Sukses

Peringkat Perusahaan Sinar Mas Agro Resources Turun

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) mengganjar outlook peringkat perusahaan PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk stabil.

Liputan6.com, Jakarta PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menurunkan peringkat untuk PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (SMAR) menjadi idAA- dari idAA.

Mengutip dari keterangan yang diterbitkan, Senin (14/4/2014), peringkat itu juga berlaku untuk obligasi berkelanjutan I/2012 sebesar Rp 1 triliun. Outlook peringkat perusahaan perseroan adalah stabil.

Penurunan peringkat mencerminkan struktur permodalan yang lebih lemah sebagai akibat dari tambahan utang yang signifikan untuk kebutuhan modal kerja dan dividen payout ratio yang sangat tinggi.

Analis Pefindo, Mega Nugroho menuturkan, peringkat mencerminkan permintaan stabil untuk minyak sawit, profil perkebunan yang baik dengan kegiatan operasi terintegrasi, dan produk serta area yang terdiversifikasi dengan baik.

Peringkat dibatasi oleh struktur permodalan yang moderat dan eksposur terhadap fluktuasi harga komoditas global dan cuaca yang tidak menguntungkan.

Sebagai anak perusahaan dari Golden Agri-Resources Ltd, PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk terlibat dalam budidaya pohon kelapa sawit dengan luas area tanam termasuk 138.914 hektar 9ha) di Sumatera dan Kalimantan, pabrik kelapa sawit, penyulingan minyak kelapa sawit (CPO) hingga produk turunannya seperti minyak goreng, mentega, dan margarin.

Pada akhir 2013, pemegang saham perusahaan terdiri dari PT Purimas Sasmita sebesar 97,2% dan masyarakat sebesar 2,8%.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini