Sukses

Pemudik dari Batam Mulai Memadati Pelabuhan Pelindo Dumai

Jelang Lebaran pemudik dari Kota Batam mulai memadati terminal penumpang laut Pelindo Dumai, Provinsi Riau.

 

Liputan6.com, Batam - Jelang Lebaran 2024 pemudik dari Kota Batam mulai memadati terminal penumpang laut Pelindo Dumai, Provinsi Riau. Kepala Transportasi Pelabuhan Dumai Jailani di Dumai, Senin (8/4/2024) mengatakan, pada Jumat (5/4/2024) lalu sudah mulai terjadi peningkatan dan ditambah dua armada.

Hari berikutnya, perusahaan kapal fery penumpang PT Indomal Lestari Bahari menambah tiga kapal lagi sehingga total ada enam armada Kapal Dumai Line.

"Untuk penumpang datang mulai meningkat sejak Jumat kemarin dengan penambahan kapal fery jadi tiga armada. Sedangkan pada Minggu (7/4/2024) kita operasionalkan enam kapal karena arus mudik lebaran terus mengalami lonjakan," kata Kepala Transportasi Pelabuhan Dumai Jailani.

Penambahan jumlah penumpang di pelabuhan Dumai pada momen mudik Lebaran kali ini didominasi pemudik yang turun di pelabuhan rute domestik. Sedangkan untuk rute internasional dari Malaysia sejauh ini masih normal dan peningkatannya tidak signifikan.

Koordinator Terminal Pelindo Dumai Akadafi mengatakan untuk menghadapi lonjakan penumpang dalam arus mudik lebaran ini sudah dipersiapkan sebaik mungkin bersama lintas sektoral terkait, yaitu TNI AL, Polri, Kesehatan Pelabuhan, Pelindo, Imigrasi, Bea Cukai, Basarnas dan pihak lainnya.

"Kami sudah siap melayani arus lalu lintas warga yang mudik lewat pelabuhan penumpang. Aktivitas kapal fery melayani penumpang mulai meningkat dan untuk puncak arus mudik kita prediksi mulai hari minggu besok," kata Akadafi.

Pantauan, dalam menghadapi arus mudik Idul Fitri 1445 H ini, Pelindo Dumai mengoperasikan 1 tambahan ponton di dermaga pelabuhan laut. Hal itu untuk memudahkan arus kedatangan dan keberangkatan kapal fery penumpang. Diketahui, Kepolisian Resor Dumai juga sudah membentuk posko terpadu di Pelabuhan Penumpang Laut Dumai.

Polres Dumai sendiri telah mendirikan dua pos pengamanan dan 3 pos pelayanan selama kegiatan Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini