Sukses

Bank Aladin Syariah Gandeng Google Cloud Genjot Inklusi Keuangan di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Aladin Syariah Tbk (BANK) sebagai bank syariah digital pertama di Indonesia bersama Google Cloud Indonesia bekerja sama untuk mendorong inklusi keuangan di Indonesia, khususnya melalui peranan teknologi.

Kolaborasi strategis ini juga dilakukan untuk mendukung Bank Aladin Syariah memajukan strategi dan menciptakan terobosan inovatif dalam layanan keuangan Syariah.

Chief Technology Officer (CTO) Bank Aladin Syariah, Budi Kusmiantoro menuturkan, kerja sama ini akan mencakup dan tidak terbatas pada layanan cloud, scalable infrastructure, data analytic, dan machine learning.

Tim internal Bank Aladin juga akan mendapatkan dukungan dan pelatihan yang kuat dari engineer Google Cloud secara global.

"Kami sangat senang, Bank Aladin dapat berkolaborasi jangka panjang dengan Google untuk kesuksesan kedua belah pihak yang berkesinambungan. Kerja sama pelatihan ini penting, karena akan membantu meningkatkan dan juga retain keterampilan talenta kita di Indonesia," ujar Budi dalam acara Seremoni Kerjasama dan Press Conference Bank Aladin Syariah dengan Google Cloud, Rabu (26/1/2022).

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tangkap Peluang Segmen UMKM

Dalam kesempatan yang sama, Country Director Google Cloud di Indonesia, Megawaty Khie mengungkapkan, Bank Aladin memiliki visi untuk menghadirkan solusi inovatif yang bermanfaat untuk segmen UMKM dan juga masyarakat luas. Segmen tersebut saat ini masih belum terjamah oleh perbankan secara optimal.

Padahal menurut dia, segmen-segmen tersebut memiliki peranan yang sangat penting bagi perekonomian Indonesia. Google pun dinilai memiliki visi yang sama untuk membawa kemajuan bagi mereka melalui peranan teknologi.

"Untuk itu kami sangat bangga dapat bermitra dengan Bank Aladin untuk mengembangkan solusi teknologi yang tepat guna sebagai bentuk nyata andil kami dalam mempercepat inklusi keuangan di Indonesia," ujar Megawaty.

Sementara itu, Presiden Direktur/CEO Bank Aladin Syariah, Dyota Marsudi mengatakan, kerja sama yang dilakukan Bank Aladin dengan berbagai pihak akan terus dilakukan untuk mewujudkan pemerataan keuangan di Indonesia, terutama melalui perbankan syariah.

Ia juga memberi sinyal tidak menutup kemungkinan akan ada sebuah sinkronisasi produk dari kerja sama yang dijalin.

Bank Aladin sebelumnya sudah mengumumkan kerja sama dengan beberapa pihak seperti Alfamart, Halodoc, Facebook hingga Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

"Bank Aladin sangat terbuka dengan kemungkinan kerja sama dengan pihak lainnya di tahun 2022 ini. Sedangkan apakah untuk sinkronisasi produk atau layanan yang dihasilkan dengan kolaborasi tersebut, mari teman-teman media untuk terus ikuti dan support Bank Aladin," pungkasnya.