Sukses

Puskesmas di Pinggir Jalan Lintas Sumatera Siaga 24 Jam Selama Libur Natal

Kepala Dinas Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo menyebutkan, 7 dari 17 puskesmas yang berada di pinggir jalan Jalinsum di wilayah itu disiagakan.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah puskesmas yang berada di pinggir Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) disigakan selama 24 jam guna memberikan layanan bagi warga yang melakukan perjalanan pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Kepala Dinas Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo menyebutkan, 7 dari 17 puskesmas yang berada di pinggir jalan Jalinsum di wilayah itu disiagakan. Ketujuh puskesmas tersebut yakni Kecamatan Air Rami, Kecamtan Teramang Jaya, Kecamatan Penarik, Kecamatan Kota Mukomuko, dan Lubuk Pinang.

"Pada momen libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, petugas kesehatan tetap bergabung dengan dua pos pengamanan dan pelayanan, dan tetap puskesmas pinggir jalan siaga melalui piket selama 24 jam," ujar Bustam, dilansir Antara.

Selain itu, Bustam mengatakan instansinya juga akan mengarahkan petugas piket selain menjalankan tugas di puskesmas dan berjaga-jaga di tempat obyek wisata yang ramai pengunjung.

Menurutnya, obyek wisata yang ramai pengunjung saat libur Natal salah satunya Danau Nibung dan Bendungan Air Manjuto.

"Teman-teman petugas keseahtan yang piket di puskesmas datang ke situ untuk berjaga-jaga dan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan," ujarnya.

Selain menyiagakan puskesmas di pinggir jalan nasional serta seluruh puskesmas di pinggir jalan kabupaten dan provinsi, pihaknya juga siaga memberi pelayanan kesehatan pada masyarakat.

"Lebih kurang kalau kami hitung dari beberapa puskesmas, kami siagakan petugas kesehatan sebanyak 60 orang yang dipekerjakan secara shift," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dilaksanakan Setiap Tahun

Kegiatan tersebut, kata Bustam dilaksanakan setiap tahun dan instansinya termasuk yang berkolaborasi dengan aparat kepolisian dan perhubungan pada dua titik pos pelayanan dan keamanan.

Bustam menambahkan petugas kesehatan di Puskesmas Penarik dan Puskesmas Kota Mukomuko terlibat dalam memberikan pelayanan kesehatan di dua pos pelayanan dan keamanan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.