Sukses

Medco Energi Internasional Bakal Terbitkan Obligasi Rp 11,61 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) berencana menerbitkan obligasi global (global bond) senilai USD 800 juta atau sekitar Rp 11,61 triliun (kurs (Rp 14.510 per USD).

Total nilai surat utang tersebut melebihi 50 persen dari total ekuitas Medco Energi Internasional. "Perseroan, melalui Penerbit atau secara langsung, bermaksud untuk menerbitkan dan menawarkan Surat Utang sebanyak-banyaknya USD 800 juta kepada investor di luar wilayah Indonesia dengan tunduk pada Rule 144A dan atau Regulation S berdasarkan United States Securities Act 1933,” ungkap manajemen Perseroan, seperti dikutip dalam keterbukaan informasi BEI, Kamis (22/7/2021).

Penerbitan obligasi ini mempertimbangkan ada perkembangan harga minyak dan gas bumi di masa yang akan datang. Perseroan berharap agar penerbitan surat utang dapat menjaga likuiditas dan posisi kas Perseroan serta menambah portfolio Perseroan.

Transaksi penerbitan obligasi merupakan salah satu dari beberapa opsi pembiayaan Perseroan yang rencananya akan digunakan belanja modal Perseroan atau anak perusahaan Perseroan. Termasuk untuk akuisisi perusahaan lain yang sejalan dengan kegiatan usaha Perseroan maupun anak perusahaan Perseroan saat ini.

Selain itu, juga akan digunakan untuk melunasi utang Medco Energi Internasional. Serta diharapkan memperpanjang profil jatuh tempo Perseroan dan dengan skema pembayaran surat utang pada akhir jatuh tempo (bullet payment), menjadikan Perseroan dapat menjaga likuiditasnya.

"Di satu sisi, rencana penerbitan surat utang akan menyebabkan peningkatan beban bunga Perseroan. Di sisi lain, rencana Penerbitan Surat Utang akan memperpanjang profil jatuh tempo utang Perseroan. Dengan jangka waktu jatuh tempo yang lebih panjang, Rencana Transaksi diharapkan dapat menjaga likuiditas dan posisi kas Perseroan di tahun mendatang,” tulis manajemen Perseroan.

2 dari 3 halaman

Gelar RUPS

Rencana penerbitan surat utang ini akan minta restu kepada pemegang saham Perseroan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) MEDC yang akan digelar 26 Agustus 2021.

Pada penutupan perdagangan Kamis, 22 Juli 2021, sesi pertama, saham MEDC naik 1,89 persen ke posisi Rp 540 per saham. Saham MEDC berada di level tertinggi Rp 555 dan terendah Rp 540 per saham. Total frekuensi perdagangan 2.715 kali dengan volume perdagangan 378.736. Nilai transaksi Rp 20,7 miliar.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini