Sukses

Catat, 6 Tempat Wisata di Jakarta yang Buka Saat Libur Lebaran

Pada waktu libur lebaran banyak keluarga yang memanfaatkannya untuk berlibur bersama. Berikut ini, 6 tempat wisata di Jakarta yang bisa dikunjungi saat libur lebaran.

Liputan6.com, Bandung - Libur Lebaran menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh banyak orang terutama keluarga besar. Pasalnya pada waktu tersebut banyak keluarga yang memiliki kesempatan untuk menghabiskan waktu untuk berkumpul bersama keluarganya.

Tidak sedikit juga keluarga yang memanfaatkan momen liburan tersebut sebagai waktu untuk berlibur dengan seluruh anggota keluarga khususnya untuk membuat kenangan indah yang dikenang sepanjang hidup.

Momen liburan juga sangat bermakna untuk anak-anak karena pada waktu tersebut anak menghabiskan waktu bermain lebih dekat bersama keluarga. Orang tua juga bisa menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga.

Menikmati waktu liburan sendiri ada banyak jenisnya bisa dengan makan bersama, mengunjungi tempat wisata, atau sekedar berjalan-jalan mengunjungi tempat baru untuk dijelajahi.

Keluarga juga bisa menikmati waktu berlibur dengan mengunjungi wisata alam atau wisata yang tidak jauh dari kota tempat tinggalnya. Saat ini ada beberapa tempat wisata yang masih buka pada waktu libur lebaran.

Berikut ini adalah rangkuman enam rekomendasi tempat wisata di Jakarta yang bisa dikunjungi oleh keluarga untuk menikmati libur lebaran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Tempat Wisata di Jakarta untuk Libur Lebaran

1. Dunia Fantasi (Dufan)

Dunia Fantasi atau Dufan merupakan tempat wisata taman hiburan di Indonesia yang sangat populer di antara masyarakat Indonesia. Pasalnya Dufan adalah salah satu theme park terbesar di Indonesia.

Dufan merupakan taman hiburan yang telah berdiri sejak 29 Agustus 1985 dan berlokasi di Jl. Lodan Timur No.7, Ancol, Kec. Pademangan, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Tempat wisata ini buka setiap hari pada pukul 10.00 hingga 18.00 WIB, tetapi pada hari libur atau akhir pekan Dufan tutup pada pukul 20.00 WIB. 

2. Kawasan Kota Tua

Kota Tua menjadi tempat bersejarah yang cocok dikunjungi untuk berlibur bersama keluarga. Pasalnya tempat ini berada di tengah kota yang modern dan masih mempertahankan desain bangunan bersejarah masa kolonial.

Terdapat gedung dengan arsitektur Belanda yang megah serta museum yang menarik untuk dikunjungi. Alamatnya ada di Kawasan Kota Tua, Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat.

Buka setiap hari pada pukul 06.00 hingga 22.00 WIB dan wisatawan yang ingin berjalan-jalan di Kawasan Kota Tua tidak perlu membayar tiket karena gratis. Namun, jika ingin mengunjungi museum atau fasilitas lain ada yang berbayar.

3 dari 4 halaman

Berikutnya

3. Jakarta Aquarium

Jakarta Aquarium merupakan tempat wisata aquarium indoor terbesar di Indonesia yang menampilkan aquarium indah nan eksotis. Aquarium ini memiliki sekitar 3.500 spesies hewan akuatik dan nonakuatik.

Lokasi Jakarta Aquarium ada di NEO SOHO Podomoro City Mall Jl. Letjen S. Parman No.106 3, Tj. Duren Sel., Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta.

Buka setiap hari pada pukul 10.00 hingga 21.00 WIB dengan harga tiket yang berbeda-beda dan bisa diperiksa melalui media sosial atau situs resminya.

4. Sea World

Sea World merupakan tempat rekreasi yang bisa membawa pengunjung melihat berbagai jenis hewan laut. Tempat ini memiliki sekitar 7.300 ekor biota air tawar dan 11.500 ekor biota perairan laut yang ditampilkan dalam berbagai akuarium.

Harga tiket untuk mengunjungi Sea World bisa berbeda-beda tergantung dari promo yang tersedia. Namun umumnya harga tiket masuk ke Sea World sekitar Rp 85.000 pada weekday dan Rp 105.000 pada weekend.

Lokasinya sendiri ada di Jl. Lodan Timur No.7, Ancol, Kec. Pademangan, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta. Buka setiap hari pada pukul 09.30 hingga 16.00 WIB di hari weekday dan 09.00 hingga 16.30 WIB pada hari weekend.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

5. Taman Margasatwa Ragunan

Taman Margasatwa Ragunan atau Kebun Binatang Ragunan menjadi salah satu tempat wisata populer yang cocok dikunjungi bersama keluarga. Tempat ini berada di daerah Ragunan dan sudah berdiri sejak tahun 1964.

Pengunjung bisa membeli tiket masuk melalui dua cara yaitu secara online menggunakan aplikasi atau datang langsung dan bertransaksi menggunakan kartu Jakcard. Wisatawan akan melihat sejumlah satwa baik mamalia, reptil, hingga unggas.

Tempat ini juga mempunyai wahana seru untuk anak-anak yang akan memberikan momen indah saat libur lebaran. Lokasinya ada di Jl. Harsono RM No. 1, Ragunan, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan dengan jam buka setiap hari pukul 07.00 hingga 15.00.

6. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah taman hiburan yang menyajikan sejumlah taman dengan tema kebudayaan Indonesia. Memiliki area kurang lebih sekitar 147 hektar tempat ini memiliki konsep taman yang berbeda-beda.

Alamat TMII ada di Jl. Taman Mini Indah, Ceger, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Taman Mini Indonesia Indah buka setiap hari pada pukul 05.00 hingga 20.00 WIB.

Harga tiket masuknya bisa bervariasi terutama pada hari libur dan jika mendapatkan promo tertentu. Untuk mengetahui harga tiketnya bisa melalui media sosial atau situs resmi Taman Mini Indonesia Indah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.