Sukses

Trivia Saham: Apa itu Hedge Fund? Kenali Contoh dan Jenisnya

Investasi dana lindung nilai sering dianggap sebagai pilihan investasi alternatif yang berisiko dan biasanya membutuhkan investasi minimum atau kekayaan bersih yang tinggi.

Liputan6.com, Jakarta Hedge fund adalah sistem pengelolaan dana investasi atau dana lindung nilai. Hedge fund secara umum juga dapat diartikan sebagai kemitraan terbatas yang terjalin antara investor dengan manajer keuangan profesional.

Hedge fund menggunakan strategi yang lebih berisiko, memanfaatkan aset, dan berinvestasi dalam derivatif. Daya tarik dana lindung nilai terletak pada reputasi manajer mereka di dunia tertutup investasi dana lindung nilai.

Investasi dana lindung nilai sering dianggap sebagai pilihan investasi alternatif yang berisiko dan biasanya membutuhkan investasi minimum atau kekayaan bersih yang tinggi.

Seorang investor di hedge fund umumnya dianggap sebagai investor terakreditasi, yang membutuhkan tingkat pendapatan atau aset minimum. Investor tipikal termasuk investor institusi, seperti dana pensiun, perusahaan asuransi, dan individu yang kaya.

Investasi dalam dana lindung nilai dianggap tidak likuid karena seringkali mengharuskan investor untuk menyimpan uang mereka di dana tersebut setidaknya selama satu tahun, waktu yang dikenal sebagai periode lock-up. Penarikan juga hanya dapat terjadi pada interval tertentu seperti kuartalan atau dua tahunan.

Melansir Investopedia, Sabtu (1/4/2023), berikut jenis-jenis hedge fund:

- Global Macro Hedge Funds

Yakni dana yang dikelola secara aktif yang berupaya mendapatkan keuntungan dari perubahan pasar yang luas yang disebabkan oleh peristiwa politik atau ekonomi.

- Equity Hedge Funds (Dana lindung nilai ekuitas)

Yakni suatu dana investasi yang dikelola oleh manajer keuangan dalam bentuk saham. Tujuannya adalah untuk melindungi nilai saham tersebut terhadap penurunan di pasar ekuitas atau indeks saham yang terlalu tinggi, baik dalam skala nasional maupun global.

- Nilai relatif dana lindung nilai (Relative Value Hedge Funds)

Yakni dana investasi yang dikelola oleh manajer keuangan dengan tujuan untuk mengambil keuntungan dari inefisiensi harga yang muncul akibat adanya perbedaan harga sekuritas dalam kurun waktu tertentu.

- Dana lindung nilai aktivis (Activist Hedge Funds)

Yakni dana investasi yang dipercayakan investor pada manajer keuangan dengan harapan mampu meningkatkan harga saham suatu perusahaan melalui berbagai aksi. Misalnya meminta perusahaan untuk memangkas pengeluaran atau biaya, melakukan restrukturisasi aset, atau bahkan mengubah jajaran dewan direksi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini