Sukses

Sederet Ucapan HUT ke-77 RI dari Pelaku Pasar Modal

Liputan6.com, Jakarta - Seluruh masyarakat Indonesia tengah merayakan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia atau HUT ke-77 RI, Rabu (17/08/2022). Perayaan HUT RI tahun ini sedikit berbeda karena Indonesia berada dalam masa pasca pandemi. 

Pemerintah juga telah menetapkan tema untuk tahun ini yaitu “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”. Dalam merayakan HUT ke-77 RI segenap perusahaan sekuritas pun turut memberikan ucapan HUT RI ke-77 melalui media sosial resminya.

Berikut ini kumpulan ucapan HUT ke-77 RI dari sejumlah perusahaan sekuritas.

BCA Sekuritas (@bca_sekuritas)

Hayo.. siapa yang kemarin menang lomba makan kerupuk?? Dirgahayu Republik Indonesia ke-77, bersama kita membangun dan memajukan bangsa Indonesia. Merdeka!

Indo Premier Sekuritas (@indopremier)

Bangkit dari sulitnya memenuhi kebutuhan karena keadaan. Bangkit dari sulitnya keadaan untuk memenuhi kebutuhan.Raih segala impian di masa depan dengan belajar keuangan. Bangga karya Indonesia. Dirgahayu ke 77 Indonesia. Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.

Mandiri Sekuritas (@mandiri_sekuritas)

Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-77. Bersama kobarkan semangat dalam percepatan pemulihan dan bangkit yang jauh lebih kuat!

Panin Sekuritas (@panin_sekuritas)

Selamat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77. Jayalah Indonesiaku, berkibarlah sang saka merah putih. Merdeka!

MNC Sekuritas (@mncsekuritas)

Merdeka - Merdeka!

Selamat hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77 ya MNCers! Tetap kobarkan dan jaga semangat kemerdekaan sebagai bentuk cinta kita kepada negeri kita Indonesia tercinta. Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat!

Sucor Sekuritas (@sucorsekuritas)

“Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat" mengandung harapan agar kita bisa merefleksikan nilai-nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika yang menjadi dasar negara.

Kita dituntun untuk pulih dengan cepat agar siap menghadapi tantangan global dan bangkit lebih kuat untuk Indonesia maju.

Selamat hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 tahun.

Walaupun market sedang sideways saat ini, Cumin berharap agar Cuan Troopers terus bersemangat menjadi pahlawan untuk ekonomi Indonesia, sehingga ekonomi kita bisa pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat!

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual saham. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

17 Agustus Juga Jadi Hari Kemerdekaan Negara Ini, Seperti Indonesia

Sebelumnya, hari ini, 17 Agustus Indonesia tengah memperingati HUT ke-77.

Ternyata bukan hanya Indonesia saja yang merayakan hari kemerdekaan pada 17 Agustus. Negara Afrika Bagian Tengah, Gabon juga turut memperingatinya di tanggal yang sama.

Mengutip sejumlah sumber, Rabu (17/8/2022), Hari kemerdekaan Gabon menjadi hari libur nasional yang jatuh setiap tahun pada tanggal 16 dan 17 Agustus. Gabon menandai tanggal ini sebagai hari terbebas dari kolonial Prancis pada 17 Agustus 1960.

Nama Gabon diawali dari Diego Cam, seorang pria kebangsaan Portugis yang menjelajahi wilayah tersebut pada akhir abad ke-15. Kemudian ia memberikan nama Gabon saat melihat muara Sungai Como sebagai gabão dari bahasa Portugis yang berarti "jubah". Lantaran bentuk muaranya menyerupai jubah.

Kemudian, setelah beberapa abad bangsa Prancis mulai menduduki Gabon tepat pada awal kesembilan belas. Prancis datang karena tertarik oleh perdagangan budak. Pada tahun 1839, penguasa lokal di wilayah pesisir menyerahkan kedaulatan kepada Prancis.

Kolonial Prancis Pierre Savorgnan de Brazza memimpin misi pertamanya ke daerah Gabon-Kongo pada tahun 1875 untuk meningkatkan kontrol Prancis dan mendirikan kota Franceville pada tahun 1880. Prancis secara resmi menduduki Gabon pada tahun 1885 dan pada tahun 1910, Gabon menjadi salah satu dari empat koloni Prancis Afrika Khatulistiwa.

 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Terbebas dari Penjajahan Prancis

Dikutip dari Official Holiday, selama Republik Prancis Keempat (1946–1958), Gabon menjadi wilayah kekuasaan di seberang laut yang memiliki sistem pemerintah sendiri namun masih dibawah Parlemen Prancis. Pada tahun 1958 pun Gabon memilih untuk menjadi republik otonom dalam Komunitas Prancis.

Mulai dari situ, Gabon perlahan memperoleh kemerdekaan pada 17 Agustus 1960 dan menjadi negara republik. Gabon bergabung dengan tiga wilayah lain dari Uni Khatulistiwa Prancis yang juga memperoleh kemerdekaannya di bulan yang sama.

Léon M'ba secara resmi menjadi presiden pertama Gabon yang terpilih pada tahun 1961. Setelah negara itu memperoleh kemerdekaan, Prancis membangun dinamika baru dengan Gabon yang sebagian didukung oleh kekayaan uranium negara Afrika Barat yang merupakan kunci program nuklir Prancis.

 

 

4 dari 4 halaman

19 Negara

Berikut ini daftar 19 negara dengan hari kemerdekaan bulan Agustus seperti Indonesia, dikutip dari situs um.fi, Rabu (17/8/2022):

1 Agustus Hari Kemerdekaan Benin

1 Agustus Yayasan Konfederasi Swiss (1291)

6 Agustus Hari Kemerdekaan Bolivia (1825)

6 Agustus Hari Kemerdekaan Jamaika

7 Agustus Pantai Gading9 Agustus Singapura (1965)

10 Agustus Proklamasi Kemerdekaan Ekuador (1809)

15 Agustus Kongo (Republik Kongo) HUT Kemerdekaan (1960)

15 Agustus Hari Kemerdekaan India (1947)

17 Agustus Proklamasi Kemerdekaan Indonesia (1945)

17 Agustus Gabon Proklamasi Kemerdekaan (1960)

19 Agustus Hari Kemerdekaan Afghanistan (1919)

20 Agustus Hungaria24 Agustus Hari Kemerdekaan Ukraina

25 Agustus Proklamasi Kemerdekaan Uruguay (1825)

27 Agustus Hari Kemerdekaan Moldova

31 Agustus Malaysia (1957)

31 Agustus Hari Kemerdekaan Trinidad dan Tobago (1962)

31 Agustus Hari Kemerdekaan Kirgistan

Sejumlah ucapan selamat HUT ke-77 RI dari negara sahabat pun mengalir. Beberapa di antaranya dari Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Menlu Amerika Serikat Antony Blinken.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS