Sukses

Catat, 6 Rekomendasi Tempat Makan Hotpot di Jakarta

Hotpot merupakan kuliner yang populer di negara Asia termasuk di Indoneisa. Berikut ini 6 rekomendasi tempat makan hotpot enak di Jakarta.

Liputan6.com, Bandung - Hotpot merupakan salah satu makanan yang populer di banyak negara Asia terutama di China, Jepang, Korea, dan Thailand. Makanan ini menjadi sajian kuliner yang mempunyai cukup banyak penggemar di tiap negara.

Bahkan, di berbagai negara terdapat nama yang berbeda-beda dari hotpot misalnya di Jepang dikenal dengan nama “Shabu-shabu” dan di Korea dikenal dengan nama “Jeongol”. Meskipun mempunyai variasi nama yang berbeda, penyajian makanan ini kurang lebih sama.

Hotpot terkenal dengan sajian sebuah panci besar berisi kaldu panas yang diletakkan di tengah meja. Kemudian para penikmatnya bisa memasak berbagai bahan makanan sendiri dan makanan tersebut masih dikonsumsi selagi hangat.

Melansir dari beberapa sumber, hotpot merupakan kuliner yang dipercaya sudah ada sejak lebih dari seribu tahun yang lalu di China. Konsep dasarnya berasal dari tradisi memasak bersama untuk memperkuat ikatan sosial dan keluarga.

Sebagai informasi, untuk menikmati hotpot biasanya menggunakan panci khusus yang dilengkapi dengan kompor di bawahnya. Kompor tersebut untuk membuat kaldu tetap mendidih dan kemudian para penikmatnya bisa memasukkan berbagai bahan mentah ke dalam.

Bahan-bahan yang digunakan hotpot bisa bervariasi, mulai dari irisan tipis daging sapi, ayam, atau daging lainnya. Kemudian terdapat sajian sayur, jamur, tahu, mi atau makanan laut untuk para pecinta makanan laut.

Saat ini, di Indonesia ada banyak tempat makan Hotpot yang sering dikunjungi bersama keluarga. Berikut ini adalah rangkuman tempat makan Hotpot enak yang bisa dikunjungi di kota Jakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Rekomendasi Tempat Makan Hotpot di Jakarta

1. Haidilao Hot Pot

Haidilao Hot Pot merupakan tempat makan yang cukup populer dan mempunyai banyak cabang di Indonesia. Tempat makannya dibuat nyaman untuk keluarga dan terdapat pilihan kuah sup yang disesuaikan dengan selera.

Diketahui Haidilao menyajikan beragam kuah seperti toyam, szechuan mala, laksa, dan lain-lain. Kemudian terdapat bahan makanan yang menarik seperti daging, ikan, dilengkapi dengan sayuran dan side dish lainnya.

Melansir dari media sosial Instagram Haidilao saat ini di Jakarta terdapat enam cabang yang bisa dikunjungi. Di antaranya di Gandaria City, Taman Anggrek, Grand Indonesia, PIK Avenue, Mall Of Indonesia, hingga Emporium Pluit.

2. Golden Hotpot & Grill

Golden Hotpot & Grill merupakan tempat makan hotpot yang memiliki beragam pilihan daging. Kemudian terdapat menu tambahan seperti tahu bakso, bakso ikan goreng, hingga long crab roll.

Tempat makan ini dikenal sebagai tempat makan hotpot dengan harga terjangkau dan memiliki banyak pengunjung. Selain hotpot, tempatnya juga menyajikan menu grill bagi pecinta daging panggang.

Melansir dari media sosialnya Golden Hotpot & Grill mempunyai sekitar 14 cabang di Indonesia. Di antaranya di Puri Indah Mall, AEON Mall Sentul City, Senayan City, hingga Tanjung Duren.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

3. Shabu Shiro

Shabu Shiro merupakan tempat hotpot yang cocok dikunjungi oleh penikmat masakan Jepang. Tempat ini memiliki menu premium hotpot set yang menyajikan daging premium yang nikmat dikonsumsi bersama kuahnya yang bervariasi.

Kemudian terdapat hidangan makanan laut seperti baby squid, salmon fish fillet, dan lain-lain. Melansir dari ulasan Google tempatnya memiliki rating 4.9 dari total 88 ulasan pengguna.

Lokasi Shabu Shiro ada di Jl. Cikajang No.78, Petogogan, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta dengan jam buka setiap hari pukul 11.00 hingga 23.00 WIB.

4. Dragon Hot Pot Indonesia

Tempat makan ini dikenal sebagai tempat hotpot nikmat dan sudah memiliki cabang di beberapa kota di Indonesia. Hidangan hotpotnya terkenal dengan kuah yang gurih dan terdapat tambahan rasa pedas yang bisa disesuaikan dengan selera.

Melansir dari media sosial Instagramnya Dragon Hot Pot juga memiliki paket menu personal hotpot untuk dinikmati sendirian. Kemudian di Jakarta sendiri terdapat enam cabang Dragon Hot Pot yang bisa dikunjungi.

Di antaranya cabang di Grand Indonesia, Lippo Mall Puri, Lippo Mall Kemang, Pondok Indah Mall 2, Central Park, dan PIK.

4 dari 4 halaman

Berikutnya

5. Shu Guo Yin Xiang

Shu Guo Yin Xiang merupakan tempat makan hotpot yang terkenal dengan menu tofunya. Diketahui tempat ini menyajikan sekitar delapan jenis menu tofu yang bisa dikombinasikan dengan kuah supnya.

Kemudian terdapat variasi sup nikmat yang bisa dipilih salah satunya kuah Pork Bone Soup atau Szechuan Mala Soup. Melansir dari media sosial Instagramnya tempat ini memiliki beberapa cabang di Jakarta.

Di antaranya Shu Guo Yin Xiang di Plaza Indonesia, Senayan City, Lokasari, Pantai Indah Kapuk, Pluit, dan Sunter.

6. Khubilai Khan

Khubilai Khan merupakan tempat hotpot menarik yang menyajikan cita rasa khas Mongolia. Tempatnya menyediakan banyak pilihan daging, sayur, hingga saus yang bisa dipadukan sesuai dengan selera.

Tempatnya juga menyajikan menu khas Mongolia lain seperti ayam goreng dan sayurannya. Kemudian melansir dari ulasan Google Khubilai Khan meraih rating 4.4 dari total 820 ulasan pengguna.

Lokasinya berada di Jl. Panjang No. 22 6, RT.6/RW.11, Kebon Jeruk, Kec. Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta dengan jam buka setiap hari pukul 11.00 hingga 22.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.