Sukses

Jelang Mudik Lebaran, Kapolda Jabar Minta Pengusaha Bus Tak Bandel Pakai Jasa Sopir Tembak

Para pengusaha angkutan seperti bus wisata, diminta untuk benar-benar memastikan kemampuan para sopir, juga kelayakan kendaraan

Liputan6.com, Bandung - Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol. Akhmad Wiyagus memperingatkan para pengusaha angkutan agar tidak memakai jasa sopir tembak saat masa mudik dan arus balik Lebaran 2024 ini. Apalagi, jasa sopir tembak yang tak kompeten.

Menurutnya, hal demikian jadi salah satu upaya untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas.

"Jangan sampai menggunakan sopir tembak yang tak berkapasitas yang memberikan implikasi terjadinya kecelakaan," katanya usai rapat koordinasi Operasi Ketupat Lodaya 2024 bersama Menteri Perhubungan di Stasiun Bandung, Minggu (31/3/2024).

Para pengusaha angkutan seperti bus wisata, diminta untuk benar-benar memastikan kemampuan para sopir, juga kelayakan kendaraan.

"Harus benar-benar memperhatikan dan meyakinkan bahwa kondisi kendaraan dalam keandaan baik dan layak sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan, selain kendaraan yang layak juga faktor kualitas pengumudi atau sopir, mengecek kemampuannya," tegas Akhmad.

Polda Jawa Barat diaku berkomitmen berupaya menekan tingkat kecelakan pada masa mudik dan arus balik Lebaran 2024. Akhmad mengaku optimis sebab ada tren penurunan kecelakaan sejak 2022.

"Tahun kemarin jumlah kecalakan, baik korban meninggal dunia, luka berat, luka ringan, terjadi penurunan dibandingkan 2022. Harapan kita 2024 bisa lebih rendah dibanding 2023," klaimnya.

"Salah satu hal yang jadi atensi adalah mengantisipasi jumlah kendaraan yang akan melewati wilayah hukum Polda Jabar, baik melelaui jalur tol seperti Cisumdawu, Jagorawi, Cipali, maupun non-tol seperti jalur arteri wilayah utara serta selatan," imbuh Akhmad.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jumlah Armada Kota Bandung

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung menyebutkan, ada sebanyak 561 armada bus yang akan melayani angkutan lebaran di 16 trayek di Kota Bandung.

Rinciannya, 248 Angkutan Kendaraan Antar Provinsi (AKAP) melayani 8 trayek, serta 313 Angkutan Kendaraan Dalam Provinsi (AKDP) akan melayani 8 trayek. Jumlah itu diklaim bisa mencukupi kebutuhan pemudik di Kota Bandung.

"Hampir dipastikan tidak akan kekurangan armada," kata Pelaksana Harian Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Asep Kuswara, beberapa waktu lalu.

Asep juga menyampaikan, sebanyak 500 personel Dishub akan dikerahkan di 10 pos penjagaan serta 38 potensi titik kemacetan. Dipredikasi, akan terjadi lonjakan angka pemudik berkisar di angka 2-3 persen dibanding tahun lalu.

Menurutnya, ada empat faktor yang dapat menimbulkan kecelakaan menonjol angkutan lebaran. "Antara lain aspek kendaraan, pengemudi, jalan, serta cuaca,".

3 dari 3 halaman

Ramp Chek di Terminal

Dishub Kota Bandung juga menggelar inspeksi keselamatan atau ramp check di Terminal Leuwipanjang dan Terminal Cicaheum pada 3-18 April 2024. Pengawasan akan diperketat di Pool Bus Kota Bandung sejak 27 Maret hingga 2 April 2024.

"Kendaraan angkutan Lebaran harus memenuhi aspek laik jalan dan laik operasional. Laik jalan artinya kendaraan tersebut layak untuk membawa penumpang. Laik operasi artinya surat-surat dan aspek administrasi kendaraan tersebut juga layak untuk membawa penumpang," ujarnya.

Pada tahap awal inspeksi keselamatan, Asep memastikan sejauh ini kendaraan angkutan Lebaran di Kota Bandung masih memenuhi dua aspek kelaikan tersebut. Ia memastikan proses ini akan terus berjalan guna memberi rasa aman dan nyaman bagi pemudik.

"Jangan sampai terjadi kecelakaan menonjol. Sekecil apapun ada faktor ketidaklaikan jalan maupun operasional, itu tidak akan kami loloskan," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.