dapat memberikan solusi kepada para pengguna Bank Jago maupun ekosistem GoTo. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

GoPay dan Bank Jago Resmi Luncurkan GoPay Tabungan

Sebelumnya diberitakan, GoPay, bagian dari GoTo Financial, dan PT Bank Jago Tbk (Bank Jago) resmi meluncurkan layanan GoPay Tabungan by Jago pada Rabu (18/10/2023). Fitur dapat digunakan sebagai transaksi sehari-hari yang bisa diakses melalui aplikasi GoPay atau Gojek. 

Layanan terbaru ini menjadi bagian perjalanan evolusi GoPay dalam menghadirkan beragam layanan finansial yang inovatif, menyusul diluncurkannya aplikasi GoPay pada Juli 2023.

Presiden Unit Bisnis Financial Technology GoTo, Hans Patuwo mengatakan, GoPay Tabungan by Jago menjawab tantangan masyarakat unbanked. GoPay Tabungan by Jago adalah rekening transaksi sehari-hari pertama di Indonesia yang menggabungkan layanan uang elektronik (e-money) yang simpel dengan keunggulan bank. 

“Jika sebelumnya GoPay hanya digunakan sebagai layanan pembayaran, kini GoPay juga dapat digunakan untuk transfer, menyimpan uang untuk transaksi sehari-hari, mengajukan pinjaman, dalam satu aplikasi,” kata Hans, dalam konferensi pers peluncuran Gopay Tabungan, Rabu.

Dorong Inklusi Keuangan

Hans menambahkan kehadiran produk ini juga demi mendorong inklusi keuangan di Indonesia, yang di mana menurut Bank Indonesia saat ini ada sekitar 97 juta masyarakat belum tersentuh layanan perbankan. 

“Ini jadi suatu potensi besar yang bisa kita garap bersama dan berharap dapat mendorong inklusi keuangan,” jelas Hans. 

 

3 dari 4 halaman

Manfaat GoPay Tabungan

Di sisi lain, Direktur Utama Bank Jago, Arief Harris Tandjung menuturkan, produk ini menjadi yang pertama di market karena menggabungkan produk perbankan dan fintech. 

“Berangkat dari misi yang sama, kami percaya kolaborasi antara bank dan ekosistem digital menjadi kunci dalam melahirkan inovasi guna mengakselerasi inklusi keuangan melalui kepemilikan rekening bank,” tutur Arif.

Manfaat GoPay Tabungan 

GoPay tabungan menawarkan layanan yang mudah dan dapat diakses melalui aplikasi GoPay, GoJek, dan Tokopedia. Selain itu untuk melakukan upgrade dari GoPay menjadi GoPay tabungan hanya memerlukan 5 tahap dengan waktu kurang dari 2 menit. 

Pengguna juga bisa menikmati saldo yang bertumbuh dengan bunga 2,5 persen per tahun. Selain itu, tidak ada batasan maksimal saldo dan pengguna bisa transaksi dengan nilai berapapun. GoPay Tabungan by Jago juga aman karena diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Kemudian, tidak ada minimum saldo dan biaya administrasi bulanan. Pengguna juga bisa memanfaatkan gratis transfer ke bank mana saja lewat aplikasi GoPay.

4 dari 4 halaman

Bank Jago Pastikan CASA Solid, Ini Alasannya

Sebelumnya diberitakan, PT Bank Jago Tbk (ARTO) mencatatkan peningkatan dana murah (current accounts savings accounts/CASA) hingga semester I 2023. 

Direktur Bank Jago Sonny Christian Joseph menuturkan, CASA Bank Jago itu meningkat terus sepanjang tahun ini. Hal itu tercermin dari tren dari kuartal I ke kuartal II yang meningkat di atas 70 persen pada Juni 2023.

"Itu adalah angka yang sangat bagus di industri perbankan, karena dalam pertumbuhannya itu, aplikasi Jago itu meluncur di 2021 pertengahan, dari waktu ke waktu penggunanya semakin banyak, tren aktivitas penggunaannya juga semakin tinggi," kata Sonny dalam Forum Jurnalis Jagoan, Kamis (3/8/2023).

Terlebih, Bank Jago sudah menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan sehingga mereka juga menggunakan Bank Jago. Misalnya, sebagai sarana pembayaran gaji.

"Itu membuat CASA kami meningkat karena ada dana yang mengendap," imbuhnya.

Menurut ia, Perseroan pun telah menyiapkan strategi yang dilakukan untuk meningkatkan rasio CASA. Salah satunya, dengan tidak memakai uang sehingga tidak memberikan suku bunga tinggi.

"Kami tidak membakar duit, jadi kami tidak memberikan suku bunga tinggi," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini