Sukses

BCA Kucurkan Fasilitas Pembiayaan UMKM kepada Modal Rakyat

Modal Rakyat akan menjadi jembatan antara BCA dengan UMKM yang membutuhkan permodalan bisnis.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Central Asia Tbk (BCA/BBCA) teken perjanjian kerja sama dengan PT Modal Rakyat Indonesia (Modal Rakyat) sebagai bentuk dukungannya untuk transformasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Dengan ditekennya perjanjian tersebut, UMKM bisa mendapat pinjaman maksimal sebesar Rp 2 miliar per debitur, dengan tenor pembiayaan maksimal selama tiga bulan. 

"Kerja sama ini akan dilakukan melalui fasilitas channeling pembiayaan dengan plafon per debitur sebesar maksimal Rp 2 miliar," kata Senior Vice President Commercial & SME Business BCA Elvriawati Tumewah melalui siaran persnya yang diterima Liputan6.com, dikutip Jumat (12/11/2021).

Modal Rakyat akan menjadi jembatan antara BCA dengan UMKM yang membutuhkan permodalan bisnis. Melalui kerja sama ini, BCA mengalokasikan limit kerja sama senilai Rp 20 miliar yang akan didistribusikan kepada UMKM yang sedang mengembangkan bisnis.  

Sebagai salah satu sendi utamaperekonomian di Indonesia, UMKM diharapkan bisa semakin kuat. Sehingga BCA ikut mendukung program Pemerintahdalam memberikan akses pembiayaan inklusif bagi pelaku UMKM melalui perjanjian kerjasama dengan Modal Rakyat. 

Penandatanganan kesepakatan kerja sama dilakukan oleh Senior Vice President Commercial & SME Business BCA Elvriawati Tumewah dan CEO Modal Rakyat Hendoko Kwik di Jakarta.

 

 

p>* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkuat Jaringan Bisnis

Kerja sama tersebut merupakan salah satu bentuk upaya BCA untuk memperluasjaringan bisnis dan jangkauan pembiayaan ke debitur UMKM dengan berkolaborasi dengan perusahaan fintech. BCA melihat hadirnya fintech berhasil membuka pintu baru bagi perkembangan bisnisnya di Indonesia.

"Sejalan dengan komitmen Pemerintah dimana inklusi keuangan adalahprioritas Indonesia, maka BCA sebagai institusi keuangan juga berkomitmenmendukungnya. Kami juga mencermati bahwa perkembangan bisnis di era digital saat ini semakin pesat sehingga muncul beragam fintech untuk memenuhi beragam kebutuhan masyarakat di Tanah Air,” kata Elvriawati.

Elvriawati menambahkan hingga Oktober 2021, BCA telah membukukan total Disbursement of Digital Partnership mencapai Rp 145,76 miliar melalui berbagai skema pembiayaan.

Sejumlah program yang mendukung digitalpartnership ini di antaranya BusinessPersonal Loan Direct, Business Personal Loan E-commerce dan Channeling Fintech.  

Modal Rakyat merupakan perusahaan berbasisteknologi finansial yang mempertemukan pendana dengan peminjam UMKM, memberikan solusi bagi UMKM yang ingin mendapatkan pinjaman dengan praktis, cepat, dan mudah.

Modal Rakyat telah melakukan pendanaan sejak 2018 danhingga saat ini mencatatkan sudah menyalurkan pinjaman lebih dari Rp 2 triliununtuk seluruh program pinjaman.

“Kami berharap transformasi UMKM akan semakin kuat melalui adanyakerjasama strategis BCA dan Modal Rakyat ini. BCA akan terus berupayadalam memberikan akses pembiayaan inklusif kepada pengusaha UMKM sehingga BCA dapat mendukung transformasi ekonomi UMKM di Indonesia,” kata Elvriawati.

 

 

Reporter: Elizabeth Brahmana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.