Sukses

Melihat Kesiapan Kota Cirebon Hadapi Arus Mudik Lebaran 2024

Polres Cirebon Kota menerjunkan 428 personel dan menyiapkan 16 posko dalam rangka mengawal kelancaran arus mudik lebaran 2024

Liputan6.com, Cirebon - Demi membangun kesan aman dan nyaman saat mudik lebaran 2024, Forkopimda Kota Cirebon menggelar rapat lintas sektoral menyambut datangnya pemudik melintas di Cirebon. 

Kapolres Cirebon Kota AKBP Muhammad Rano Hadiyanto mengatakan, sejumlah persiapan mulai dilakukan menyambut arus mudik lebaran 2024. 

Mulai dari pola pengamanan, kesiapan personel hingga kesiapan sarana dan prasarana dalam menyambut arus mudik lebaran 2024 dan Idul Fitri. 

"Rapat ini tujuannya untuk menyamakan persepsi di Forkopimda Kota Cirebon dalam rangka operasi ketupat lodaya 2024," kata M Rano usai mengikuti rapat, Sabtu (30/3/2024).

Rano mengatakan, untuk mendukung keamanan, Polres Cirebon Kota menerjunkan 428 personel dan menyiapkan 16 posko. Terdiri dari 1 posko Utama di Mako Polres Cirebon Kota, 1 posko terpadu di GTC, 7 posko pengamanan, 3 posko pelayanan dan 4 posko Gatur

Menurutnya, menciptakan rasa aman dan nyaman para pemudik menjadi penting dalam mengawal arus mudik 2024. Ia mengaku, dalam mengawal kelancaran arus mudik lebaran 2024 tidak bisa sendiri.

"Kita terus bekerja sama dan bersinergi dengan Pemerintah Kota Cirebon serta stakeholder lainnya dalam rangka menyukseskan operasi ketupat lodaya tahun 2024," tutur Kapolres.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mitigasi

Sementara itu, PJ Wali Kota Cirebon Agus Mulyadi mengungkapkan, kegiatan rakor lintas sektoral ini dilakukan sebagai bagian dari mitigasi dan dukungan pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya 2024.

Agus mengatakan, Pemkot Cirebon akan memberikan pelayanan dasar yang menjadi bagian dari antisipasi mengawal kelancaran arus mudik lebaran 2024. 

Pertama adalah pelayanan kesehatan tetap berjalan, kedua, kebersihan dan ketiga adalah pemeliharaan infrastruktur dan juga perbaikan jalan yang sedang berjalan.

"Kami minta 35 ruas jalan yang sudah menjadi program bisa diselesaikan sebelum nanti pelaksanaan cuti bersama," ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Agus Mulyadi memastikan pasokan maupun stabilisasi harga bahan pokok tetap aman menjelang Hari raya Idulfitri 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.