Sukses

Profil Sopyan Dado, Pemain Bajaj Bajuri dan Tukang Ojek Pengkolan yang Meninggal Dunia

Sopyan Dado telah mengisi dunia hiburan Tanah Air dengan peran-perannya di berbagai serial televisi, FTV, hingga film.

Liputan6.com, Yogyakarta - Kabar duka datang dari dunia hiburan Indonesia. Pemain serial televisi Bajaj Bajuri dan Tukang Ojek Pengkolan (TOP), Sopyan Dado meninggal dunia pagi ini, Kamis (28/3/2024).

Kabar duka ini disampaikan oleh artis Clara Kaizer yang berperan sebagai Bunga di TOP. Bunga merupakan anak dari Sopyan Dado dalam serial tersebut.

"Innalillahi wainnailaihi rojiun. Telah berpulang ke Rahmatullah. Saudara, Sahabat kita, Pak Sopyan Dado, jam 04.20. Semoga Allah SWT menerima semua amal ibadahnya dan mengampuni segala kesalahan dan kekhilafan beliau. Mohon dimaafkan segala salah dan khilaf Almarhum," tulis Clara dalam instagram Story @clarakaizer.

Melalui unggahannya pula, Clara mengungkapkan dukanya kehilangan sosok Bapak dalam serial tersebut. Dalam keterangan foto yang diunggahnya, Clara juga mengisyaratkan kedekatannya dengan Sopyan Dado yang bukan sekadar rekan kerja.

Semasa hidupnya, Sopyan memang terkenal sebagai aktor yang berperan dalam serial dan sinetron bergenre komedi. Sopyan Dado atau Sopyan Handayani mengawali kariernya di dunia akting sejak masih SMP.

Saat itu, Sopyan bergabung dengan sanggar teater SMAN 35 Jakarta. Ia juga sempat andil dalam salah satu judul serial drama di TVRI.

Namanya semakin dikenal setelah tampil menjadi salah satu pemain sitkom lawas Bajaj Bajuri. Ia memerankan karakter Pak Yadi di serial tersebut sepanjang 2002 hingga 2007.

Pak Yadi adalah karakter yang lugu sekaligus culas. Ia kerap terlihat iseng dengan Ucup yang diperankan Fanny Fadilah. Tingkahnya itu menjadi salah satu ikon tawa para penonton Bajaj Bajuri.

Ia kemudian bermain dalam sinetron komedi Islam KTP, Si Kriwil Jadi 2, dan 3 Sempruuul Mengejar Surga. Masih dengan serial komedi, Sopyan Dado kemudian terlibat dalam serial komedi populer masa kini, Tukang Ojek Pengkolan.

Ia berperan sebagai Pak RT dan Dosen bernama Sopyan yang kerap berbicara dengan bahasa baku. Melalui serial ini, nama Sopyan Dado semakin dikenal masyarakat luas.

Selain di serial televisi, Sopyan Dado juga pernah bermain di puluhan judul FTV. Ia juga pernah beberapa film layar lebar, seperti Kuntilanak, Anak Setan, Kembang Perawan, Tampan Tailor, Caleg By Accident, Modal Dengkul, hingga Bajaj Bajuri The Movie.

Sopyan Dado telah mengisi dunia hiburan Tanah Air dengan peran-perannya di berbagai serial televisi, FTV, hingga film. Meski telah berpulang, namanya akan tetap diingat sebagai salah satu tokoh tayangan komedi Indonesia.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini