Sukses

Geger BTS Meal, Begini Sejarah McD hingga Sukses Gaet Gen Z

Liputan6.com, Jakarta - Restoran siap saji, McDonald's diserbu ‘ARMY’, sebutan untuk penggemar boyband asal Korea BTS pada Rabu, 9 Juni 2021. Hal itu menyusul diluncurkannya produk terbaru buah kolaborasi McD dengan BTS, yaitu BTS Meal yang tersedia secara terbatas.

Sepaket menu BTS Meal berisi sembilan potong nugget ayam, french fries ukuran medium, minuman cola ukuran medium, dan dua saus spesial. Kedua saus yang terdiri dari cajun dan sweet chilli itu disebutnya merupakan saus kegemaran para anggota BTS. Paket ini dibanderol dengan harga di kisaran Rp 50 ribu.

Dalam suasana pandemi, pembelian produk tersebut tidak bisa dilakukan secara dine-in atau makan di tempat. Pembelian dilakukan melalui drive thru dan delivery order seperti Gofood, Grabfood, dan Shopeefood.

Alhasil, para driver dari layanan tersebut tampak mengular di gerai-gerai McD. Bahkan di beberapa gerai sempat dibubarkan oleh petugas karena kerumunan yang sudah membludak.

BTS Meal juga akan tersedia sampai persediaan habis. Associate Director of Marketing McDonald's Indonesia, Caroline Kurniadjaja memprediksi hal itu tidak akan terjadi dalam sehari saja.

Mungkin bisa seminggu, dua minggu, tiga minggu, tapi yang pasti sampai persediaan habis," kata Caroline, seperti dikutip, Kamis (10/6/2021). Tak hanya menu di McD. Kerja sama ini juga mencakup koleksi merchandise khusus BTS x McD yang dapat dipesan melalui Weverse Shop Indonesia.

Berikut sejumlah hal terkait kerja sama dengan sejumlah bintang hingga sejarah McD yang dirangkum pada Kamis, (10/6/2021).

2 dari 5 halaman

‘Travis Scott Meal’ Jadi Kemitraan Pertama McD dengan Superstar

Kolaborasi ini bukanlah yang pertama dilakukan McD. Dilansir dari berbagai sumber, sebelumnya McD diketahui menjalin kerja sama dengan rapper kenamaan, Travis Scott pada September lalu dengan menu yang dinamai ‘Travis Scott Meal’.

Kerja sama itu menjadi kolaborasi pertama McDonald's dengan seorang superstar sejak kemitraannya dengan Michael Jordan pada 1992.

Dihargai USD 6, menu 'Travis Scott Meal' terdiri dari burger khas McDonald's AS (yang berisi keju, bacon, dan selada segar), kentang goreng berukuran sedang dengan saus BBQ, dan Sprite.

Selain menambah menu makanan, pihak McDonald's juga mengatakan, Travis Scott dengan julukannya ‘Cactus Jack’ mendesain kaos custom untuk dikenakan para pegawai McDonald's selama masa promosi.

Hanya delapan hari setelah McDonald's memulai kolaborasinya dengan Travis Scott, Perusahaan melaporkan kekurangan bahan makanan yang terkait dengan promosi tersebut. Hasil kolaborasi itu disebut-sebut mendorong penjualan sebesar 4,6 persen.

Menyusul kesuksesan Travis, McD kembali menggandeng tokoh kenamaan J Balvin dengan menu yang terdiri dari Big Mac, kentang goreng, dan Oreo McFlurry. Sayangnya merchandise yang menyertai kolaborasi tersebut kemudian dibatalkan.

Manajemen McD menyadari, kolaborasi dengan artis dan pembuat konten menjadi sangat penting. Kesepakatan ini membantu merek terhubung dengan pelanggan Gen Z dan sering berakhir di media sosial hingga menjadi populer dan banyak dibicarakan.

 

3 dari 5 halaman

Sejarah McD hingga Jadi Perusahaan Publik

McDonald’s merupakan restoran cepat saji atau fast food terbesar di dunia yang diawali pada 1955 di California, Amerika Serikat. Dengan produk unggulan berupa Burger bernama Bigmac, McDonald’s hingga saat ini telah memiliki ribuan restoran yang tersebar di lebih dari 100 negara, salah satunya Indonesia. 

McDonald's bermula sebagai salah satu restoran pada 1940 dan telah menjadi pengecer layanan makanan global terkemuka di dunia. Dick dan Mac McDonald membuka McDonald's Bar-B-Q di San Bernardino, California, pada 1940. 

Delapan tahun berselang, pada 1948, McDonald's beroperasi sebagai pengecer layanan makanan drive-in swalayan. McDonald's memiliki lebih dari 700 restoran di seluruh Amerika Serikat pada 1965. 

Kemudian pada 1954, Ray Kroc, seorang pengusaha Amerika Serikat, bergabung dengan perusahaan dan membuka McDonald's pertamanya di Des Plaines, Illinois, pada 15 April 1955. 

Momentum itulah yang ditandai sebagai hari berdirinya McDonald’s. Dengan produk unggulan berupa Burger bernama Bigmac, McDonald’s hingga saat ini telah memiliki ribuan restoran yang tersebar di lebih dari 100 negara, salah satunya Indonesia. 

Pada perayaan 10 tahun berdirinya McDonald’s, Perusahaan memutuskan untuk menggelar penawaran saham publik pertamanya atau IPO dengan harga USD 22,50 per saham. Setelah hari pertama sebagai perusahaan publik pada 21 April 1965, sahamnya melonjak menjadi USD 30 per saham, membawa pemiliknya menjadi jutawan.

4 dari 5 halaman

McD Masuk Indonesia

McDonald’s pertama kali masuk ke Indonesia pada 1991 dengan membuka restoran pertamanya di Sarinah, Thamrin.

Pada 2009 PT Rekso Nasional Food (RNF) yang merupakan salah satu anak perusahaan dari Rekso Group menandatangani Master Franchise Agreement dengan McDonald’s International Property Company (MIPCO) yang memberikan izin untuk mengoperasikan semua restoran dengan brand McDonald’s dan membuka restoran baru di seluruh Indonesia. 

PT RNF telah membuka sekiranya lebih dari 200 gerai McDonald’s tersebar di berbagai kota di Indonesia yang didukung dengan lebih dari 14.000 karyawan di seluruh Indonesia. 

Rekso merupakan induk perusahaan dari beberapa perusahaan terkemuka di Indonesia antara lain Sinar Sosro, Rekso Nasional Food dan Gunung Slamat.

Rekso International adalah sebuah divisi di dalam Rekso yang bertanggung jawab atas pemasaran dan penjualan internasional produk-produk perusahaan yang beroperasi, demikian mengutip laman Rekso.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe
    Saham
  • BTS Meal adalah salah satu produk makanan McDonald's, yang merupakan hasil kolaborasi dengan grup K-Pop BTS.
    BTS Meal
  • BTS Meal adalah salah satu produk makanan McDonald's, yang merupakan hasil kolaborasi dengan grup K-Pop BTS.
    McD BTS Meal
  • McDonalds adalah perusahaan makanan cepat saji asal Amerika.
    McDonalds
  • McD
  • Push Notif