Sukses

Saham AXIO Melonjak 35 Persen pada Penutupan Perdagangan Sesi I

Pada penutupan perdagangan sesi pertama, saham AXIO melesat 35 persen menjadi Rp 189 per saham.

Liputan6.com, Jakarta - PT Tera Data Indonusa Tbk resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu, (20/7/2022) di papan pengembangan dengan kode saham AXIO.

Pada penutupan perdagangan sesi pertama, saham AXIO melesat 35 persen menjadi Rp 189 per saham. Pada pembukaan perdagangan, saham Tera Data Indonusa naik Rp 20 ke posisi Rp 160 per saham. Sebelumnya, harga IPO AXIO ditetapkan pada harga Rp 140 per saham.

Saham AXIO berada di level tertinggi Rp 189 dan terendah Rp 160 per saham. Total frekuensi perdagangan 5.503 kali dan volume perdagangan 749.397 saham. Nilai transaksi mencapai Rp 14 miliar.

Penguatan saham AXIO tersebut terjadi di tengah laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang melonjak 1,8 persen ke posisi 6.857,03. Indeks LQ45 melonjak 2,28 persen ke posisi 970,77. Pada sesi pertama, IHSG berada di level tertinggi 6.865,59 dan terendah 6.778,35.

Sebanyak 375 saham menguat dan 136 saham melemah. 161 saham diam di tempat. Total frekuensi perdagangan 766.507 kali dengan volume perdagangan 13,8 miliar saham. Nilai transaksi Rp 9,1 triliun.

Direktur Utama Tera Data Indonusa, Michael Sugiarto, mengatakan, dalam penawaran umum perdana saham atau Intitial Public Offering (IPO), perseroan melepas sejumlah 1.040.126.500 saham kepada publik dengan nominal Rp25 per saham.

Besaran saham yang ditawarkan setara dengan 17,81 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh. Dalam hajatan IPO ini, perseroan meraup dana segar sejumlah Rp145,617 miliar. Itu berarti harga IPO produsen laptop merek Axioo ini sebesar Rp140 per saham.

"Investor sangat antusias menyambut saham AXIO. Hal itu terlihat dari tingginya minat selama masa penawaran, sehingga mengalami kelebihan permintaan atau oversubscribed sebanyak 78 kali,” kata Michael dalam keterangan resminya, Rabu (20/7/2022).

Dia juga menuturkan, pada zaman modern seperti sekarang tentunya penggunaan teknologi dan internet sudah menjadi salah satu bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat pada umumnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengembangan Industri TIK

Sementara itu, kemajuan teknologi bisa dinikmati dari orang dewasa hingga anak kecil dan penyebarluasan informasi menjadi sangat mudah di zaman ini. Cukup dengan menggunakan teknologi internet, informasi dapat tersebar dan diakses oleh siapa pun di belahan dunia manapun.

“Sekarang ini, penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam industri sudah menjadi suatu keharusan bila ingin berkembang. Industri TIK menjadi industri pilihan bagi para investor dalam berinvestasi,” katanya.

Michael menambahkan, sebagai salah satu perusahaan IT terkemuka di Indonesia dengan brand laptop unggulan yaitu Axioo mencermati kondisi kebutuhan akan talenta muda berkompeten di Indonesia. Program ini menjadi sebuah wadah yang mumpuni bagi siswa/i yang ingin mengasah kemampuan menjadi seorang teknopreneur. 

 Peran teknologi dalam kehidupan sehari-hari tidak dapat dilepaskan. Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, AXIO terus berusaha menghadirkan aksi nyata bagi pelajar.

Perseroan memiliki kinerja keuangan yang sangat baik dan potensial secara industrinya, bersamaan dengan prospek usaha AXIO yang sangat cerah dengan bridging the world technology gap through Innovative−Yet−Affordable (IYA) solutions.

 

3 dari 4 halaman

Kinerja Perseroan

Dari sisi kinerja, AXIO menunjukkan kinerja keuangan yang baik dan bertumbuh positif secara konsisten. Ini tercermin pada laporan laba rugi. 

Pada kinerja 2021, AXIO berhasil mencatatkan kenaikan laba bruto sebesar 400 persen menjadi Rp264 miliar. Alhasil laba bersih tahun berjalan berhasil mengalami kenaikan sebesar 1.056 persen year-on-year menjadi Rp135 miliar.

Kemudian, pada 2020 dan 2021, terjadi peningkatan permintaan akan produk Teknologi Informasi (TI), khususnya notebook dan laptop. Kondisi ini turut meningkatkan bisnis notebook dan laptop AXIO di Indonesia karena adanya new normal, dampak dari COVID-19.

Pada periode 31 Desember 2021, tercatat rasio pertumbuhan dan juga rasio profitabilitas membukukan kinerja positif, termasuk pendapatan, Net Profit Margin (NPM) hingga Return on Asset (ROA) dan Return on Equity (ROE), bersamaan dengan rasio solvabilitas yang sangat sehat.

Ini terlihat pada Debt to Asset (DAR) hanya sebesar 0,62 kali. Hal ini mencerminkan AXIO memiliki kinerja yang sehat.

 

 

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

Pada kinerja tahun penuh dari 2019, 2020-2021, AXIO secara konsisten membukukan peningkatan kinerja pendapatan dan penjualan yang bertumbuh.

Dalam perhelatan PUP saham ini, AXIO menunjuk PT CIMB Niaga Sekuritas dan PT BNI Sekuritas sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek (underwrited). AXIO telah mendapatkan izin efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 13 Juli 2022.

Tak hanya itu, AXIO juga memiliki strategi yang mengedepankan keberlanjutan usaha secara jangka panjang dan strategi memenuhi kepuasan pelanggan.

"Perusahaan kami teringrasi secara vertical dimana peran daripada principal sampai dengan Master Dealer (atau Sub Distibutor) dilakukan oleh satu entitas," ungkap Michael.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.