Sukses

Mudik Sambil Piknik, Ini 5 Rest Area Instagramable di Tol Trans Jawa

Selain sebagai tempat beristirahat, beberapa rest area juga menawarkan pengalaman wisata kepada pemudik karena punya fasilitas yang seru.

Liputan6.com, Yogyakarta - Tol Trans Jawa masih menjadi salah satu rute mudik lebaran paling populer. Pengelola jalan tol telah menyediakan fasilitas rest area yang dapat dimanfaatkan oleh para pemudik.

Selain sebagai tempat beristirahat yang dilengkapi berbagai fasilitas, beberapa rest area juga menawarkan pengalaman berwisata kepada pemudik karena memiliki pemandangan indah dan bentuk bangunan unik. Para pemudik dapat singgah untuk beristirahat dengan bonus spot doto yang instagrambale.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut daftar rest area instagramable di Tol Trans Jawa.

1. Rest area Km 19, Tol Jakarta-Cikampek

Rest area Km 19, Tol Jakarta-Cikampek yang sudah beroperasi sejak 2005. Rest area ini memiliki desain bangunan yang modern.

Bahkan, kanopi di area SPBU dalam rest area pernah meraih penghargaan Museum Rekor Dunia-Indonesia (Muri) sebagai kanopi terunik di Indonesia. Tak heran jika pengendara yang mampir di rest area Km 19 tol Jakarta-Cikampek kerap menjadikannya untuk latar foto.

Tol ini juga memiliki fasilitas lengkap mulai dari SPBU, restoran, kafe, minimarket, gerai ATM, toilet eksekutif, masjid, dan bengkel.

2. Rest area Km 260B, Tol Pejagan-Pemalang

Rest area 260B berada di ruas tol Pejagan-Pemalang, Kabupaten Brebes. Rest area ini juga dikenal dengan nama rest area 260B Heritage-Banjaratma.

Bangunan di rest area ini merupakan bekas pabrik gula Banjaratma yang didirikan oleh perusahaan Belanda. Beberapa spot foto populer, antara lain tungku bekas pabrik gula, mesin gilas pabrik gula, permainan perosotan, masjid, hingga ilalang.

Pengunjung yang mengabadikan momen tidak dikenai biaya alias gratis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rest Area Km 456, Tol Semarang-Solo

3. Rest area Km 456, Tol Semarang-Solo

Rest area Km 456 yang berada di ruas tol Semarang-Solo ini juga dikenal sebagai Resta Pendopo 456. Rest area ini mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai Rest Area Terbaik di Indonesia.

Pemandangan di sana begitu mengagumkan. Dengan luas 3,3 hektare, Resta Pendopo 456 mempunyai sky bridge atau jembatan penghubung yang menghubungkan bangunan di ruas kanan dan kiri jalan tol.

Keunikannya adalah pengunjung yang singgah dapat melihat pemandangan hamparan sawah dan gunung yang bisa menjadi spot foto Instagramable. Jika cuaca cerah, pengunjung bisa berfoto dengan latar Gunung Merbabu.

Selain itu, terdapat lima bangunan utama bergaya joglo dengan atap limas yang berdiri di Resta Pendopo 456. Bangunan tersebut memiliki filosofi yang mewakili keberadaan lima gunung di Jawa Tengah, yaitu Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro, dan Ungaran.

4. Rest area Km 429, Tol Semarang-Solo

Rest area Instagramable selanjutnya adalah rest area Km 429. Tak jauh berbeda dengan Resta Pendopo 456, rest area ini juga menawarkan pemandangan gunung serta perbukitan hijau bagi para pengunjungnya.

Lokasinya berada sebelum persimpangan jalur keluar Kota Ungaran, Semarang. Fasilitas di Rest Area Km 429 tol Semarang-Solo ini juga lengkap, mulai dari masjid, toilet, gerai makanan, minimarket, SPBU, hingga area parkir.

5. Rest area Km 22, Tol Semarang-Bawen

Rest Km 22 berada di Dusun Ngemplak, Susukan, Ungaran Timur. Salah satu ikon dari rest area ini adalah masjid berkubah merah.

Kubah merah masjid tersebut tampak megah bahkan sudah tampak dari kejauhan. Fasilitas di rest area ini meliputi kantin, swalayan, taman bermain, lahan parkir, dan toilet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini