Sukses

Strategi Moduit Genjot Nasabah Prioritas

Liputan6.com, Jakarta - PT Moduit Digital Indonesia selaku pemberi pelayanan private wealth management kepada nasabah High Net-Worth Individuals (HNWI), menargetkan nasabah prioritas bisa mencapai 5 persen dari total target 60 persen penambahan HNWI atau sekitar 250.000 orang.

Chief Business Officer Moduit Digital Indonesia, Stefanus Adi Utomo menuturkan, penambahan nasabah prioritas tersebut diiringi dengan sejumlah strategi  antara lain mengeluarkan produk saham, Surat Berharga Negara (SBN) dan juga robo advisor.

"Akhir tahun ini kita berencana akan meluncurkan produk baru yaitu saham dan juga kita mau meningkatkan robo advisor kita. Jadi robo advisor kita sudah ada tapi karena kita relatif baru, dan robo advisor ini bisa mengetahui behaviornya klien. Jadi semakin lama mereka menjadi nasabah kita jadi kita semakin tahu behaviornya mereka selain risk profile, tujuan investasinya. jadi kita bisa kasih rekomendasi yang lebih bagus. Ini yang lagi kita kembangkan robo advisor kita,”kata Stefanus kepada awak media, Rabu (3/8/2022).

Tak hanya itu, Moduit Digital Indonesia juga menargetkan untuk melengkapi modul atau produk, bahkan ingin memenuhi semua instrumen produk investasi.

"Dari 130 advisor bisa meningkat jumlah klien menjadi 20-25 nasabah lalu rata-rata penempatan nasabah juga meningkat jadi kita fasilitasi produk-produk. Kita juga melihat bulan ini akan dilaunching SBN017 dan kita melihat ini sudah bisa dibeli nasabah yang tanpa advisor. target kita tahun ini melengkapi modul atau produk, dimana sudah ada reksa dana, obligasi, dan kita ingin semua produk ada di kita,” ujar dia.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Minimal Investasi

Pengembangan Moduit Beyond dilatari oleh profil nasabah Moduit yang kebanyakan telah mempunyai pengalaman berinvestasi dan ingin lebih serius untuk berinvestasi. Hal ini berdasarkan rata-rata jumlah dana yang diinvestasikan melalui aplikasi Moduit yaitu Rp 1,2 miliar untuk nasabah-nasabah yang dibantu oleh Advisor dan Rp 50 juta untuk nasabah yang berinvestasi secara mandiri. 

Stefanus menyampaikan, dengan mencermati fakta tersebut, nasabah yang ingin menikmati layanan Moduit Beyond hanya mensyaratkan saldo minimal investasi Rp 1 miliar.

"Saat ini kita memiliki 130 advisor dan masing-masing advisor memiliki masing-masing sekitar 10-15 klien yang rata-rata investasinya sebesar Rp 1,2 miliar. Kalau bicara dari perbandingan antara yang pakai advisor dan investasi sendiri itu kalau dari jumlah nasabah itu 10 persen justru  dari yang advisor dan sisanya investasi sendiri atau mandiri,” ujar dia.

Dia menambahkan, jika dilihat dari besaran dana yang ditempatkan justru berbanding terbalik yang 90 persen dana investasinya dari yang advisor dan 10 persen itu dari nasabah mandiri. 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Fasilitas

Stefanus juga mengatakan, jika para nasabah sudah memenuhi syarat, akan mendapatkan fasilitas Beyond.

"Kalau nasabah-nasabahnya itu sudah memenuhi syarat tadi, di mana kita ada tiga segmen nasabah dan startnya mulai dari Rp 1 miliar dan jika ada nasabah yang tidak punya advisor atau mandiri di atas Rp 1 miliar itu juga ada. Jadi kita memberikan advisor sebagai fasilitas dari beyond tersebut. Kita melihat nasabah mandiri ini juga secara rata-rata dana yang ditempatkan ini cukup serius mereka karena rata-rata di atas 50 juta untuk menempatkannya. Jadi buat mereka yang sudah masuk kriteria atau pearingnya otomatis mereka akan mendapatkan fasilitas Beyond,” ujar dia.

Sedangkan, dari  dana yang diinvestasikan ini secara populasi paling banyak di reksadana dan paling banyak reksa dana saham dan pasar uang. Jadi, kalau dilihat dari profilnya cukup  berbeda dan produk KPD porsinya lumayan saat ini mungkin sudah sekitar diatas 10 persen dengan adanya layanan ini bisa meningkat. 

Sementara dalam memasarkan produk, saat ini Moduit telah memiliki lebih dari 100 advisor partner yang berlisensi OJK dan berpengalaman lebih dari 10 tahun di industri wealth management yang tersebar di kota-kota di Indonesia.

Baik kota-kota utama seperti Jakarta, Surabaya, Semarang, Bandung, Medan, maupun kota-kota pendukung antara lain Cirebon, Kediri, Samarinda, Bali dan Lampung. 

4 dari 4 halaman

Sediakan Robo Advisor

Bagi nasabah yang lebih muda atau tech savvy, biasanya ingin berinvestasi secara mandiri, Moduit juga menyediakan Robo Advisor.

Selain itu, Moduit Financial Advisor, Fenny Meiliana menyampaikan pengalaman para kliennya setelah menggunakan layanan Moduit. 

Dia menilai, Moduit tidak hanya menyediakan produk dan layanan seperti yang ada di institusi keuangan konvensional tapi juga mampu memberikan layanan yang tidak dapat diberikan oleh institusi keuangan konvensional dalam mencapai tujuan financial mereka. 

Disamping itu Moduit juga menyediakan sistem yang mendukung Moduit Advisor Partner dalam melayani nasabahnya, serta sistem monitoring yang mudah untuk diakses. 

"Moduit menyediakan infrastruktur, produk dan layanan yang memudahkan advisor untuk mencapai tujuan dan kebutuhan financial client," ujar Fenny.

Apresiasi dari advisor maupun nasabah membuat Moduit terpacu untuk terus melakukan inovasi dalam meningkatkan layanannya, terutama pada nasabah HNWI dengan mengembangkan Moduit Beyond. Ini merupakan layanan prioritas bagi nasabah yang punya kebutuhan lebih, dalam mengelola keuangannya. 

"Dengan kebutuhan yang lebih kompleks dan tentu dana yang lebih, kita melihat bahwa mereka tidak bisa dilayani secara biasa, tapi harus beyond that,” ujar Stefanus.