Sukses

2 Gunung di Sulut Berstatus Siaga, BMKG Juga Ingatkan Warga Waspadai Cuaca Ekstrem

“BMKG, terus memperbarui data dan informasi daerah kabupaten dan kota yang berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang,” tuturnya.

Liputan6.com, Manado - Dua gunung yang berada di Sulut yakni Gunung Awu di Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro berada di Level III Siaga. Selain mewaspadai aktivitas dua gunung itu, warga juga diingatkan potensi cuaca esktrem.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga agar mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang berpeluang terjadi di wilayah Sulut.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 28 April 2024," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Ben A Molle pada Jumat (27/4/2024).

Dia mengatakan, saat kondisi cuaca ekstrem warga diharapkan berhati-hati terhadap potensi banjir dan tanah longsor serta pohon tumbang. Apalagi warga yang bermukim di wilayah rawan bencana.

"Mereka yang tinggal di bantaran sungai kiranya dapat waspada terhadap bencana banjir, sementara mereka yang tinggal di daerah berbukit atau curam mewaspadai tanah longsor," ujarnya.

Dia mengungkapkan, potensi cuaca ekstrem di 28 April 2024 diprediksi di Kabupaten Kepulauan Talaud, Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa. Juga di Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Sedangkan di tanggal 29 berpeluang terjadi di Kota Manado, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Kepulauan Talaud,” ujarnya.

“BMKG, terus memperbarui data dan informasi daerah kabupaten dan kota yang berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang,” tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini