Sukses

Kolaborasi Bibit dan Citi Indonesia Genjot Pertumbuhan Investor di Pasar Modal

Citi Indonesia dan Bibit berkomitmen berupaya percepat agenda inklusi keuangan pemerintah Indonesia melalui penyediaan produk berkualitas kepada investor.

Liputan6.com, Jakarta - Bibit id dan Citibank N.A., Indonesia (Citi Indonesia) berkomitmen untuk melanjutkan kemitraan strategisnya dengan memperluas akses layanan wealth management bagi investor di seluruh Indonesia. 

Melalui kemitraan ini, kedua belah pihak menunjukkan komitmennya dalam upaya percepatan agenda inklusi keuangan Pemerintah Indonesia, dengan menyediakan produk investasi berkualitas kepada seluruh investor ritel dan institusi.

CEO dan Co-founder Bibit Sigit Kouwagam mengatakan, sejak didirikan pada awal 2019, Bibit telah berhasil memperluas akses berinvestasi di pasar modal melalui inovasi dan teknologi. Dengan dukungan mitra strategis Bibit, layanan wealth management kini tersedia dan terjangkau bagi investor di lebih dari 500 kota di Indonesia. 

Sigit juga menegaskan, kerja sama dengan Citi Indonesia telah dimulai sejak Bibit pertama kali memperkenalkan reksa dana ke investor ritel, dan sejak saat itu Citi Indonesia telah menjadi Bank Kustodian yang andal untuk produk Reksa Dana dari Manajer Investasi, yang berperan penting dalam mendukung visi Bibit.

"Bibit telah melayani lebih dari 5 juta investor di Indonesia. Bibit bersama dengan Citi terus berinovasi meningkatkan layanan kapasitas teknologi sehingga dapat menghadirkan pengalaman investasi yang mudah, aman, dan seamless," kata Sigit dalam konferensi pers, Kamis (20/7/2023).

Dia juga mengucapkan terima kasih atas kolaborasi Bibit dengan Citi Indonesia, sebuah institusi global terkemuka di dunia, yang mana mampu mendukung komitmen kami terhadap inklusi keuangan dan penyediaan investasi yang berkualitas di Indonesia. 

"Kami berharap dapat terus menjalin kemitraan yang lebih strategis dengan Citi Indonesia di masa mendatang," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dongkrak Partisipasi Masyarakat untuk Investasi

CEO Citi Indonesia Batara Sianturi mengatakan, pihaknya sepakat kemitraan antara Bibit dan Citi Indonesia merupakan komitmen bersama untuk meningkatkan pemahaman dan partisipasi masyarakat luas akan investasi di pasar modal, sehingga dapat mendorong inklusi keuangan di Tanah Air.

"Sebagai bank global yang menyediakan produk dan jasa keuangan yang komprehensif, kami terus berupaya untuk memberikan akses yang mudah, transparan dan lebih mendalam ke pasar modal," ujar dia.

Pertumbuhan ekonomi suatu negara memiliki korelasi positif dengan pertumbuhan kinerja pasar modal. 

"Sehingga penting bagi kami untuk menunjang pertumbuhan investor ritel di pasar modal Indonesia melalui kolaborasi yang berkesinambungan dengan berbagai pihak, salah satunya dengan Bibit.id," tutur dia.

Data dari Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) menyebutkan pada 2020 jumlah investor di pasar modal tercatat 3,88 juta, dan melonjak menjadi 10,31 juta pada 2022. Hingga Juni 2023, jumlah investor di pasar modal mencapai 11,22 juta, naik 8,6 persen dari akhir tahun lalu.

"Kami percaya bahwa peningkatan jumlah investor retail dapat berdampak positif pada peningkatan inklusi keuangan di Indonesia. Dan pencapaian inklusi keuangan akan menjadi lebih efisien jika dilakukan secara bersama-sama sehingga tujuan untuk memperluas akses masyarakat ke sektor jasa keuangan dapat dilakukan dengan lebih optimal," kata Batara.

Hal tersebut juga sesuai dengan arahan strategis dari OJK untuk mencapai inklusi keuangan sebesar 90 persen pada 2024 melalui program Strategi Nasional Keuangan Inklusif.

3 dari 3 halaman

Bakal Layani Lebih Banyak Investor

Terbaru, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga mengeluarkan Roadmap Pasar Modal Indonesia 2023-2027 dan menargetkan jumlah investor mencapai >20 juta Single Investor Identification (SID) pada 2027. Hal ini diproyeksikan akan mendorong permintaan terhadap produk dan layanan keuangan di lanskap pasar modal di Tanah Air.

Di Indonesia, Citi adalah satu-satunya bank asing yang memiliki platform "Global Markets" yang terintegrasi penuh dan menawarkan solusi global untuk seluruh tarif, mata uang. komoditas, kredit, hybrid, layanan advisory, serta pembukaan dan distribusi pasar modal. 

Sebagai bank global, Citi Indonesia memiliki tim produk yang kuat dengan keahlian lokal yang mendalam dan salah satu bank dengan akses ke produk Pasar Modal Global yang berpengalaman di Indonesia untuk menciptakan inovasi, menyediakan layanan solusi kelas dunia dan berpusat pada klien, serta manajemen perubahan peraturan.

Hingga saat ini, kehadiran Bibit dalam lanskap manajemen kekayaan juga telah membantu investor mendiversifikasi portofolio investasi mereka di berbagai kelas aset, termasuk reksadana, obligasi pemerintah primer dan sekunder seperti Obligasi Negara Ritel (ORI). Savings Bond Ritel (SBR), Sukuk Tabungan (ST), Sukuk Ritel (SR), Project Based Sukuk (PBS), Fixed Rate (FR), dan saham.

Dengan kemitraan berkelanjutan dengan Citi Indonesia, Sigit yakin kedua pihak dapat melayani lebih banyak investor di pasar keuangan Indonesia yang dinamis.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.