Sukses

Perbasi: Perkembangan Basket 3x3 di Sumut Sangat Pesat

Perkembangan olahraga basket, khususnya 3x3 di Sumatera Utara (Sumut), terutama di Kota Medan, sudah berkembang pesat. Bahkan juga memiliki bibit-bibit atlet basket 3x3 berbakat dan sangat potensial menjadi atlet berprestasi.

Liputan6.com, Medan Perkembangan olahraga basket, khususnya 3x3 di Sumatera Utara (Sumut), terutama di Kota Medan, sudah berkembang pesat. Bahkan juga memiliki bibit-bibit atlet basket 3x3 berbakat dan sangat potensial menjadi atlet berprestasi.

Hal itu dikatakan Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) Bidang 3x3 dan Mini Basket, Jamin Mottotoran, di Lapangan Benteng Medan, Rabu (1/5/2024).

"Potensi ini harus bisa dimanfaatkan dengan sebaiknya, agar ke depan Sumatera Utara bisa menjadi salah satu daerah yang melahirkan pebasket andal, khususnya di kategori 3x3," kata Jamin.

Kepada Perbasi Sumut, Jamin meminta untuk lebih banyak menggelar kompetisi bakset kelompok umur, baik 5on5 maupun 3x3. Karena kompetisi menjadi salah satu dasar untuk mengasah kemampuan atlet, sehingga melahirkan atlet-atlet berkualitas.

"Sumatera Utara sudah menjadi salah satu daerah terbaik dalam pembinaan terhadap atlet. Pengprov Perbasi Sumut juga sudah lebih banyak menggelar berbagai kompetisi dibanding daerah lain," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kota Medan Tuan Rumah Turnamen

Banyaknya berbagai kompetisi bola basket yang digelar di Sumut, menjadi alasan Perbasi menggelar kejuaraan basket Mandiri 3X3 Indonesia Tournament 2024. Apalagi ini pertama kalinya  digelar di luar Jawa, dan menunjuk Kota Medan sebagai tuan rumah.

Kali ini, kejuaraan basket Mandiri 3X3 Indonesia Tournament 2024 Regional Sumatera digelar di GOR Veteran Medan, 27 hingga 28 April, dan partai final di Lapangan Benteng Medan pada 1 Mei 2024. Sebanyak 136 tim bersaing menjadi yang terbaik.

Mandiri 3X3 Indonesia Tournament tahun ini memasuki tahun ketiga. Pada 2 edisi sebelumnya, pelaksanaan terkonsentrasi di Pulau Jawa. Pada edisi tahun ketiga ini, pelaksanaan digelar di luar Jawa. Kota Medan dipilih untuk menjadi penyelenggara Regional Sumatera.

Ada 5 kategori yang dipertandingkan. Mulai Kategori Usia (KU) 12 Mix, KU 15 Putra, KU 18 Putra, serta KU 23 Putra dan Putri. Setiap kategori akan keluar tim terbaiknya di babak Regional Sumatera yang berlangsung pada 1 Mei 2024 di Lapangan Benteng, Medan.

"Ini tonggak awal bagaimana Perbasai Sumut menginventaris dan memantau atlet-atlet mereka, sehingga rangking pebasket Sumut semakin naik secara nasional, khsususnya di 3x3. Juga mendukung program kami memantau dan melahirkan atlet-atlet berbakat," Jamin menuturkan.

3 dari 4 halaman

Perbanyak Kejuaraan di Sumut

Ketua Umum Perbasi Sumut, Iwan Hartono Alam, sangat mengapresiasi ditunjuknya Kota Medan sebagai tuan rumah pelaksanaan Mandiri 3X3 Indonesia Tournament 2024 untuk regional Sumatera.

Diungkapkannya, turnamen ini semakin memperbanyak digelarnya kejuaraan di Sumut, yang tentunya juga akan sangat bagus untuk semakin mengasah kemampuan atlet dan dijadikan evaluasi atas kemajuan yang dicapai.

"Karena setiap olahraga, apalagi basket, semakin sering ada turnamen, maka akan semakin bagus terhadap kemajuan para atlet," ungkapnya.

4 dari 4 halaman

Jaring Pemain Andal

Dikatakan Iwan, melalui berbagai kejuaraan yang digelar, tentunya bisa menyaring pemain-pemain andal yang bisa dipersiapkan untuk menghadapi berbagai kejuaraan tingkat nasional seperti halnya Pekan Olahraga Nasional (PON) mendatang.

Perbasi Sumut juga mengapresiasi Bank Mandiri yang mendukung penuh Mandiri 3x3 Indonesia Tournament 2024 ini. Diharapkan, apa yang dilakukan Bank Mandiri ini dapat menjadi pendorong bagi perusahan-perusahan lainnya untuk melakukan hal sama.

"Intinya untuk memajukan olahraga di tanah air," Iwan menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini