Sukses

Medan Zoo Dibuka untuk Wisatawan Saat Lebaran, Rencana Penutupan Ditunda

Rencana penutupan Medan Zoo ditunda. Awalnya, Medan Zoo akan ditutup sebelum Lebaran 2024 karena perbaikan, namun ditunda sementara sampai usai Lebaran.

Liputan6.com, Medan Rencana penutupan Medan Zoo ditunda. Awalnya, Medan Zoo akan ditutup sebelum Lebaran 2024 karena perbaikan, namun ditunda sementara sampai usai libur Lebaran.

Pelaksana tugas (Plt) Dirut PUD Pembangunan Kota Medan, Bambang Hendarto, dalam keterangannya, Minggu, 7 April 2024, mengatakan, penundaan penutupan Medan Zoo dikarenakan saat libur lebaran nanti diperkirakan pengunjung akan ramai.

"Kita (PUD Pembangunan) menunda dulu penutupan Medan Zoo. Karena di waktu libur Lebaran pengunjung yang datang ke Medan Zoo diperkirakan ramai, seperti libur Lebaran tahun-tahun sebelumnya," kata Bambang.

Dijelaskan, PUD Pembangunan telah meminta izin kepada Wali Kota Medan, Bobby Nasution, terkait ditundanya penutupan Medan Zoo sebelum Lebaran. Beberapa waktu lalu direncanakan Medan Zoo ditutup sebelum Lebaran untuk perbaikan.

"Pak Wali secara lisan mengizinkan penutupan ditunda sampai liburan Lebaran berakhir," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masyarakat Butuh Hiburan

Menurut Bambang, ditundanya penutupan Medan Zoo selain karena banyaknya pengunjung yang akan datang saat liburan Lebaran, juga dikarenakan masyarakat Medan masih membutuhkan tempat liburan yang terjangkau.

"Kita ketahui, Medan Zoo juga merupakan hiburan yang terjangkau di Kota Medan untuk masyarakat," ucapnya.

Disebutkan Bambang, Kota Medan sebagai Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara (Sumut) adalah salah satu kota yang menjadi destinasi warga yang akan melakukan mudik Lebaran, dan juga kota destinasi wisata bagi masyarakat yang tinggal di kabupaten kota yang dekat dengan Medan.

"Atas dasar itu Medan Zoo yang menjadi salah satu ikon wisata Kota Medan, juga siap menjadi destinasi wisata Lebaran tahun ini," sebutnya.

3 dari 4 halaman

Persiapan dan Pembenahan

PUD Pembangunan yang membawahi unit bisnis Medan Zoo juga telah melakukan persiapan dan beberapa pembenahan sementara, dengan dibantu Pemko Medan, BKSDA Sumut, PKBSI, dan para donatur serta influencer untuk memberikan kenyamanan ketika masyarakat berlibur di Medan Zoo.

Bambang juga menjelaskan, Tim Arsitek telah datang dan berkunjung ke Medan Zoo untuk melakukan pemetaan bagian-bagian yang akan dilakukan revitalisasi dan pengembangan.

4 dari 4 halaman

Progres Perbaikan

Selain itu, PUD Pembangunan Kota Medan bersama dgn BPN Kota Medan didampingi pihak Badan Aset Daerah Kota Medan (BKAD) juga telah meninjau langsung untuk melakukan pengukuran ulang terhadap seluruh areal yang menjadi batas dari Medan Zoo.

"Progres perbaikan sarana di Medan zoo telah dilakukan sementara. Untuk progres perbaikan yang sifatnya menyeluruh dan besar-besaran, rencananya dilakukan setelah Lebaran," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.