Sukses

Si Bonbon Sapi Kurban Jokowi di Bandar Lampung Disembelih, Jadi Tontonan Warga

Sapi milik Presiden Joko Widodo yang dijadikan sebagai bantuan hewan kurban di Kecamatan Sukarame, Kota Bandar Lampung disaksikan oleh puluhan warga. Penyembelihan hewan kurban hampir satu ton itu pun jadi tontonan warga.

Liputan6.com, Lampung - Si Bonbon, sapi kurban milik Presiden Joko Widodo disembelih di Masjid Al-Kautsar, Kelurahan Permata Biru, Kecamatan Sukarame, Kota Bandar Lampung. Penyembelihan hewan kurban seberat 920 kilogram ini pun menjadi tontonan warga.

Pantauan Liputan6.com di Masjid Al-Kautsar, puluhan warga setempat berantusias menyaksiakan penyembelihan hewan kurban milik orang nomor di Indonesia tersebut. Ada yang melihat dari dalam pagar masjid dan juga dari luar pagar.

Warga rela menanti sejak pagi hingga siang hari demi melihat wujud sapi berwarna hitam ini. Sejumlah panitia pun tampak sudah mempersiapkan peralatan penyembelihan sapi sejak pukul 07.30 WIB.

Heri, salah seorang panitia penyembelihan hewan kurban mengatakan, daging sapi berumur tiga tahun itu rencananya akan dibagi kepada warga di sekitar Masjid Al-Kautsar. 

"Alhamdulillah pemotongan sapi bantuan dari Pak Presiden berjalan lancar, engga ada kendala. Bonbon tadi diantar pagi-pagi, jadi kami di sini ikut mendampingi agar sapinya tidak stres melihat orang banyak karena bobotnya juga hampir satu ton jadi harus ekstra hati-hati," kata Heri, Senin(17/6/2024).

Menurut dia, sapi jenis Brangus tersebut sudah dicek kesehatannya dan dipastikan tidak ada penyakit. 

"Sudah memenuhi syarat minimal dua tahun usia sapi. Rencananya daging Bonbon akan digabung dengan daging sapi kurban lain yang kemudian akan dibagi dengan warga sekitar masjid dan warga Kelurahan Permata Biru," jelas dia.

Sementara itu, warga setempat Salda Andala mengatakan bahwa sengaja datang untuk melihat sapi kurban pemberian Joko Widodo. 

"Iya ini sengaja dateng sama istri selesai solat Idul Adha tadi, sekaligus mau lihat sapi dari Pak Jokowi yang beratnya hampir satu ton, awalnya karena penasaran mau nonton penyembelihan, sapinya seperti bateng besar sekali," kata Salda.

Sapi jenis Brangus bernama Bonbon milik Joko Widodo ini dibeli dari seorang peternak hewan di Kabupaten Lampung Selatan. Sapi yang diternak oleh Sigit Riyanto ini dihargai oleh Jokowi seharga Rp70 juta. Sebelum menjadi hewan kurban, Bonbon telah dirawat terlebih dahulu sehingga berbobot 920 kilogram.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini