Sukses

Viral Dicuitkan Elon Musk, Apa Itu Dogecoin?

Harga Dogecoin melonjak setelah ada unggahan Elon Musk di twitter.

Liputan6.com, Jakarta - Dogecoin mendadak populer gara-gara cuitan bos Tesla, Elon Musk di Twitter. akibat dari cuitannya itu, harga dogecoin melonjak menjadi USD 0,05798.

Melansir dari berbagai sumber, Jumat, (5/2/2021), Dogecoin merupakan salah satu uang kripto yang diinisiasi 2013 oleh Jackson Palmer dan Billy Markus.

Dogecoin diluncurkan pada 6 Desember 2013 menggunakan maskot anjing ras Jepang, Shiba Inu, yang kala itu ramai dijadikan meme. Mulanya, Jackson Palmer bermaksud menyindir kehebohan uang kripto saat itu. Setelah direspons positif, Palmer membeli domain dogecoin.com.

Sementara itu Billy Markus adalah developer software di IBM, Portland, Amerika yang ingin membuat uang digital, tapi kesulitan melakukan promosi. Dia lalu mengontak Palmer dan membuat software di balik Dogecoin.

Markus membuat coding dari Litecoin. Dogecoin diluncurkan pada 6 Desember 2013. Dalam 2 minggu, nilainya naik 300 persen akibat China melarang bank investasi di uang kripto.

Dogecoin semakin terkenal dan dikenal melalui donasi amal dan mengikuti atau melaksanakan berbagai macam kegiatan positif untuk masyarakat. Para fans Dogecoin menyebut diri mereka sendiri sebagai ‘Shibes’. Berikut sejumlah hal terkait Dogecoin:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Galang Dana untuk Tim Bobsled Jamaika

Pada 2014, komunitas Dogecoin berhasil menggalang dana sampai USD 50 ribu untuk membantu tim Bobsled Jamaika mengikuti Olimpiade musim dingin di Sochi.

3 dari 5 halaman

Membangun Sumur Air Bersih

Pada hari air sedunia, pada 22 Maret 2014, Shibes menggalang dana sebanyak USD 30 ribu untuk membangun sumur air bersih di Tana Valley, Kenya.

4 dari 5 halaman

Mensponsori NASCAR

Shibes berhasil menggalang dana sampai USD 55 ribu untuk mensponsori pembalas NASCAR (North-American Stock Car Auto Racing) bernama Josh Wise. Wise membalap dengan mobil bertema Dogecoin.

5 dari 5 halaman

Transaksi Dogecoin

Dilansir dari laman Dogecoin.com, dogecoin merupakan mata uang kripto yang dapat ditransaksikan dengan proses peer-to-peer tanpa pihak ketiga. Dogecoin bisa digunakan melalui dompet digital di komputer, smartphone, dan situs resmi Dogecoin.

Dogecoin bisa digunakan di berbagai macam sistem seperti Windows, Mac OS X, Linux, iOS, Android, dan Blackberry. Pengguna Dogecoin bisa berbelanja barang dan jasa bahkan bisa menukarnya ke mata uang lain. Dogecoin bisa ditukar ke Kripto atau pun ke mata uang tradisional lain seperti USD.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.