Sukses

HM Sampoerna Hadirkan Produk Baru pada Akhir 2022

Investasi untuk fasilitas produksi yang mulai dibangun sejak 2021 ini dijadwalkan mulai beroperasi pada kuartal IV 2022.

Liputan6.com, Jakarta - PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk (HMSP) berkomitmen mendukung pemerintah dalam percepatan pemulihan perekonomian nasional melalui investasi jangka panjang yang berkelanjutan. Investasi yang dilakukan di Indonesia menunjukkan kepercayaan Sampoerna terhadap iklim investasi dan perekonomian Indonesia. 

"Kami berharap investasi yang berkelanjutan dapat menciptakan nilai tambah bagi perekonomian Indonesia, termasuk penciptaan lapangan pekerjaan yang baru. Selain itu, realisasi pembangunan fasilitas produksi untuk batang tembakau bagi IQOS dengan merek HEETS di Karawang senilai USD 166,1 juta berjalan sesuai rencana,” kata Presiden Direktur HM Sampoerna Vassilis Gkatzelis dalam keterangan resminya, Selasa (1/11/2022).

Seiring dengan investasi pembangunan fasilitas produksi HEETS yang akan menjadi pabrik ke 7 di seluruh dunia, HM Sampoerna juga berkomitmen untuk menciptakan nilai tambah ekonomi yang terdiri dari peningkatan kapasitas riset, pembelian pasokan tembakau lokal, pengoperasian pusat layanan digital, serta pemberdayaan mitra toko kelontong, dan pemberian pelatihan kewirausahaan bagi para pelaku UMKM di Indonesia.

Investasi untuk fasilitas produksi yang mulai dibangun sejak 2021 ini dijadwalkan mulai beroperasi pada kuartal IV 2022. Produksi tersebut untuk memenuhi permintaan domestik dan pasar ekspor di kawasan Asia Pasifik. Fasilitas produksi HEETS ini akan memperkuat kinerja ekspor Perseroan yang saat ini produknya telah menjangkau ke sekitar 40 destinasi di dunia. 

Tak hanya investasi, Sampoerna juga telah mengimplementasikan sejumlah inisiatif yang komprehensif di bawah payung program keberlanjutan Sampoerna Untuk Indonesia. Komitmen tersebut tercermin dari empat pilar keberlanjutan, yakni mendorong keunggulan operasional, mengelola dampak sosial, mengurangi jejak lingkungan, dan transformasi bisnis.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kembangkan UMKM

Pada pilar pertama, sebagai contoh, Perseroan telah memperkenalkan standar Praktik Pertanian yang Baik kepada sekitar 22.000 petani melalui perusahaan pemasok tembakau. 

Dalam mengelola dampak sosial, Sampoerna berkomitmen untuk mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia melalui Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) dan Sampoerna Retail Community (SRC). 

SETC telah memberikan pelatihan kewirausahaan kepada lebih dari 64.000 peserta di seluruh Indonesia, sementara SRC memiliki sekitar 200.000 anggota di seluruh Indonesia pada akhir September 2022. 

Sebagai upaya mengurangi dampak lingkungan, Sampoerna berkomitmen untuk untuk memastikan tidak ada limbah yang terbuang ke tempat pembuangan akhir (TPA) atau zero waste to landfill pada 2024 dan mencapai karbon netral pada 2025. 

Terakhir, di bawah pilar transformasi bisnis, Sampoerna berkomitmen untuk memberikan alternatif produk yang lebih baik bagi perokok dewasa. 

Sebagai perusahaan tembakau terkemuka, Sampoerna terus berinovasi dan mengembangkan produk‐produk yang tidak melalui proses pembakaran dan terbukti secara ilmiah merupakan pilihan yang lebih baik bagi perokok dewasa yang ingin terus mengonsumsi produk tembakau.

 

3 dari 4 halaman

Strategi HM Sampoerna Kerek Pertumbuhan Kinerja

Sebelumnya, PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) membukukan kinerja keuangan beragam sepanjang sembilan bulan pertama 2022. HMSP meraup penjualan bersih Rp 83,39 triliun hingga September 2022. Penjualan bersih naik 15 persen dari periode sama tahun sebelumnya Rp 72,51 triliun.

Beban pokok penjualan tercatat naik 18,58 persen menjadi Rp 70,89 triliun hingga September 2022. Pada periode sama tahun sebelumnya Rp 59,78 triliun. Laba kotor tercatat Rp 12,50 triliun hingga kuartal III 2022. Laba kotor tersebut turun 1,8 persen dari periode sama tahun sebelumnya Rp 12,73 triliun.

Sementara itu, Presiden Direktur HMSP Vassilis Gkatzelis menuturkan, terdapat tiga faktor utama yang mempengaruhi profitabilitas perseroan.

"Yang pertama adalah double digit atau dua angka tarif cukai yang di atas inflasi, kemudian yang kedua adalah lebarnya tarif cukai antara golongan 1 dan golongan 2 dan 3 dan juga ini ditambah lagi dengan purchasing power atau kemampuan konsumen yang mengakibatkan adanya down trading," kata Vassilis dalam paparan publik HMSP, Selasa (31/10/2022).

Menurut ia, saat ini pihaknya melihat ada jarak cukai yang sekitar 40 persen antara golongan 1 dan 2. Hal tersebut tentunya telah mengakibatkan dampak terhadap profitabilitas industri khususnya di golongan 1 dan Sampoerna adalah salah satu yang terdampak.

 

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

Dengan demikian, HM Sampoerna berupaya menciptakan nilai bagi semua pelaku kepentingan.

"Apa yang telah kami lakukan? Pertama adalah kami terus berusaha untuk menciptakan value untuk semua pelaku kepentingan, apply Sampoerna untuk tetap terlihat kuat dan recovery dari tahun ke tahun terlihat, dengan 7,9 persen pertumbuhan dan 15 persen pertumbuhan pendapatan," kata dia.

Dia menambahkan, HM Sampoerna melihat profitabilitas masih terlihat adanya penurunan. Namun, dari sisi perbandingan dari kuartal per kuartal sudah ada  perbaikan.

"Walaupun ketika kita melihat profitabilitas masih terlihat adanya penurunan, tapi dari sisi perbandingan dari kuartal per kuartal kita sudah melihat perbaikan dan dari sini kita sudah bisa melihat bahwa kita harapkan dengan adanya sustainable, jadi kinerja tarif cukai itu bisa dijaga," ujar dia.

Perseroan juga membantu pemerintah dalam mencapai tujuan dalam pemulihan ekonomi, kesehatan masyarakat, ketenagakerjaan, dan pemasukan negara.

"Dengan ini bisa membantu pemerintah dalam mencapai tujuan dalam pemulihan ekonomi, kesehatan masyarakat, ketenagakerjaan, dan pemasukan negara," imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.