Sukses

RUNS Akuisisi Solusi Kampus Indonesia Rp 9,73 Miliar

PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) akuisisi PT Solusi Kampus Indonesia (SKI) untuk menambah pendapatan perseroan.

Liputan6.com, Jakarta - PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) akuisisi PT Solusi Kampus Indonesia (SKI) senilai Rp 9,73 miliar. Angka tersebut mewakili 60,11 persen dari seluruh modal ditempatkan dan disetor dalam SKI. Akuisisi akan dilakukan RUNS dengan dua cara.

Pertama, yakni dengan pembelian atas 450 lembar saham milik para pemegang saham PT Solusi Kampus Indonesia. Rinciannya, milik PT Gamatechno Indonesia sebanyak 232 lembar saham, milik Awaludin Zakaria sebanyak 76 lembar saham, milik Nanang Ruswianto sebanyak 96 lembar saham serta milik H. Adityo Hidayat sebanyak 46 lembar saham. Harga dari seluruh transaksi ini sebesar Rp 4,08 miliar.

Kedua, yakni melalui pengambilan bagian atas 620 lembar saham baru yang akan diterbitkan oleh SKI dengan harga pengambilan bagian sebesar Rp 5,64 miliar.

Perseroan dan SKI memiliki kegiatan usaha yang sejenis. Yaitu dalam bidang jasa informasi dan komunikasi serta perdagangan piranti lunak, komputer dan perlengkapannya namun dengan pangsa pasarnya yang berbeda.

Perseroan memiliki pangsa pasar pada sektor bisnis (korporasi) sedangkan SKI memiliki pangsa pasar di sektor pendidikan. Maka dalam rangka menciptakan ekosistem digital link and match sektor bisnis dengan sektor pendidikan, perseroan dan SKI bersinergi melalui rencana transaksi berjalan ini guna memperluas basis pelanggan Perseroan maupun SKI.

"Adapun alasan dilakukannya rencana transaksi untuk menambah sumber recurring income baru Perseroan dari yang ada saat ini, menciptakan ekosistem digital baru (menghubungkan ekosistem bisnis (korporasi) dan ekosistem pendidikan) serta memperluas pangsa pasar,” dikutip dari prospektus dalam keterbukaan informasi Bursa, Selasa (25/1/2022).

Transaksi ini diharapkan akan memberikan keuntungan strategis bagi Perseroan. Dengan terlaksananya transaksi tersebut, SKI akan secara langsung menjadi anak perusahaan dari Perseroan.

Hal ini diharapkan akan membawa keuntungan strategis bagi Perseroan. Baik meningkatkan pendapatan Global Sukses Solusi, meningkatkan basis jumlah pengguna, serta mendapatkan peluang bisnis baru.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gerak Saham RUNS

Pada penutupan perdagangan Selasa, 25 Januari 2022, saham RUNS melemah 4,42 persen ke posisi Rp 216 per saham. Saham RUNS dibuka turun dua poin ke posisi Rp 224 per saham.

Saham RUNS berada di level tertinggi Rp 226 dan terendah Rp 216 per saham. Total frekuensi perdagangan 248 kali dengan volume perdagangan 6.530. Nilai transaksi Rp 142,7 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.