Sukses

Gantikan Silmy Karim, Purwono Widodo Resmi Jadi Dirut Krakatau Steel

RUPSLB Krakatau Steel mengangkat Purwono Widodo sebagai Direktur Utama Krakatau Steel (KRAS).

Liputan6.com, Jakarta - PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (KRAS) melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) pada Rabu, 18 Januari 2023. Dalam salah satu agenda RUPSLB tersebut, Krakatau Steel merombak susunan direksi dan komisaris.

Corporate Secretary Krakatau Steel, Pria Utama mengatakan, pada RUPSLB ini dibahas dua agenda rapat. Agenda pertama terkait laporan perkembangan transformasi bisnis dan pelaksanaan program inisiatif strategis lanjutan. 

Kemudian, agenda kedua yaitu persetujuan perubahan susunan pengurus Perseroan termasuk perubahan nomenklatur jabatan direksi Perseroan.

Dalam RUPSLB tersebut, Krakatau Steel juga mengangkat Purwono Widodo sebagai Direktur Utama menggantikan Silmy Karim yang awal Januari 2023 dilantik menjadi Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI. 

Perseroan juga mengangkat dua nama baru dalam jajaran direksi, yaitu Direktur SDM Sriyani Puspa Kinasih dan Direktur Pengembangan Usaha dan Portofolio Agus Nizar Vidiansyah. Dua direksi dengan nomenklatur baru yaitu Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko Tardi serta Direktur Infrastruktur dan Penunjang Bisnis Djoko Muljono.

Tak hanya itu, Perseroan juga mengangkat Komisaris Isfan Fajar Satryo dan Komisaris Independen Yudha Mediawan.

"Kami yakin dengan kepengurusan yang baru Krakatau Steel dapat terus meningkatkan kinerjanya dan membawa Krakatau Steel menjadi lebih baik lagi,” kata Pria dalam keterangan resminya, Rabu (18/1/2023).

RUPSLB ini juga dihadiri oleh Asisten Deputi Bidang Mineral & Batu Bara Kementerian BUMN RI Heri Purnomo mewakili pemerintah selaku Pemegang Saham Seri A Dwiwarna. 

Berikut ini adalah susunan komisaris dan direksi Krakatau Steel terbaru:

- Komisaris Utama : Suhanto

- Komisaris : Yudha Mediawan

- Komisaris : I Gusti Putu Suryawirawan

- Komisaris Independen : Isfan Fajar Satryo

- Komisaris Independen : David Pajung

- Komisaris Independen : Tjuk Agus Minahasa

 

- Direktur Utama : Purwono Widodo

- Direktur SDM : Sriyani Puspa Kinasih

- Direktur Keuangan & Manajemen Resiko : Tardi

- Direktur Komersial : Melati Sarnita

- Direktur Infrastruktur & Penunjang Bisnis : Djoko Muljono

- Direktur Pengembangan Usaha & Portofolio : Agus Nizar Vidiansyah

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Krakatau Steel Lepas Saham Anak Usaha Rp 3,2 Triliun kepada Chandra Asri

Sebelumnya, PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) melalui anak usahanya PT Krakatau Sarana Infrastruktur (KSI) melepas kepemilikan saham KSI di sektor listrik dan air kepada PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) senilai Rp 3,24 triliun.

Mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (3/1/2023), PT Krakatau Steel Tbk melalui anak usahanya PT Krakatau Sarana Infrastruktur (PT KSI) telah menandatangani perjanjian jual beli saham bersyarat atau conditional shares sales and purchase agreement/CSPA dengan Chandra Asri pada 30 Desember 2022. Kemudian diikuti penandatanganan perjanjian shareholders agreement (SHA) pada Selasa, 3 Januari 2023.

Kedua perjanjian tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama PT KSI Agus Nizar Vidiansyah dan Presiden Direktur Chandra Asri Erwin Ciputra yang disaksikan Direktur Utama PT Krakatau Steel Tbk Silmy Karim.

Manajemen Krakatau Steel menyatakan, penandatanganan CSPA dan SHA tersebut merupakan rangkaian dari proses divestasi saham PT KSI pada anak perusahaannya yaitu PT Krakatau Daya Listrik (PT KDL) dan PT Krakatau Tirta Industri (PT KTI)

 

3 dari 4 halaman

Pembelian Saham

Dalam CSPA disepakati rencana pembelian saham PT KSI di PT KDL oleh Chandra Asri sebesar 70 persen. Lalu saham PT KSI di PT KTI oleh Chandra Asri sebesar 49 persen senilai Rp 3,24 triliun.

"Proses divestasi ini dilakukan dengan didampingi oleh jaksa pengacara negara dari Tim Jamdatun dan konsultan independent untuk memastikan proses divestasi sesuai dengan tata kelola perusahaan yang baik,” ujar dia.

Agus mengatakan, pembelian saham tersebut akan dilakukan setelah masing-masing pihak baik PT KSI dan Chandra Asri telah memenuhi kondisi prasyarat sesuai dengan yang telah disepakai dalam CSPA.

"Sedangkan penandatanganan SHA adalah merupakan salah satu dari beberapa prasyarat yang perlu dipenuhi dalam CSPA, oleh karenanya SHA tersebut belum menjadi efektif saat ini dan baru akan efektif setelah seluruh prasyarat telah terpenuhi pada tanggal penutupan nanti,” kata Agus.

4 dari 4 halaman

Divestasi Anak Usaha

Agus mengatakan, proses divestasi anak usaha PT KSI dilakukan untuk keperluan pemenuhan kewajiban PT Krakatau Steel Tbk sesuai dengan perjanjian kredit restrukturisasi dengan kreditur. Selain itu juga untuk wujudkan sinergi bisnis antara Chandra Asri dan grup Krakatau Steel.

Presiden Direktur Chandra Asri, Erwin Ciputra menuturkan, Chandra Asri sangat antusias untuk mengeksekusi strategi “programmatic M&A” untuk memposisikan Chandra Asri pada pertumbuhan bisnis yang menguntungkan dan berkelanjutan.

Ia mengatakan, akuisisi “bolt-on” ini didukung dengan arus kas yang stabil dan tangguh serta dukungan dari bank untuk pendanaan Chandra Asri.

"Strategi ini semakin meningkatkan fundamental bisnis kami dan membuka banyak sinergi menarik, antara lain untuk diversifikasi pendapatan dalam utilitas pendukung serta selaras dengan rencana ekspansi kompleks petrokimia kedua dan industri hilir berskala dunia,” tutur Erwin.

Pada penutupan perdagangan Selasa 3 Januari 2023, saham KRAS melemah 0,61 persen ke posisi Rp 326 per saham. Saham KRAS dibuka stagnan Rp 328 per saham. Saham KRAS berada di level tertinggi Rp 332 dan terendah Rp 324 per saham. Total frekuensi perdagangan 739 kali dengan volume perdagangan 63.117 saham. Nilai transaksi Rp 2,1 miliar.

Saham TPIA melemah 1,59 persen ke posisi Rp 2.470 per saham. Saham TPIA dibuka turun 10 poin ke posisi Rp 2.500 per saham. Saham TPIA berada di level tertinggi Rp 2.510 dan terendah Rp 2.420 per saham. Total frekuensi perdagangan 1.503 kali dengan volume perdagangan 214.275 saham. Nilai transaksi Rp 59 miliar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.