Sukses

Puncak Arus Mudik Jalinsum Sumsel Macet Parah, Banyak Kendaraan Melanggar Lalu Lintas

Puncak arus mudik di Jalan Lintas Sumatra (Jalinsum) Palembang-Betung Sumatera Selatan macet parah karena banyak kendaraan yang melanggar lalu lintas.

Liputan6.com, Palembang - Puncak arus mudik pada Sabtu (6/4/2024) siang hingga malam hari terlihat macet di Jalan Lintas Sumatra (Jalinsum), tepatnya di kawasan Palembang-Betung Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan (Sumsel).

Sedari siang hari, petugas dari Polres Banyuasin Sumsel sudah turun ke lokasi untuk mengurai kemacetan hingga malam hari.

Husnul, salah satu warga Musi Banyuasin (Muba) Sumsel sudah berangkat mudik dari Palembang pada Sabtu sore sekitar pukul 16.00 WIB.

Namun hingga pukul 19.30 WIB, kendaraan travel yang dia tumpangi terhenti di kawasan Lubuk Lancang Banyuasin Sumsel.

“Harusnya perjalanan menempuh 4-5 jam dan sudah sampai di Muba sekitar pukul 21.00 WIB. Tapi hingga saat ini saya baru di pertengahan jalan, macetnya sudah dari sore tadi,” ujarnya kepada Liputan6.com.

Kapores Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra berujar, kemacetan pada puncak arus mudik terjadi sejak siang hingga malam hari, terutama di KM 50-70 Jalinsum Sumsel.

Kondisi kendaraan padat merayap, karena padatnya volume kendaraan yang mudik lebaran, dari dan menuju ke Palembang yang didominasi berasal dari luar Sumsel.

Kemacetan diperparah dengan banyaknya kendaraan yang melanggar lalu lintas, sehingga memperburuk keadaan hingga kemacetan tidak bisa terurai.

Ditambah lagi lebar jalan hanya sekitar 6,8 meter sehingga kendaraan terpaksa menyerobot jalur yang mengakibatkan terjadi empat tumpukan alur kendaraan saat puncak arus mudik.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kendaraan Menyerobot

“Macetnya cuma bisa diurai perlahan. Pengendara diminta bersabar, karena belum ada jalur alternatif. Tidak pas (menyerobot jalur) di saat penguraian, karena melakukan penindakan itu hanya akan membuat kendaraan semakin menumpuk,” katanya.

Untuk jalur alternatif Tol Palembang-Betung di ruas Musi Landas menuju Betung, hingga kini belum dibuka. Hal itulah yang membuat kemacetan juga kian parah terjadi.

Hingga berita ini ditulis, kemacetan di Jalinsum masih belum terurai dan aparat kepolisian masih terus membantu para pengendara di arus mudik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.