Sukses

Koalisi Demokrat-PPP-PAN Tasikmalaya Menangkan Cecep, Bakal Nggak Ada Lawan?

Dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partainya masing-masing sudah keluar surat tugas dan surat rekomendasi untuk mencari mitra koalisi.

Liputan6.com, Tasikmalaya - Partai Demokrat, PPP dan PAN Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, resmi berkoalisi guna memenangkan bakal calon bupati (Bacalon) Cecep Nurul Yakin, dalam konstelasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tasikmalaya 2024.  

“Dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partainya masing-masing sudah keluar surat tugas dan surat rekomendasi untuk mencari mitra koalisi,” ujar Cecep, di sela-sela deklarasi koalisi di Pondok Pesantren Miftahul Huda, Tasikmalaya, Senin (20/5/2024).

Menurutnya, komposisi kursi PPP, PAN dan Demokrat sebanyak 13 kursi di DPRD Tasikmalaya saat ini, dinilai cukup sebagai modal memenangkan dirinya dalam Pilkada Tasikmalaya 2024.

“Alhamdulillah, kami sudah lebih dari cukup, karena syarat minimal koalisi itu adalah 10 kursi atau 20 persen dari kursi di DPRD,” tandas dia.

Dengan terbentuknya kesepakatan koalisi, ketiga partai pengusung kini fokus mencari tandem bakal calon wakil bupati yang tepat buat dirinya, agar memenangi Pilkada Tasikmalaya 2024 di Kota Santri.

“Bisa dari PAN, bisa juga dari Demokrat, bisa juga dari partai lain, prinsipnya, asal satu visi, asal bisa berkolaborasi untuk memenangkan, mau bersama-sama berjuang dan berkeringat,” kata dia.

Namun meskipun demikian, Cecep Nurul Yakin yang saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Tasikmalaya itu, mengaku masih membuka diri termasuk komunikasi dengan partai lain, yang akan berniat gabung dalam koalisi pemenangan Pilkada Tasikmalaya 2024 itu.

“Harapan kami, lebih banyak sahabat yang berkoalisi akan lebih baik, karena perjuangan kami, tentu kami punya pengalaman di Pilkada 2020 lalu,” kata dia.

Dengan masa kampanye yang hanya dua bulan sejak pendaftaran, kehadiran mitra baru di koalisi cukup membantu dalam proses pemenangan dirinya dalam Pilkada Tasikmalaya 2024.

“Tasik ini luas sekali, 351 Desa, tentu dengan lebih banyak para sahabat (Koalisi), maka masyarakat di pelosok Kabupaten Tasikmalaya dapat kami jangkau dengan sangat mudah,” ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Restu Partai Pendukung

Untuk memenangkan Pilkada Tasikmalaya 2024, Cecep mengaku telah menemui Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan dan memberikan sinyal positif dukungan politik secara langsung.

“Pesan dari Bang Zul (Zulkifli Hasan), mintakan doanya supaya kami bisa memenangkan dengan sempurna tanpa mencederai satu yang lainnya,” kata dia.

Hal senada disampaikan Ketua DPD PAN Kabupaten Tasikmalaya, Asep Dzulfikri. Menurutnya keputusan berkoalisi memenangkan bacalon Cecep, karena adanya kesamaan visi dalam memajukan Kabupaten Tasikmalaya.

“Insyaa Allah kami berharap ada kemajuan dalam berbagai aspek di Kabupaten Tasikmalaya,” kata dia.

Ihwal bacalon wakil bupati yang akan disodorkan mendampingi Cecep, DPD PAN kabupaten Tasikmalaya telah melakukan penjaringan sejumlah kandidat.

“Nanti akan kami bahas siapa-siapanya, jadi tidak ada satu keputusan pun yang bersifat personal,” ujar dia menegaskan.

Tak hanya PAN, Cecep mengaku mendapatkan dukungan dari Ketua Badan Pemenangan Pemilu Demokrat. Komposisi 13 kursi parlemen dianggap cukup untuk memenangkan Pilkada Tasikmalaya 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.