Sukses

Volume Buyback Saham Perusahaan AS Cetak Rekor

Berdasarkan data Goldman Sachs, rekor buyback saham tembus USD 319 miliar atau sekitar Rp 4.581 triliun pada 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan Amerika Serikat (AS) bergegas untuk membeli kembali sejumlah besar saham untuk mengambil keuntungan dari volatilitas pasar saham baru-baru ini dan meyakinkan investor karena pertumbuhan melambat.

Melansir Yahoo Finance, rekor buyback saham senilai USD 319 miliar atau sekitar Rp 4.581 triliun (asumsi kurs Rp 14.361 per dolar AS) telah disahkan tahun ini, menurut data Goldman Sachs, dengan meningkatnya jumlah perusahaan yang menggunakan kesepakatan dipercepat untuk membeli volume secepat mungkin sementara harga saham tertekan. Ada USD 267 miliar dalam buyback saham pada 2021.

Bahkan perusahaan yang baru-baru ini terdaftar, yang secara tradisional membelanjakan uang tunai untuk mendorong pertumbuhan daripada mengembalikan kelebihan kepada pemegang saham, telah bergabung dengan tren setelah penurunan tajam harga saham mereka membuat buyback lebih menarik.

"Luasnya kelompok industri yang berbeda membeli saham adalah yang tertinggi yang pernah kami lihat dalam beberapa tahun, dan volume telah meningkat,” kata Kepala ekuitas terstruktur Goldman Sachs, Michael Voris, dikutip dari Yahoo Finance, Selasa (29/3/2022). 

"Itu lebih karena latar belakang pasar dibandingkan dengan hal lain,” lanjutnya. 

Tim manajemen menggunakan buyback saham untuk menopang permintaan saham dan meningkatkan profitabilitas berdasarkan pendapatan per saham dengan mengurangi jumlah saham yang beredar.

Rata-rata saham dalam indeks Russell 3000 yang berbasis luas telah kehilangan lebih dari 30 persen nilainya tahun ini, memungkinkan perusahaan yang percaya saham mereka dinilai terlalu rendah untuk membeli lebih banyak dengan harga yang sama. 

Sedangkan, pertumbuhan pendapatan juga diperkirakan melambat karena perusahaan berjuang melawan kenaikan inflasi dan masalah rantai pasokan, meningkatkan daya tarik buyback sebagai cara untuk dongkrak pendapatan.

"Bisnis buyback secara ironis cenderung meningkat dalam periode volatilitas karena ada downdraft sehingga orang-orang yang memiliki uang tunai melihat peluang mereka,” kata Co-head of equity capital market di Wells Fargo, Craig McCracken.

"Ini adalah tanda dari kekuatan yang mendasarinya, bahwa perusahaan mengharapkan hal-hal akan terus menjadi cukup positif sehingga mereka menggunakan uang tunai mereka untuk membeli kembali saham alih-alih menyimpannya di neraca,” ia menambahkan.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buyback Dipercepat

Selain peningkatan otorisasi, yang dapat memakan waktu beberapa tahun untuk dilaksanakan, perusahaan telah mengumumkan secara terbuka lebih dari USD 33 miliar dari apa yang disebut buyback saham yang dipercepat, menurut analisis pengajuan perusahaan yang disusun oleh Sentieo. ASR memungkinkan mereka untuk membeli kembali dalam jumlah besar dalam hitungan bulan.

"Buyback yang dipercepat mengirimkan sinyal kuat kepada pemegang saham karena uang tunai berkomitmen untuk membeli kembali saham di muka,” ungkap Voris dari Goldman.

Totalnya sudah hampir empat kali lebih tinggi dari jumlah yang dilaporkan pada kuartal pertama 2021 dan kemungkinan akan tumbuh lebih jauh karena perusahaan mulai melaporkan hasil kuartal pertama bulan depan.

ZipRecruiter, yang go public kurang dari setahun yang lalu melalui daftar langsung, mengatakan, "berinvestasi dalam ekuitas yang undervalued adalah pilihan yang menarik" karena mengumumkan ASR USD 50 juta minggu lalu. Saham perusahaan telah jatuh lebih dari seperempat dari puncaknya akhir tahun lalu.

Perusahaan lain yang baru-baru ini terdaftar, pemberi pinjaman fintech Upstart, memulai program buyback USD 400 juta hanya 14 bulan setelah penawaran umum perdana.

Lonjakan buyback telah memberikan titik terang yang langka untuk bisnis pasar modal ekuitas bank investasi, yang telah mengalami penurunan tajam dalam biaya karena perlambatan IPO dan kegiatan peningkatan modal lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.