Sukses

Mengenal Personel ILLIT, Girl Group Baru dari HYBE

Girl group baru dari HYBE bernama "ILLIT" telah resmi debut pada Senin (25/3/2024). Grup ini terdiri dari lima personel yang berasal dari acara survival "RU NEXT".

Liputan6.com, Bandung - Girl group ILLIT telah resmi melakukan debut perdananya pada Senin (25/3/2024) di Blue Square Mastercard Hall di Seoul, Korea Selatan. Melalui acara tersebut, ILLIT langsung membawakan lagu utama mereka bertajuk "Magnetic".

ILLIT merupakan girl group yang terdiri dari lima personel bernama Yunah, Minju, Moka, Wonhee, dan Iroha. Para personelnya merupakan orang terpilih dari acara survival bertajuk “RU NEXT?” yang tayang di stasiun JTBC sejak Juni tahun lalu.

Melalui debut ini, ILLIT resmi menjadi girl group ketiga yang dibuat oleh HYBE setelah LE SSERAFIM dan NewJeans. Diketahui, kelima personel ILLIT berada di bawah naungan agensi BE:LIFT Lab.

Melansir dari Allkpop ILLIT debut dengan merilis mini album bertajuk "SUPER REAL ME". Album ini berisi empat lagu dengan judul “My World”, “Magnetic”, “Midnight Fiction”, dan “Lucky Girl Syndrome”.

Para personel ILLIT menuturkan bahwa mereka dengan khusus memilih lagu “Magnetic” sebagai track utama karena lagunya memiliki melodi unik dengan kesan semangat. Menurut Wonhee lagu ini menggambarkan kepercayaan diri dari seorang gadis.

"Magnetic menggambarkan rasa percaya diri seorang gadis remaja yang sedang mendekati orang yang disukainya. Ada banyak melodi unik dalam lagu Magnetic. Melodi-melodi unik itu tidak bisa diprediksi dan bisa menggambarkan perasaan berdebar-debar dari perempuan yang menyimpan perasaan tersebut," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Profil Personel ILLIT

Berdasarkan informasi dari beberapa sumber berikut ini adalah profil singkat dari kelima personel ILLIT:

1. Profil Yunah

Yunah mempunyai nama lengkap Noh Yunah dan berposisi sebagai ketua atau leader dalam grup ILLIT. Yuna lahir pada tanggal 15 Januari 2004 dan menjadi orang terakhir yang terungkap debut bersama grup ini.

Perempuan berusia 20 tahun ini menjadi personel tertua di grup dan mempunyai sosok idola yaitu Seulgi Red Velvet. Yunah sudah menjalani masa training selama 4 tahun dan menjadi personel yang menjalani masa training terlama.

2. Profil Minju

Minju atau Park Minju merupakan perempuan kelahiran 11 Mei 2004 yang menjadi orang ketiga yang dikabarkan debut bersama ILLIT. Minju tinggal bersama orangtua dan satu kakak laki-laki.

Perempuan berusia 19 tahun ini pernah menjalani masa training di YG Entertainment dan menghabiskan masa trainingnya bersama personel BABYMONSTER. Salah satu idol yang menjadi panutan Minju adalah DPR IAN.

3 dari 4 halaman

Profil Personel ILLIT

3. Profil Moka

Moka adalah personel ILLIT yang merupakan kelahiran 8 Oktober 2004 di Fukuoka, Jepang. Mempunyai nama lengkap Sakai Moka dia menjadi salah satu perwakilan yang berasal dari Jepang.

Moka menjadi orang kelima yang resmi diumumkan sebagai personel ILLIT dan sering disebut mirip dengan Haerin NewJeans. Moka mempunyai salah satu idol panutan yaitu Jennie BLACKPINK.

4. Profil Wonhee

Wonhee merupakan personel ILLIT yang paling populer dan meraih peringkat pertama dalam acara survival pembentukan grup tersebut. Wonhee mempunyai nama lengkap Lee Wonhee dan lahir pada tanggal 26 Juni 2007.

Sosok panutan Wonhee adalah penyanyi wanita IU dan pernah mengikuti audisi dengan menyanyikan lagu “Hype Boy” milik NewJeans. Wonhee juga merupakan sepupu dari Hwang Soo JI yang muncul dalam program reality show “Love Catcher in Bali”.

5. Profil Iroha

Iroha mempunyai nama lengkap Hokazono Iroha dan lahir pada 4 Februari 2008 di Tokyo, Jepang. Iroha menjadi personel termuda dalam grup ILLIT dan mantan trainee dari JYP Entertainment.

Perempuan berusia 16 tahun ini sudah menyukai dance sejak usia muda dan pernah mengikuti kelas dance di STUDIO MARU Kyoto. Iroha mempunyai sosok panutan yaitu Soyeon (G)I-DLE.

4 dari 4 halaman

Fakta di Balik Nama “ILLIT”

Sebelum resmi debut dengan nama ILLIT grup ini sempat diperkenalkan dengan nama “I’ll-It”. Namun karena sulit untuk dibaca dan diucapkan nama grup tersebut diubah dan disederhanakan menjadi “ILLIT”.

Nama “ILLIT” terdiri dari dua kata bahasa Inggris yaitu “I’ll” atau kependekan dari “I will” dan “It”. Kemudian nama ini mempunyai makna sebagai semangat independen dan hasrat tinggi untuk berpetualang.

Menurut Wonhee pertama kali ia mendengar nama grupnya ia dan para personel merasa cocok. Pasalnya mereka menilai nama tersebut menggambarkan semangat dari grupnya dan setiap personel memiliki identitas, warna, hingga vibes yang unik.

Sebagai informasi ILLIT awalnya direncanakan debut dengan enam personel yaitu Yunah, Minju, Moka, Wonhee, Iroha, dan Youngseo. Namun pada awal tahun 2024 Yeongseo dikabarkan memutuskan kontrak dengan agensi dan tidak melanjutkan debut.

Namun saat ini belum diketahui alasan pasti mengapa Youngseo memilih meninggalkan ILLIT dua bulan sebelum debut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.