Sukses

Imbal Hasil Obligasi AS Naik Setelah Senat Sahkan Paket Stimulus COVID-19

Ambrose Crofton, ahli strategi pasar global di JPMorgan Asset Management mengatakan, lonjakan imbal hasil obligasi baru-baru ini telah menyebabkan "gangguan di pasar saham".

Liputan6.com, Jakarta - Imbal hasil (yield) Treasury atau obligasi AS bertenor 10 tahun diperdagangkan mendekati level 1,6 persen pada Senin pagi, setelah Senat mengesahkan bantuan ekonomi dan stimulus ekonomi penanganan COVID-19 senilai USD 1,9 triliun.

Hasil benchmark obligasi bertenor 10 tahun mencapai level tertinggi 1,613 persen dan terakhir diperdagangkan pada 1,598 persen. Sementara hasil obligasi bertenor 30 tahun naik menjadi 2,323 persen.

Dilansir dari CNBC, Selasa (9/3/2021), senator mengesahkan RUU stimulus melalui rekonsiliasi anggaran, sebuah proses yang tidak membutuhkan dukungan Republik kecuali setiap suara Demokrat.

Dewan yang dikuasai partai Demokrat bertujuan untuk mengesahkan RUU itu pada Selasa, dan mengirimkannya kepada Presiden Joe Biden untuk ditandatangani sebelum batas waktu 14 Maret untuk memperbarui program bantuan pengangguran. Biden mengatakan, warga Amerika akan mulai mendapatkan stimulus tersebut bulan ini.

Imbal hasil obligasi telah bergerak cepat lebih tinggi baru-baru ini di tengah ekspektasi pemulihan ekonomi dari pandemi dan kekhawatiran tentang kenaikan inflasi.

 

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lonjakan Imbal Hasil Sebabkan Gangguan di Pasar Saham

Ambrose Crofton, ahli strategi pasar global di JPMorgan Asset Management mengatakan, lonjakan imbal hasil obligasi baru-baru ini telah menyebabkan "gangguan di pasar saham".

Namun, Crofton mengatakan investor harus terhibur dari komentar yang dibuat oleh Ketua Federal Reserve Jerome Powell pekan lalu, yang menyatakan, "Jika pasar menjadi tidak teratur, maka tindakan akan diambil untuk mempertahankan kondisi keuangan yang menguntungkan dan menjaga ekonomi di jalur menuju lapangan kerja penuh.”

Powell mengatakan, pada konferensi Wall Street Journal pekan lalu, dia sangat memperhatikan pelajaran dari inflasi yang tak terkendali pada 1960-an dan 70-an, tetapi yakin situasi saat ini berbeda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Obligasi adalah surat pinjaman dengan bunga tertentu dari pemerintah yang dapat diperjualbelikan.

    obligasi

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Paket Stimulus COVID-19