Sukses

Ingin Terbitkan Obligasi, Pemprov Kalsel Konsultasi ke BEI

Pemda perlu menggunakan obligasi daerah sebagai salah satu sumber pendanaan pembangunan.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia ([BEI](Kalsel "")) terus mendorong penggunaan obligasi daerah (municipal bond) untuk mendorong pembangunan yang dijalankan oleh pemerintah daerah (Pemda). Pemerintah Daerah yang sudah tertarik dan akan menerbitkan obligasi adalah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel).

Untuk melaksanakan rencana tersebut, Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Rudy Resnawan pagi ini mengunjungi BEI untuk melakukan pertemuan bisnis (business meeting) terkait manfaat obligasi daerah. Menurut Rudy, business meeting penting guna menyebarkan pentingnya dari suatu obligasi daerah.

"Kebetulan di Indonesia juga belum ada Pemda yang menerbitkan obligasi daerah. Peraturanya juga baru keluar sehingga kami belum tersosialisasi. Kami berbincang dengan Direktur Utama BEI dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait manfaat obligasi sebagai sumber pendanaan," ujarnya di Gedung [BEI](Kalsel ""), Jumat (15/2/2019).

Dia menjelaskan, Pemda perlu menggunakan obligasi daerah sebagai salah satu sumber pendanaan pembangunan. Lantaran, kemampuan untuk anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) sendiri terbilang terbatas.

"Tentunya akan kami pertimbangan untuk pemerintah kota yang ada di Kalsel untuk menggali dana karena kemampuan APBD terbatas sehingga memang bisa dipakai sebagai pendanaan pembangunan," ujarnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan Masyarakat

Sementara itu, Direktur Utama BEI Inarno Djayadi mengungkapkan, potensi investor lokal dan masyarakat daerah sendiri penting dalam mendukung pembangunan daerahnya masing-masing.

"Investasi itu kan butuh biaya yang luar biasa. APBD enggak kuat juga, nah salah satunya dengan obligasi daerah. Tentu potensinya luar biasa karena masyarakat bisa berpartisipasi membangun daerahnya," pungkas dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bursa Efek Indonesia atau BEI adalah salah satu tempat yang memperjualbelikan saham, obligasi, dan sebagainya di Indonesia.

    BEI

  • Obligasi adalah surat pinjaman dengan bunga tertentu dari pemerintah yang dapat diperjualbelikan.

    obligasi

  • kalsel