Sukses

Astra Hemat Biaya Operasional Rp 127 Miliar Melalui Astra Green Energy

Grup Astra juga gelar kampanye dan aksi lingkungan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap isu lingkungan selain mitigasi dan adaptasi dampak perubahan iklim.

Liputan6.com, Jakarta - Grup Astra menghemat biaya operasional Rp 127 miliar dengan total penurunan gas rumah kaca sebesar 235.000 ton CO2eq.

Hal ini salah satu kontribusi keberlanjutan untuk lingkungan. Hal ini seiring mitigasi dan adaptasi dampak perubahan iklim, Astra berupaya menurunkan emisi gas rumah kaca melalui program Astra Green Energy, terpasang panel surya dengan total kapasitas 10.9 MWp, dan berhasil menurunkan penggunaan energi sebesar 1.800 Terajoule.

"Jika dirupiahkan, penghematan biaya operasional senilai Rp 127 miliar dengan total penurunan gas rumah kaca sebesar 235.000 ton CO2eq,” ujar Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk, Boy Kelana Soebroto, dikutip dari keterangan tertulis, Senin (26/6/2023).

Selain mitigasi dan adaptasi dampak perubahan iklim, grup Asrta juga gelar kampanye dan aksi lingkungan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap isu lingkungan sebagai kontribusi keberlanjutan untuk lingkungan pada 2022.

Astra juga melakukan penanaman pohon sebanyak 388.631 terdiri dari tanaman keras, mangrove, dan buah langka. Di sisi lain, penanaman pohon dan konservasi dalam upaya mitigasi perubahan iklim, dilakukan melalui skema terpadu dalam Program Carbon Offset.

Untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam mitigasi perubahan iklim, Astra turut melakukan pembinaan di 170 Kampung Berseri Astra dengan 78 di antaranya merupakan kampung berpredikat Proklim.

Selain melakukan pembinaan berbasis wilayah, Astra juga melakukan pembinaan lain dengan membentuk Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia. Hingga saat ini, telah terbentuk 26 HPAI yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia yang terdiri dari 390 penggiat Adiwiyata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Festival Lingkungan Astra 2023

Astra menyelenggarakan Festival Lingkungan Astra 2023 bertajuk Jaga Bumi, Jamin Masa Depan pada Minggu, 25 Juni 2023, sebagai salah satu wujud kepedulian terhadap pelestarian lingkungan di Kampung Berseri Astra (KBA) Rempoah, Banyumas, Jawa Tengah.

Hadir dalam acara ini Direktur Pengembangan Usaha Perhutanan Sosial, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Catur Endah Prasetiani, Bupati Kabupaten Banyumas Ir. Achmad Husein, serta Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

“Secara khusus kami memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Astra yang telah menginisiasi rangkaian Festival Lingkungan Astra 2023 sebagai bukti kepedulian dalam melaksanakan tugas pembangunan kehutanan sosial dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kami mengharapkan komitmen ini dijaga keberlanjutannya, serta dapat menghasilkan inovasi guna mendukung pengelolaan perhutanan sosial,” ujar Direktur Pengembangan Usaha Perhutanan Sosial, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Catur Endah Prasetiani.

 Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah menuturkan, Astra secara konsisten menyelenggarakan Festival Lingkungan Astra sejak tahun 2018, dengan harapan dapat mengajak seluruh generasi untuk sadar dan peduli terhadap isu-isu lingkungan.

“Pelestarian bidang lingkungan menjadi salah satu fokus Astra berlandaskan prinsip-prinsip berkelanjutan yang selaras dengan nilai-nilai pada Sustainable Development Goals untuk dapat memberikan manfaat bagi bumi dan masa depan Indonesia,” ujar dia.

 

3 dari 3 halaman

Rangkaian Kegiatan Astra

Rangkaian kegiatan Festival Lingkungan Astra 2023 dilaksanakan sejak 24 — 25 Juni antara lain Jambore Adiwiyata Astra, diikuti oleh lebih dari 500 siswa Adiwiyata, Eco Amazing Race, dengan mengajak generasi muda untuk belajar pelestarian lingkungan seperti budi daya maggot, hidroponik, hingga konservasi energi melalui mikrohidro, penanaman pohon produktif secara simbolis dilakukan di lahan seluas 100 hektare di Kabupaten Banyumas.

Kemudian peresmian pemasangan panel surya untuk mendukung aktivitas di peternakan komunal KBA Rempoah. Pada kesempatan yang sama, Astra melakukan kegiatan Kick-Off Komitmen Sinergitas Desa Sejahtera Astra (DSA) bersama Pemerintahan Provinsi Jawa Tengah untuk kesejahteraan masyarakat sekitarnya.

Kontribusi Astra dalam pelestarian keberlanjutan lingkungan untuk hari ini dan masa depan Indonesia, sejalan dengan cita-cita Astra untuk Sejahtera Bersama Bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini