Sukses

Suka Duka Tina Warsoep Saat Menirukan Karakter Komik Anya Forger

Tina Warsoep wanita 33 tahun asal Solo menjadi seorang cosplayer atau menirukan karakter komik Anya Forger, menceritakan kisah suka duka dalam memerankan seorang tokoh Anya di dunia cosplayer.

Liputan6.com, Solo - Dunia cosplayer dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan sangat diminati oleh para pecinta komik anime dan manga, tak sedikit perlengkapan cosplay itu pun banyak dijual bebas di pasar offline dan online.

Seperti yang dilakukan oleh Tina Warsoep yang awalnya menyukai cerita-cerita komik dan manga menjadi ketagihan membeli pernak pernik cosplay dari toko online. Awalnya Tina yang menyukai karakter komik Anya Forger itu hanya membeli wig atau rambut palsunya dan sesekalinya memakainya di rumah. Tetapi, lantaran terlihat bagus dan mendapatkan dukung dari sang suami dan keluarganya ia mulai berani tampil menyerupai tokoh Anya Forger secara terbuka di muka umum.

"Belum lama jadi cosplayer, semenjak tinggal di Solo dan liat komunitas cosplayer di sini dan aku tertarik gabung dengan teman-teman yang sudah lebih dulu menjadi cosplayer," kata Tina kepada Liputan6.com di Solo, Rabu (4/4/2024).

Ia mengaku karena sering membaca komik-komik manga sang suami ia jadi menyukai tentang cerita-cerita komik dan manga, bahkan terfikir untuk menjadi cosplayer.

Bahkan, Tina menyebut keinginannya untuk memerankan karakter Anya Forger itu sudah sangat lama lantaran tidak memiliki teman, dirinya menyatakan kurang percaya diri dan mengurungkan niatnya. Pada akhirnya teman suaminya mengatakan ada komunitas cosplayer di Solo raya dan dia menyuruh Tina untuk bisa bergabung dalam event-event yang digelar komunitas tersebut.

"Tertariknya sudah lama sebenarnya, tapi tak ada teman jadi agak susah. Apalagi dulu tinggal di desa meski ada keinginan ingin menjadi cosplayer tapi karena tidak ada teman jadi kurang percaya diri," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kostum Custom Cosplayer

Tina mengatakan memiliki banyak kostum cosplayer dan membelinya dari toko online dengan harga bervariasi mulai yang termurah dan harga yang lumayan menguras kantong. Namun, meski ia memiliki banyak kostum cosplayer dirinya hanya memilih karakter Anya Forger yang menurut dia adalah karakter paling pas dan sesuai dengan dia.

"Kostum cosplayerku sebenarnya tidak cuma Anya Forger, ada beberapa aku punya. Tetapi, yang menurut aku mengena di hati dan penampilanku cuma sosok Anya. Jadi kalau pas lagi cosplay ya pakai kostum Anyar dengan rambut pink nya," ungkap dia.

Ia bercerita banyak memiliki pengalaman seru dan juga kurang mengenakkan ketika awal-awal dia memulai sebagai cosplayer Anya. Selain banyak yang mencibir tak sedikit juga yang malah menyukainya dan menjadi idola baru. Ia bercerita banyak anak-anak yang sering meminta berswa foto bersama Tina saat sedang bercosplay sebagai Anya Forger.

Di sisi lain, ia membeberkan biaya yang ia keluarkan untuk memenuhi kebutuhan tokoh Anya Forger mulai dari rambut, kostum, sepatu dan pernak-perniknya.

"Kalau Anya tidak begitu mahal karena simpel, sekitar Rp500 ribu sudah meliputi semuanya. Tetapi ada beberapa yang memang lebih mahal karena harus custom," ungkap Tina.

Sementara itu, ia memang belum pernah diundang suatu acara, tetapi ia sering mengikuti event-event yang digelar oleh komunitas cosplayer Solo raya. Ia juga pernah menjadi perhatian Wali Kota Solo saat parade budaya beberapa saat lalu lantaran uniknya dia mengenakan kostum Anya Forger.

"Karena suka saja dan buat seru-seruan. Tidak punya target tertentu memilih sebagai cosplayer, buat lucu-lucuan aja karena karakter Anya Forger memang lucu dan menggemaskan," pungkas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.