Sukses

Tuai Berkah Masyarakat Pedalaman pada Bulan Ramadan

Program pertama adalah santapan berbuka untuk saudara di pedalaman.

Liputan6.com, Yogyakarta - Saat umat Muslim berusaha meningkatkan ibadah pada bulan puasa, banyak di antara mereka yang justru tidak memiliki tempat ibadah yang layak.  Mengetahui hal tersebut, Insan Bumi Mandiri (IBM), lembaga pemberdayaan masyarakat yang berfokus memberdayakan wilayah pedalaman Indonesia.

IBM kembali membuka program Ramadan di pedalaman yang diselenggarakan untuk kedelapan kalinya. Program ini akan melibatkan berbagai kegiatan untuk memberikan bantuan dan dukungan kepada saudara di pedalaman. 

Program pertama adalah santapan berbuka untuk saudara di pedalaman. Contohnya di pedalaman Nusa Tenggara Timur, masyarakat biasa berbuka dengan menu yang sederhana, cukup dengan jagung titi (jagung yang ditumbuk) dan kenari yang disiram air kelapa saja. Masyarakat tidak mampu membeli daging-dagingan sehingga sukacita senantiasa terpancar ketika penyaluran santapan berbuka dilakukan.

Program kedua adalah bangun masjid di pedalaman. Selain membantu pembangunan masjid dari nol, IBM juga memperhatikan kebutuhan masjid yang terabaikan. Banyak fasilitas masjid ditemukan tak layak, butuh dilengkapi, atau renovasi. Sedekah untuk kebutuhan masjid bisa menjadi amal jariyah bagi siapa saja yang membantu dengan tulus.

Program ketiga adalah hari raya untuk dhuafa. Melalui penyaluran 1.000 paket lebaran untuk lansia, yatim, dan janda, IBM berharap ada lebih banyak masyarakat pedalaman yang bersukacita di hari raya Idul Fitri dengan kebutuhan pokoknya, dengan alat sholat, dan dengan pakaian barunya.

Sebelumnya, pada 2023 Insan Bumi Mandiri juga telah menyalurkan paket Ramadan untuk lebih dari 5.000 penerima manfaat yang terdiri atas lansia, yatim, janda, dan santri penghafal Alquran di pedalaman.

"Semoga program-program ini bisa menciptakan Ramadan yang penuh makna dan memberikan dampak positif bagi kita semua, khususnya untuk para penerima manfaat. Kami berharap partisipasi semua yang terlibat bisa menjadi jalan untuk menghadirkan Ramadhan terbaik  bagi banyak oran,” ujar CEO IBM, Zulfa Faizah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini